Cara Mengelola Aplikasi yang Terhubung ke Google Drive Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Saat Anda menginstal add-on untuk aplikasi Google seperti Drive, Dokumen, Spreadsheet, atau Formulir, Anda mungkin perlu memberikan izin untuk mengakses Google Drive Anda. Berikut cara melihat dan mengelola aplikasi yang terhubung ke Google Drive Anda.

Izin untuk mengakses Google Drive Anda dapat mencakup kemampuan untuk membuat, mengedit, atau membuka file serta melihat dokumen tempat Anda menggunakan add-on. Anda dapat melihat dan mengelola aplikasi yang terhubung ke Google Drive Anda, menjadikannya default, melihat halaman produk, atau memutuskan sambungannya.

Melihat Aplikasi yang Terhubung ke Google Drive

Kunjungi situs web Google Drive dan masuk dengan akun Google Anda. Pilih ikon roda gigi di kanan atas dan pilih “Pengaturan.”

Di jendela pop-up, pilih “Kelola Aplikasi” di sebelah kiri. Anda kemudian akan melihat aplikasi tersebut terhubung ke Google Drive di sebelah kanan.

TERKAIT:Tahukah Anda Situs & Aplikasi Apa yang Memiliki Akses ke Akun Google Anda?

Mengelola Aplikasi yang Terhubung

Salah satu opsi yang Anda miliki untuk aplikasi yang terhubung adalah menjadikannya default. Misalnya, jika Anda memiliki ekstensi PDF, Anda dapat mengatur aplikasi tertentu untuk membuka file PDF Anda secara default alih-alih mengambil langkah untuk memilihnya seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Untuk melakukannya, centang kotak Gunakan Secara Default di sebelah aplikasi .

Anda akan melihat beberapa aplikasi Google yang sudah ditandai sebagai default seperti Google Documents, Earth, dan Formulir. Anda dapat menghapus centang pada kotak di samping aplikasi itu jika Anda lebih suka menggunakan sesuatu yang lain.

Tindakan lain yang dapat Anda lakukan adalah melihat halaman produk untuk suatu aplikasi. Ini bagus jika Anda tidak dapat mengingat detail ekstensi atau ingin meninjau izinnya lagi. Pilih menu tarik-turun Opsi di sebelah kanan aplikasi dan pilih “Lihat Halaman Produk.”

Anda kemudian akan menuju ke halaman aplikasi di Google Workspace Marketplace. Setelah Anda selesai meninjau detailnya, gunakan X untuk menutup Marketplace dan kembali ke bagian Kelola Aplikasi di jendela Pengaturan.

Aplikasi Google yang Anda lihat dalam daftar tidak menawarkan tindakan ini di menu Opsi. Dan Anda mungkin benar-benar melihat menu tarik-turun Opsi tidak tersedia untuk itu.

Putuskan Sambungan Aplikasi Dari Google Drive

Jika Anda memutuskan untuk memutuskan sambungan aplikasi dari Google Drive, ini hanya membutuhkan beberapa klik. Pilih menu tarik-turun Opsi dan pilih “Putuskan Sambungan Dari Drive.”

Konfirmasi tindakan ini dengan memilih “Putuskan sambungan” di jendela pop-up.

Setelah Anda memutuskan sambungan aplikasi dari Google Drive, Anda seharusnya tidak lagi melihatnya di Pengaya atau menu Ekstensi untuk layanan atau menu Buka Dengan untuk file Google Drive.

Catatan: Jika Anda melihat aplikasi di menu Ekstensi setelah Anda memutuskan sambungannya, misalnya, di Google Documents, Anda harus memasangnya kembali untuk menggunakannya .

Ketika Anda selesai meninjau atau mengambil tindakan pada aplikasi yang terhubung, pilih “Selesai” di kanan atas untuk menutup Pengaturan.

Mungkin Anda ingin menjadikan aplikasi sebagai default untuk file tertentu atau menghapus akses dari alat yang tidak lagi Anda gunakan. Apa pun itu, ada baiknya untuk sesekali meninjau aplikasi yang terhubung ke Google Drive Anda.

Untuk selengkapnya, lihat cara mengatur Google Drive Anda atau cara memblokir spam di sana.

Itulah berita seputar Cara Mengelola Aplikasi yang Terhubung ke Google Drive Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.