Cara Mengedit File Host di macOS (Mac OS X)

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Berkas host Mac Anda adalah dokumen teks kecil namun penting yang memiliki kemampuan untuk memetakan nama host ke alamat IP tertentu.

Sementara Internet modern menggunakan berbagai server DNS publik dan pribadi untuk memetakan alamat IP, file host adalah cara praktis untuk mengganti server DNS tersebut, memungkinkan Anda untuk secara manual mengarahkan alamat situs web ke alamat IP yang diinginkan, atau memblokir akses ke situs sama sekali dengan menunjuk ke alamat IP yang tidak digunakan atau internal.

Mari kita lihat sekilas cara mengedit file host Mac di macOS .
Cara Mengedit File Host Mac Anda dengan Edit Teks

Ada dua cara utama untuk mengedit file hosts di Mac OS X.

Yang pertama adalah dengan menggunakan TextEdit karena file hosts adalah dokumen teks biasa. Namun, Anda tidak dapat membuka file secara langsung karena berada di area terlindung dari sistem file. Sebagai gantinya, kita perlu menyalin file ke lokasi yang tidak terlindungi, seperti Desktop, mengeditnya, lalu menyalinnya kembali.
Untuk menemukan file host, buka Finder, yang dapat Anda akses dengan mengklik desktop, pencari wajah tersenyum di kiri bawah layar Anda, atau dengan menekan cmd + Spasi + Finder. Sekarang, pilih menu tarik-turun Go.
3. Kemudian, pilih Go to Folder dari menu.

4. Di dalam kotak, masukkan “/private/etc/hosts” ke dalam kotak dan tekan Return.

5. Jendela Finder baru akan terbuka dan file host Mac Anda akan dipilih. Klik dan seret keluar dari jendela Finder dan letakkan di desktop Anda.

Untuk membukanya, cukup klik dua kali dan itu akan menampilkan konten file di TextEdit (atau editor teks pilihan Anda).

Blokir Alamat IP

Secara default, tombol / File etc/hosts relatif sederhana. Ini berisi sejumlah baris teks deskriptif yang “dikomentari” dengan tanda pound atau angka (juga disebut pound atau hashtag) (#).

Setiap baris yang dimulai dengan tanda # adalah komentar dan tidak dibaca oleh /etc/hosts file. Untuk setiap baris, teks apa pun setelah tanda pound diabaikan oleh komputer, menjadikannya cara yang baik untuk menambahkan catatan dan deskripsi ke file Anda. Ini juga berisi nilai IP default untuk localhost dan broadcasthost. Untuk mengedit file, Anda akan menambahkan baris Anda sendiri setelah broadcasthost.

Selain menguji situs web yang baru dikembangkan dan migrasi hosting web, alasan lain untuk mengedit file host adalah untuk memblokir akses ke situs web tertentu.

Dalam contoh kami, kami akan berpura-pura bahwa komputer yang kami gunakan adalah perangkat yang ingin kami gunakan khusus untuk bekerja, tidak membiarkan diri kami terganggu oleh Facebook di mesin kerja kami.

Untuk melakukannya, ketik alamat IP yang ingin Anda tetapkan, diikuti oleh dua tab dan nama host. Dalam kasus kami, kami ingin memblokir Facebook sehingga kami akan memetakan www.facebook.com ke 0.0.0.0 yang, sebagai alamat IP yang tidak valid, akan menghasilkan error.

Sekarang, setiap kali kami mencoba membuka www.facebook.com dari Mac kami, browser Web akan gagal memuat halaman, semoga mendorong kami untuk kembali bekerja!

Rutekan Ulang Alamat Web

Atau, Anda dapat memasukkan alamat IP situs yang valid alih-alih 0.0.0.0, yang akan mengakibatkan pengguna mencoba untuk akses Facebook yang diarahkan ke situs yang Anda pilih.
Untuk menentukan alamat IP situs web, Anda dapat menggunakan perintah dig, yang merupakan standar dengan macOS. Untuk menggali situs melalui Terminal, kita cukup membuka Terminal dan kemudian menjalankan perintah dig pada URL, yang kemudian akan mengembalikan alamat IP sebagai output. Sekarang, ketik “$ dig www.techjunkie.com + short104.25.27.105“
Note : Opsi + short menyimpan output hanya pada informasi yang kita butuhkan, yaitu alamat IP.

3. Catat alamat IP yang dikembalikan dan gunakan dalam pemetaan file host Mac Anda. Misalnya, situs web The New York Times mengembalikan alamat IP 170.149.172.130. Jika kami memetakannya ke Facebook di file host kami, setiap kali seseorang yang menggunakan Mac mencoba membuka Facebook, mereka akan melihat The New York Times memuat sebagai gantinya.

Catatan: Banyak situs web tidak mengizinkan Anda memetakan nama domain ke Alamat IP saat ini dipetakan ke situs, jadi Anda akan mendapatkan kesalahan keamanan saat mencoba.

4. Anda dapat menambahkan entri ke file host sebanyak yang Anda inginkan dengan memasukkan pemetaan baru di setiap baris. Setelah Anda membuat perubahan yang diinginkan pada file host, simpan di lokasi saat ini di Desktop.

5. Kemudian, drag dan drop file host dari Desktop Anda kembali ke lokasi aslinya di /private/etc. Jika Anda telah menutup jendela Finder yang menunjuk ke direktori ini, cukup gunakan perintah Finder > Go > Go to Folder, yang dibahas di atas, untuk membukanya kembali.

6. Saat Anda mengembalikan file host ke lokasi aslinya, macOS akan menanyakan apa yang harus Anda lakukan tentang file host yang tidak dimodifikasi yang sudah ada di sana. Pilih Ganti dan kemudian masukkan kata sandi pengguna administratif Anda untuk mengotentikasi transfer.

Dengan file host yang dimodifikasi sekarang ada, jalankan browser Web Anda untuk menguji perubahan.

Flush DNS Cache

Anda Dalam kebanyakan kasus, pemetaan baru akan segera bekerja, tetapi jika Anda ‘tidak melihat perilaku yang benar, Anda mungkin perlu membersihkan cache DNS Anda, memaksa browser untuk membaca dari file host Anda untuk menentukan pemetaan.
Untuk membersihkan cache DNS di Mac Anda, buka Terminal dan gunakan perintah berikut (Sudo mengaktifkan Anda untuk menjalankan perintah ini sebagai admin mesin Anda): Sekarang, ketik “Sudo killall -HUP mDNSResponder” dan tekan Return. Catatan: Anda harus memasukkan kata sandi admin Anda untuk menjalankan perintah ini. Untuk membuat Mac Anda mengosongkan cache DNS Anda, lalu konfirmasikan bahwa cache Anda telah dibersihkan dengan menggemakan konfirmasi, masukkan dua perintah ini yang dipisahkan oleh titik koma seperti yang ditunjukkan di sini: “sudo killall -HUP mDNSResponder; katakan DNS cache telah dibersihkan“
Mac Anda kemudian akan muncul melalui speaker yang mengatakan “DNS cache has been flushed.”

Cara Mengedit File Host Mac Anda Di Terminal Dengan Nano

Langkah-langkah di bagian sebelumnya cukup mudah , tetapi jika Anda ingin menghindari penyalinan file host, Anda dapat mengeditnya langsung di Terminal menggunakan UNIX Nano Text Editor, yang ada di dalam macOS.
Untuk memulai, luncurkan Terminal, ketik perintah berikut, dan tekan Return. Seperti semua perintah sudo, Anda juga harus memasukkan kata sandi admin Anda untuk menjalankannya: “sudo nano /private/etc/hosts“
2. Sekarang Anda akan melihat file host terbuka di editor Nano atau vim atau editor lain pilihan Anda. Untuk menavigasi dan mengedit file di Nano, gunakan tombol panah pada keyboard Anda.

3. Sama seperti yang kami lakukan dengan metode TextEdit di atas, kami dapat menambah, mengedit, atau menghapus pemetaan nama host sesuka hati. Karena kami meluncurkan Nano menggunakan sudo, setiap perubahan akan diautentikasi dan disimpan langsung ke file host asli, tanpa perlu menyalinnya di luar direktori home.

4. Setelah selesai membuat perubahan, tekan Control-X untuk keluar dari editor, Y untuk simpan, dan Kembali untuk menimpa file host yang ada.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, pastikan untuk membersihkan cache DNS Anda jika Anda melihat bahwa pemetaan baru Anda tidak berfungsi dengan benar.

Contoh kami menyebutkan memblokir dan mengalihkan situs yang mengganggu di lingkungan kerja tetapi Anda juga dapat menggunakan langkah-langkah ini untuk memblokir ac secara manual cess ke situs web berbahaya dan, tentu saja, kegunaan lain juga.

Jika Anda pernah membuat kesalahan dan tidak yakin bagaimana cara memperbaikinya, Anda selalu dapat mengembalikan konten file host default dengan menggunakan salah satu metode di atas untuk memasukkan informasi default berikut:

##
# Basis Data Tuan Rumah
#
# localhost digunakan untuk mengkonfigurasi antarmuka loopback
# saat sistem sedang booting. Jangan ubah entri ini.
##
127.0.0.1 localhost
255.255.255.255 broadcasthost::1 localhost
fe80::1%lo0 localhost

Final Thoughts

Mengetahui cara mengedit file host di macOS menawarkan cara mudah untuk mengganti server DNS dan secara manual mengarahkan alamat situs web ke alamat IP baru atau memblokir akses, dan dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan di atas, Anda dapat menyelesaikannya tugas ini dengan sangat cepat.

Jika Anda pengguna Mac dan merasa artikel ini berguna, Anda mungkin ingin melihat tutorial TechJunkie lainnya, termasuk Cara Menemukan Model CPU Tepat Mac Anda dan Cara Membersihkan DNS di Mac Mojave.

Apa alasan Anda mencari untuk mengedit file host Mac Anda? Bagaimana itu bekerja? Tolong beri tahu kami tentang hal itu di komentar di bawah!