Cara Mengatur Variabel Lingkungan di

Windows menggunakan variabel lingkungan untuk menyimpan informasi tentang sistem, seperti proses dan penggunaan sumber dayanya. Menyetel variabel ini berarti membuat pintasan yang memungkinkan Anda menemukan lokasi data menggunakan kata kunci alih-alih mengetik di seluruh jalur lokasi. Jika Anda ingin menghindari mengingat dan memasukkan lokasi file secara manual, kami siap membantu Anda. Dalam tutorial ini, kita akan melihat cara membuat variabel lingkungan.

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Variabel Lingkungan

Variabel lingkungan adalah variabel yang dibuat dan dipelihara oleh komputer secara otomatis. Ini membantu sistem mencari dan menginstal aplikasi, memeriksa preferensi sistem, dan menjalankan perintah. Anda dapat mengaksesnya dari mana saja di perangkat Anda.

Ada dua jenis variabel: sistem dan variabel pengguna. Yang pertama adalah variabel global yang dapat diakses oleh setiap pengguna di sistem. Sebaliknya, variabel pengguna hanya dapat diakses oleh orang yang saat ini masuk ke komputer. Ini mencegah sistem membuat dan memelihara variabel lingkungan yang sama untuk semua orang secara otomatis.

Informasi tentang lokasi akun Anda, seperti lokasi file sementara, disimpan di bawah variabel pengguna. Akun pengguna yang masuk dapat mengubah variabel ini, tetapi akun lain tidak bisa. Sistem operasi Windows juga memiliki variabel lingkungan sistem yang berisi driver dan program lain yang diperlukan untuk operasi sistem. Anda tidak dapat mengubah variabel ini dengan cara yang sama seperti Anda mengubah variabel pengguna. Mari kita lihat berbagai metode untuk membuat variabel lingkungan.

Menyetel Variabel Lingkungan di Windows 11

Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk membuat variabel lingkungan di Windows 11. Selanjutnya, Anda akan dapat membuat dan memelihara pintasan yang memungkinkan Anda menggunakan sistem dengan lebih efisien. Ini adalah cara mengatur variabel lingkungan di Windows 11.
Ketuk Win + I untuk mengakses menu Pengaturan. Gulir ke bagian bawah halaman dan klik “Tentang.” Arahkan ke “Spesifikasi Perangkat” dan tekan “Pengaturan Sistem Lanjut.” Kotak dialog “Properti Sistem”, tekan “Variabel Lingkungan.” Pilih variabel lingkungan “Sistem” atau “Pengguna” dan ketuk tombol “Baru” yang terletak di sebelah bagian yang Anda pilih. Tetapkan nama variabel baru, pastikan ada tanpa spasi. Buka bagian “Nilai Variabel” untuk menetapkan variabel lokasi yang diinginkan. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Browse Directory” atau “Browse File” dan mencari daftar yang ditampilkan. Klik “OK” setelah nama dan nilai variabel telah dibuat.
Anda telah berhasil mengatur variabel lingkungan.

Cara Menggunakan Variabel Lingkungan Baru

Anda dapat mengakses variabel lingkungan yang telah Anda buat dari lokasi yang berbeda. Mari kita lihat bagaimana Anda dapat menggunakan variabel Anda.

Metode Prompt Perintah
Buka menu Start dan masukkan CMD di kotak pencarian. Di Command Prompt, ketik perintah berikut, isi nama variabel Anda di mana dikatakan “nama variabel.”
echo %variablename%

Anda sekarang telah mengakses variabel baru Anda menggunakan Command Prompt.

PowerShell Window Method
Buka menu Start dan ketik “PowerShell” untuk membuka jendela. Ketik perintah berikut, ganti “variabel” dengan nama variabel baru Anda.
Write-Output $env.variable

Anda sekarang telah membuka variabel baru menggunakan metode PowerShell Window.

Metode Menu Mulai

Buka menu Start dan masukkan perintah yang ditampilkan di sini, ganti “variabel” dengan nama variabel baru Anda.

%variable%

You sekarang telah mengakses variabel baru Anda menggunakan menu Mulai.

Mengubah Variabel Lingkungan

Anda dapat mengedit variabel lingkungan agar lebih mudah digunakan dan diakses. Berikut cara mengubah variabel-variabel ini di Windows.
Buka menu Start dan ketik “edit ENV” ke dalam bilah pencarian. Ketuk “Edit variabel lingkungan untuk akun Anda.” Pilih variabel yang ingin Anda ubah dan tekan “Edit”. Panel “Edit Variabel Lingkungan” yang terbuka, ubah variabel Anda sesuai dengan itu. Klik “OK” untuk menyelesaikan proses. Anda juga dapat menghapus variabel dengan memilihnya dan mengetuk “Hapus.”
Cara Menyetel atau Mengedit Variabel Secara Permanen

Menyetel variabel secara permanen akan membuatnya tersedia untuk semua pengguna Windows. Lihat cara membuat perubahan variabel ini.
Buka menu Start dan buka “Control Panel.” Ketuk “System and Security” lalu “System” dan terakhir “Advanced System Settings.” Pilih “Environment Variables” lalu “System Variables.” Untuk menambahkan variabel permanen baru, ketuk “Baru” dan masukkan namanya. Untuk mengisi slot “nilai variabel”, tekan “Jelajahi Direktori” dan pilih lokasi dari daftar yang ditampilkan. Untuk mengedit variabel permanen, buka “Sistem Variabel,” klik “Edit,” dan masukkan nama variabel. Ketuk “Jelajahi Direktori” untuk mengambil direktori yang ingin Anda edit.
Anda sekarang telah menetapkan variabel permanen untuk sistem. Agar perubahan baru diterapkan, Anda harus pergi ke MULAI ULANG CMD.

Mengatur Variabel Lingkungan dari Command Prompt

Jika Anda ingin menggunakan terminal untuk menyiapkan variabel lingkungan, begini caranya.
Buka Jalankan dengan mengetuk Win + R. Pada kotak dialog yang terbuka, ketik wt.exe. Tekan “OK” untuk membuka Terminal Windows. Tetapkan nama untuk variabel dengan mengetikkan perintah berikut, di mana “nama variabel” akan diganti dengan nama Anda variabel baru.
$ export VAR=variablename

Jika Anda menginginkan spasi dalam nama Anda, Anda harus menyertakan nama dalam tanda kutip ganda seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

$ export VAR=“nama variabel”

Tanda $ harus mendahului variabel lingkungan untuk nama yang akan ditampilkan. Misalnya:

$ echo $ VAR

Anda juga dapat menggunakan perintah “printenv” untuk menampilkan nama variabel sebagai berikut:

printenv VAR

Anda sekarang telah menyiapkan variabel lingkungan di terminal.

Setel Variabel PATH Windows

Variabel PATH adalah daftar program dan perintah disimpan di komputer Anda. Anda harus memasukkan alamat program atau perintah yang ingin Anda luncurkan untuk membukanya. Saat Anda menjalankan perintah, Windows memeriksa alamat program atau perintah di direktori saat ini. Jika tidak dapat menemukannya, ia mencarinya di variabel PATH. Lihat cara mengatur variabel PATH.
Buka menu Start dan ketik “edit ENV” ke dalam bilah pencarian. Ketuk “Edit variabel Lingkungan untuk akun Anda.” Tekan “Variabel lingkungan” di bagian “Variabel Sistem”, lalu klik ” Edit.” Di jendela yang terbuka, tekan “Nilai variabel” dan masukkan jalur yang ingin Anda tambahkan. Ketuk “OK” untuk menyelesaikan proses.
Anda sekarang telah menyiapkan variabel PATH, dan Anda perlu me-restart perangkat Anda agar perubahan ini tercermin dalam sistem Anda. Jika Anda menggunakan metode ini, variabel PATH akan berbeda untuk setiap pengguna sistem. Agar perubahan diterapkan pada semua orang yang menggunakan komputer, Anda harus mengubah Variabel Sistem.

FAQs
Dapatkah saya menambahkan lebih dari satu nilai ke variabel lingkungan yang sama?

Ya, menetapkan lebih dari satu nilai ke variabel lingkungan yang sama dimungkinkan . Untuk melakukan ini, buka variabel dan klik tombol “Edit”. Ketuk tombol “Baru” untuk memasukkan nilai tambahan.

Kelola Sistem Anda Dengan Ease

Menyetel variabel lingkungan di Windows memudahkan untuk menemukan file penting yang disimpan di komputer Anda. Membuat dan mengelola variabel-variabel ini dapat sedikit membingungkan pada awalnya, tetapi Anda akan segera memahaminya dengan panduan ini. Sekarang Anda dapat mengakses dokumen penting dengan cepat menggunakan pintasan alih-alih mengetik di lokasi file yang panjang.

Sudahkah Anda menyetel variabel lingkungan di Windows? Metode apa yang Anda gunakan? Mohon beri tahu kami di komentar di bawah.