Cara Mengatur Wallpaper Berbeda di Setiap Monitor di Windows 10

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Menetapkan latar belakang yang unik pada setiap beberapa monitor Anda adalah trik sederhana di Windows 8, dan, untuk sementara, menu terkubur di Windows 10. Untungnya, telah ditambahkan kembali di lokasi yang lebih logis.

Cara Mudah: Mengatur  Wallpaper di Aplikasi Pengaturan

Sejak kami pertama kali menerbitkan artikel ini, Microsoft menambahkan solusi yang lebih baik untuk Windows 10. Ini dia:

Untuk mengubah latar belakang desktop satu per satu untuk setiap monitor, buka Pengaturan > Personalisasi > Latar Belakang. Di bawah Pilih Gambar Anda, klik kanan gambar latar belakang dan pilih “Set For Monitor 1,” “Set For Monitor 2,” atau monitor lain mana pun yang ingin Anda gunakan.

Untuk menambahkan gambar tambahan ke daftar ini, klik “Browse” dan pilih wallpaper yang ingin Anda gunakan. Windows akan mengaturnya sebagai default Anda di semua desktop. Klik kanan ikon wallpaper dan pilih monitor mana yang ingin Anda gunakan masing-masing.

Kapan Menggunakan Trik Ini (dan Kapan Menggunakan Alat Pihak Ketiga)

Update: Sejak Windows 10 telah menambahkan cara yang mudah dan efektif untuk mengubah wallpaper desktop Anda, seperti kami uraikan di atas, tidak perlu menggunakan salah satu dari metode berikut untuk mengubah wallpaper desktop Anda. Anda masih dapat menggunakan “Metode Tidak Sempurna” jika Anda menginginkannya.

Pertama dan terpenting, kami ingin memanfaatkan waktu Anda sebaik mungkin — baik dalam membaca tutorial ini maupun saat Anda menggunakan saran kami untuk mencampuradukkan wallpaper Anda. Dengan mengingat hal itu, pertimbangkan dua skenario berikut.

Skenario satu: Anda jarang mengubah wallpaper desktop, tetapi Anda sangat ingin memiliki latar belakang yang berbeda di setiap monitor. Dalam skenario ini, solusi dalam artikel ini (yang cepat dan menggunakan pengaturan bawaan Windows) adalah solusi yang sempurna karena ringan pada sumber daya sistem.

Skenario dua: jika Anda ingin menggunakan beberapa wallpaper berbeda di setiap monitor Anda , dan Anda menginginkan kontrol tingkat tinggi atas itu, maka opsi wallpaper standar di Windows 10 mungkin tidak akan memotongnya. Jika Anda seorang pecandu wallpaper atau benar-benar membutuhkan kontrol gigi yang bagus atas latar belakang, maka kami sangat merekomendasikan Pengalih Latar Belakang John yang terhormat (dan masih cukup berguna) (gratis) atau Pisau Tentara Swiss dari manajemen multimonitor, DisplayFusion (fitur yang relevan untuk pengelolaan wallpaper tersedia dalam versi gratis).

Jika Anda berada dalam skenario pertama, mari kita lihat cara menyetel wallpaper khusus pada setiap monitor di Windows 10. (Dan jika Anda berada dalam penyesuaian-semua -the-things mood, pastikan untuk memeriksa cara menyesuaikan login dan layar kunci Windows 10 Anda juga.)

Cara Memilih Wallpaper Unik untuk Monitor Berbeda di Windows 10

Ada dua cara dua pergi tentang memilih beberapa wallpaper monitor di Windows 10-tidak terlalu intuitif. Untuk setiap metode, kami akan menggunakan beberapa wallpaper Game of Thrones untuk didemonstrasikan. Untuk kerangka referensi, inilah tampilan desktop kami saat ini, dengan wallpaper default Windows 10 yang diulang di masing-masing dari tiga monitor kami.

Wallpaper yang bagus, sejauh wallpaper stok berjalan, tetapi agak membosankan. Mari kita gabungkan.

Metode yang Mudah tapi Tidak Sempurna: Ubah Wallpaper Anda Dengan Windows File Explorer

Metode pertama tidak intuitif karena bergantung pada Anda memilih gambar di File Explorer Windows dan mengetahui bagaimana Windows akan menangani banyak pilihan gambar Anda. Pilih gambar Anda di File Explorer, menggunakan Ctrl atau Shift untuk memilih beberapa gambar. Klik kanan pada gambar yang ingin Anda tetapkan ke monitor utama Anda saat gambar yang ingin Anda gunakan masih dipilih.

Catatan: Ini adalah yang utama seperti pada monitor yang dianggap Windows sebagai monitor utama per menu Pengaturan > Sistem > Tampilan di Panel Kontrol, belum tentu monitor yang Anda anggap sebagai yang utama/penting.

Dalam menu konteks klik kanan, pilih “Set as desktop background”.

Windows akan mengatur gambar-gambar itu sebagai wallpaper desktop Anda. Di bawah, Anda dapat melihat bahwa gambar yang kita klik (wallpaper merah dengan lambang House Lannister) ada di monitor tengah. Dua wallpaper lainnya, untuk House Stark dan House Baratheon, kurang lebih ditempatkan secara acak pada monitor sekunder dan tersier.

Ini adalah solusi yang sangat tidak elegan karena Anda tidak memiliki kendali atas di mana gambar pada monitor non-utama akan ditempatkan. Ini juga memiliki dua kekurangan menjengkelkan lainnya: jika gambar bukan resolusi yang tepat dari monitor Anda, mereka tidak akan bekerja, dan mereka akan memutar posisi secara acak setiap 30 menit.

Dengan mengingat kekurangan tersebut, ketahuilah bahwa kami telah menunjukkan ini kepada Anda metode sepenuhnya atas nama ketelitian dan pendidikan dan bukan karena kami pikir Anda akan menyukainya. Mari kita lihat metode yang jauh lebih baik.

Metode Rumit tapi Kuat: Ubah Wallpaper Anda Dengan Menu Personalisasi
Update: Perintah di sini tidak lagi menampilkan antarmuka Panel Kontrol tradisional, tetapi Anda sekarang dapat menggunakan jendela Pengaturan > Personalisasi > Latar Belakang untuk menyelesaikan hal yang sama.

Ketika Windows 8 keluar, salah satu hal pertama yang diperhatikan pengguna multi-monitor adalah bahwa ada banyak opsi menu baru, termasuk alat pemilihan wallpaper multi-monitor yang sangat mudah digunakan yang terpasang langsung di menu Personalisasi di Panel Kontrol. Entah kenapa, opsi itu menghilang di Windows 10.

Anda tidak akan menemukannya di Setelan > Personalisasi > Latar belakang seperti dulu — di sana, Anda hanya dapat menetapkan satu gambar sebagai latar belakang terlepas dari berapa banyak monitor yang Anda miliki. Selanjutnya, Anda tidak akan menemukannya di mana dulu berada di Windows 8, di Control Panel > Appearance and Personalization > Personalization, di mana dulu ada tautan langsung ke sana. Anehnya, meskipun tidak ada menu yang langsung menautkannya lagi, menu itu sendiri hanya menunggu Anda.

Untuk mengaksesnya, tekan Windows+R pada keyboard Anda untuk membuka kotak dialog Run dan masukkan teks berikut:

control / nama Microsoft.Personalization /page pageWallpaper

Tekan Enter dan, dengan kekuatan trik baris perintah, Anda akan melihat menu pemilihan wallpaper lama.

Jika kita mengklik tombol “Browse”, kita dapat menelusuri folder dengan Game of Thrones kita wallpaper (atau kami dapat menggunakan menu tarik-turun untuk menavigasi ke lokasi wallpaper yang ada seperti perpustakaan Windows Pictures).

Setelah Anda memuat direktori yang ingin digunakan, di sinilah Anda akhirnya akan mendapatkan kontrol per monitor yang Anda miliki telah mencari. Hapus pilihan gambar (Windows secara otomatis memeriksa semuanya saat Anda memuat direktori) dan kemudian pilih satu gambar. Klik kanan padanya dan pilih monitor yang ingin Anda tetapkan (sekali lagi, kunjungi Setelan > Sistem > Tampilan jika Anda tidak tahu monitor mana yang nomornya).

Ulangi proses untuk wallpaper apa pun yang ingin Anda gunakan untuk setiap monitor . Hasil akhirnya? Persis wallpaper yang kami inginkan di setiap monitor:

Jika Anda ingin mencampur lebih lanjut, Anda selalu dapat memilih beberapa gambar dan kemudian menggunakan menu tarik-turun “Posisi gambar” untuk membuat penyesuaian bagaimana gambar ditampilkan dan “Ubah gambar” setiap” untuk mengubah seberapa sering pilihan foto yang Anda miliki diubah.

Ini bukan sistem yang paling canggih di dunia (lihat beberapa opsi pihak ketiga yang kami soroti dalam pendahuluan untuk fitur yang lebih canggih), tetapi sistem ini mendapatkan pekerjaan selesai.

Meskipun menu menghilang dari Panel Kontrol, sedikit baris perintah-fu mengembalikannya, dan Anda dapat dengan mudah menyesuaikan wallpaper di beberapa monitor sesuai keinginan Anda.

Itulah berita seputar Cara Mengatur Wallpaper Berbeda di Setiap Monitor di Windows 10, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.