Cara Mengedit Slide Master di PowerPoint

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

The Master Slide di PowerPoint adalah tempat Anda dapat mengedit seluruh tampilan presentasi Anda sekaligus. Misalnya, Anda dapat mengubah tema, tata letak slide, warna, font, dan banyak lagi fitur lainnya. Setelah Anda membuat perubahan yang diperlukan, semua slide Anda akan diperbarui secara otomatis.

Artikel ini akan menunjukkan cara mengedit Master Slide di PowerPoint secara online dan di program desktop.

Cara Mengedit Master Slide di PowerPoint di Mac

Mengedit Master Slide di PowerPoint di Mac Anda adalah proses yang sederhana, dan hanya akan memakan waktu beberapa menit, tergantung pada seberapa banyak pengeditan yang harus Anda lakukan. Untuk mengetahui cara melakukannya di Mac, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka PowerPoint di Mac Anda.Mulai membuat presentasi baru atau buka “File” lalu “Buka” untuk kembali ke yang lama. Arahkan ke “Tampilan” pada menu di bagian atas layar Anda. Pilih “Slide Master” dari daftar opsi. Lakukan salah satu dari yang berikut untuk mengedit Master Slide: Untuk mengubah tema presentasi, klik tombol “Tema” di panel dan pilih tema baru dari pilihan. Untuk mengedit tata letak presentasi, buka opsi “Tata Letak Master”, dan pilih tata letak untuk seluruh presentasi. Untuk menghapus slide, klik dari daftar slide di bilah sisi kiri, dan klik “Hapus” pada spanduk “Master Slide”. Untuk memilih warna baru untuk slide, lanjutkan ke tab “Warna” di sisi kanan spanduk. Untuk mengatur orientasi presentasi, buka “Ukuran Slide” dan lalu ke “Pengaturan Halaman”. Pilih orientasi untuk slide, catatan, handout, dan outline. Untuk menambahkan header/footer, klik “Slide Size” dan lanjutkan ke “Page Setup.” Kemudian masuk ke opsi “Header/Footer”. Untuk mengubah gaya latar belakang presentasi, pilih opsi “Background Styles” pada banner “Slide Master”. Setelah selesai mengedit Master Slide, klik tombol “Close Master” di pojok kanan atas. Buka “File” lalu “Save As” untuk menyimpan file di perangkat Anda.
Itu saja. Jika Anda sudah tahu cara mengedit presentasi Anda di PowerPoint, Anda seharusnya tidak memiliki masalah dalam memahami Master Slide. Ada banyak cara untuk mengedit Master Slide sehingga Anda dapat membuat presentasi terbaik dalam waktu yang lebih singkat.

Cara Mengedit Master Slide di PowerPoint di PC Windows

Jika Anda memiliki PC Windows, berikut ini cara mengedit Master Slide di PowerPoint :
Luncurkan PowerPoint di PC Windows Anda.Buka tab “File” di sudut kiri atas layar.Lanjutkan ke “Open” di bilah sisi kiri.Temukan presentasi Anda dan buka.Klik pada tab “View” di menu atas. Pilih opsi “Slide Master”. Ikhtisar presentasi Anda akan muncul di sisi kiri layar. Edit Master Slide sesuai keinginan Anda. Klik tombol “Tutup Tampilan Master” di sudut kanan atas. Lanjutkan ke “File” sekali lagi. Pilih “Simpan Sebagai ” dan simpan presentasi PowerPoint Anda di perangkat Anda.
Anda juga memiliki opsi untuk menyimpan template Master Samping jika Anda berencana untuk menggunakannya lagi. Untuk melakukan ini, buka “File” dan kemudian “Save as Template.” Beri nama file, dan klik tombol “Simpan”.

Jika Anda ingin merapikan presentasi PowerPoint, Anda dapat menggunakan beberapa Master Slide dalam satu presentasi dengan mengklik “Slide Master” pada panel “View”. Setelah itu, cukup pilih opsi “Sisipkan Master Slide”. Fitur ini berguna ketika Anda ingin membagi presentasi Anda menjadi segmen yang berbeda, di mana setiap bagian akan memiliki tema baru.

Satu-satunya batasan kekuatan pengeditan Anda dengan Master Slide adalah persyaratan presentasi Anda, dan tentu saja, kreativitas Anda.

Cara Mengedit Master Slide di PowerPoint Online

Master Slide (atau Slide Master) dirancang untuk membantu Anda mengedit presentasi PowerPoint Anda dengan mudah. Setiap versi PowerPoint dilengkapi dengan fitur ini, tetapi pertama-tama, kami akan menunjukkan cara melakukannya secara online.

Master Slide adalah alat yang sempurna ketika Anda baru saja selesai membuat presentasi, tetapi Anda ingin membuat beberapa perubahan padanya. Misalnya, Anda menyadari bahwa Anda tidak menyukai tata letak, atau Anda mengetahui bahwa Anda menggunakan font yang salah selama ini. Secara teknis, Master Slide mengontrol segalanya kecuali konten presentasi.

Dengan membuat perubahan pada Master Slide, Anda dapat mengedit semua slide presentasi Anda sekaligus. Ini adalah fitur yang sangat berguna, terutama jika Anda memiliki 30 slide atau lebih. Alih-alih mengedit setiap slide satu per satu, Anda cukup membuka tab Master Slide dan menyelesaikan pekerjaan hanya dalam beberapa menit.

Bagi mereka yang lebih suka menggunakan aplikasi web PowerPoint, proses pengeditan Master Slide sama mudahnya. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Kunjungi PowerPoint di browser web Anda. Masuk ke akun Microsoft Anda. Catatan: Anda juga dapat pergi ke office.com dan melanjutkan ke PowerPoint dari sana. Untuk membuat presentasi PowerPoint baru, klik tombol “ Tombol presentasi kosong baru”. Anda juga memiliki opsi untuk mengunggah presentasi PowerPoint yang disimpan dari komputer Anda. Jika Anda mengunggah presentasi, buka tab “Edit Presentasi” di bagian atas layar. Lanjutkan ke “Edit di Browser.” Setelah Anda membuka presentasi, pilih “View” di menu atas. Klik “Slide Master.” Edit Master Slide. Setelah selesai, buka tombol “Tutup Tampilan Master” di sisi kanan panel. Semua slide akan segera diperbarui. Saat Anda membuka Master Slide, opsi edit hampir tidak terbatas. Misalnya, Anda dapat menyisipkan slide atau placeholder baru, mengubah tema presentasi, atau menyembunyikan grafik latar belakang. Anda memiliki opsi pengeditan yang sama yang dapat Anda akses pada setiap slide. Namun, jika Anda ingin membuat perubahan hanya pada satu slide, fitur Master Slide bukan untuk Anda. Setelah Anda selesai membuat presentasi, fitur tersebut akan disimpan secara otomatis di OneDrive Anda. Jika Anda ingin mengunduhnya ke perangkat Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini: Klik tab “File” di menu atas. Pilih “Unduh Sebagai” dari daftar opsi di bilah sisi kiri. Pilih “Unduh Salinan”, ” Unduh sebagai PDF,” atau “Unduh sebagai ODP.”
Menggunakan PowerPoint di web sangat membantu karena memungkinkan Anda menyimpan presentasi secara online dan di perangkat Anda.

Bekerja Lebih Cepat di PowerPoint Dengan Slide Master

Master Slide membantu Anda mengubah dan menyesuaikan tampilan dari presentasi PowerPoint yang disimpan. Alih-alih membuat perubahan pada setiap slide satu per satu, Anda cukup mengedit Slide Master dan mengubah seluruh tampilan presentasi Anda dalam beberapa gerakan. Dengan cara ini, Anda dapat mempercepat proses pengeditan dan menyelesaikan presentasi dua kali lebih cepat.

Pernahkah Anda mengedit Master Slide di presentasi PowerPoint Anda sebelumnya? Apakah Anda menggunakan PowerPoint di web atau program desktop? Perubahan seperti apa yang Anda buat? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.