Cara Mengetahui Di Mana Gambar Diambil

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Dengan begitu banyak konten di internet, menjadi lebih umum untuk menemukan foto yang luar biasa, dan Anda mungkin menginginkan lebih banyak informasi tentangnya. Terkadang poster asli tidak memposting informasi lokasi. Di lain waktu, Anda mungkin tidak memiliki akses ke postingan asli dengan informasi tersebut. Dalam kasus ini, Anda mungkin ingin mengetahui lebih detail.

Untuk mempelajari cara mengetahui di mana sebuah gambar diambil, baca artikel di bawah ini.

Menemukan Di Mana Sebuah Gambar Diambil

Jika Anda menemukan foto dengan sedikit tanpa informasi, Anda memiliki beberapa opsi untuk menemukan detail lebih lanjut. Opsi ini mungkin tidak memberi Anda koordinat pasti lokasi pengambilan foto. Namun, mereka dapat memberikan lebih banyak konteks tentang subjek gambar.

Gambar Google

Gambar Google adalah sumber daya yang kuat saat menelusuri foto di web. Biasanya, pengguna akan mengetikkan kata kunci untuk menemukan gambar tertentu. Namun, Anda juga dapat membalik penelusuran gambar yang diketahui untuk menemukan kecocokan yang mirip atau sumbernya.

Untuk menelusuri gambar di Google, ikuti langkah-langkah berikut.
Buka gambar.Klik kanan dan pilih “Salin alamat gambar”.Kunjungi Gambar Google dan tempel alamat gambar di bilah pencarian. Klik kaca pembesar untuk mencari. Gulir ke seluruh hasil hingga Anda menemukan yang Anda suka. Klik untuk melihat informasi tambahan.Klik tombol “Kunjungi” untuk membuka halaman web asal.
Menggunakan pencarian gambar terbalik tidak menjamin bahwa Anda akan dapat menemukan lokasi di foto. Metode ini bergantung pada Google yang memiliki akses ke pos untuk mencari. Misalnya, jika konten berasal dari akun media sosial, Gambar Google mungkin tidak dapat menemukannya. Google juga akan menampilkan gambar serupa di web dan sumbernya.

DataEXIF

Saat Anda mengambil gambar dengan ponsel cerdas, foto tersebut secara otomatis menyimpan informasi tertentu tentang foto tersebut, termasuk detail kamera, tanggal, ukuran file, dan data lokasi. Detail ini adalah data EXIF, tetapi aplikasi media sosial populer menghapus foto informasi ini saat Anda mengunggah.

Namun, data tersebut tetap utuh untuk postingan yang dibuat ke blog, situs web, atau lokasi online lainnya. Anda dapat menemukan informasi ini dengan cepat di komputer Mac atau Windows, tetapi tidak mungkin memulihkannya jika pemilik foto menghapus data EXIF.

Jika Anda memiliki Mac, ikuti petunjuk berikut untuk memeriksa data EXIF:
Klik kanan foto dan pilih “Simpan Gambar Sebagai.” Foto mungkin mencoba menyimpan ke folder unduhan Anda secara otomatis. Pilih folder yang ingin Anda simpan dan beri nama gambar. Klik “Simpan.” Buka foto di komputer Anda. Klik kanan gambar dan pilih “Dapatkan Info.” Gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian “Info Lebih Lanjut”. Klik panah untuk memperluas informasi. Temukan garis lintang dan garis bujur di akhir bagian. Salin koordinat. Tempel koordinat ini ke pencarian internet dan klik “Cari.”
Lokasi tepat koordinat akan muncul tepat di atas.

Untuk menemukan informasi foto di Windows, ikuti langkah-langkah berikut:
Klik kanan foto dan pilih “Simpan Gambar Sebagai.” Foto mungkin mencoba menyimpan ke folder unduhan Anda secara otomatis. Pilih folder tempat Anda ingin menyimpan dan beri nama gambar. Klik “Simpan.” Buka foto di komputer Anda. Klik kanan gambar dan pilih “Properties.” Buka tab “Details”. Anda dapat menemukan garis lintang dan bujur di bagian GPS. Salin kedua koordinat. Tempel koordinat di pencarian internet dan klik “Cari.” Lokasi yang tepat akan menjadi hasil pertama.
Ingat bahwa Anda hanya dapat melihat koordinat ini jika gambar tersebut sebelumnya tidak dihapus dari data EXIF.

Cara Mengetahui Lokasi Pengambilan Gambar di Instagram

Menemukan lokasi gambar di Instagram dapat dilakukan pukul dan meleset. Poster dapat menandai foto Instagram dengan suatu tempat, tetapi ini opsional dan dilaporkan sendiri. Bidang lokasi tidak perlu diisi dengan nama yang tepat. Misalnya, pengguna dapat menandai situs mereka sebagai “Kampung halaman saya atau “Tempat Favorit Saya!”

Banyak Instagrammer lebih memilih untuk menandai lokasi dengan tagar daripada menggunakan bidang lokasi. Ini membantu algoritme Instagram dan menciptakan lebih banyak interaksi daripada bidang lokasi.

Jika pengguna memilih untuk membagikan lokasi foto, itu akan terlihat di bagian atas kiriman. Anda dapat mengklik situs tersebut, dan foto Instagram lain yang ditandai di tempat yang sama akan muncul.

Ingat bahwa tidak ada cara untuk menemukan di mana gambar diambil kecuali jika poster mengungkapkan informasi tersebut. Ini adalah fitur keamanan yang diperkenalkan Instagram, sehingga pergerakan pengguna tidak dapat dilacak di luar kehendak mereka. Saat Anda memposting di Instagram, aplikasi menghapus foto dari setiap metadata GPS yang mengidentifikasi. Oleh karena itu, siapa pun yang mengunduh gambar dari profil seseorang tidak dapat menemukan lokasi pengambilannya.

Cara Mengetahui Lokasi Pengambilan Gambar di Facebook

Seperti Instagram, Facebook memungkinkan pengguna menambahkan atau menghapus lokasi ke foto. “Geotag” ini adalah satu-satunya cara bagi Anda untuk menemukan situs tempat foto itu diambil. Juga, geotag dilaporkan sendiri, yang dapat menyebabkan ketidakakuratan. Misalnya, pengguna dapat menggunakan lokasi di mana gambar diunggah daripada di mana gambar itu diambil.

Untuk melihat lokasi foto kiriman Facebook:
Buka profil Facebook orang yang memposting foto tersebut.Navigasi ke “Foto” di akun mereka timeline.Pilih gambar yang ingin Anda lihat dan klik “Lihat Detail.” Temukan “Informasi Lokasi” dan klik di atasnya. Data lokasi apa pun yang tersedia akan muncul.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, data lokasi ini akan berada di tempat foto diambil atau diunggah . Jika kosong, pengguna memilih untuk tidak memberikan data apa pun saat memposting.

Cara Mengetahui Lokasi Pengambilan Gambar di Google Earth

Jika Anda memiliki foto dari Google Earth, tidak ada cara langsung untuk menemukan lokasi pengambilan foto tersebut. Data EXIF ​​biasanya dihapus, jadi Anda tidak bisa begitu saja mengunduh gambar ke komputer Anda dan menemukan informasinya. Anda juga tidak dapat mencari gambar di dalam Google Earth itu sendiri.

Cara terbaik untuk menemukan lokasi foto Google Earth adalah dengan menggunakan pencarian gambar terbalik.
Klik kanan gambar yang ingin Anda cari dan pilih “Salin alamat gambar. ”Kunjungi Gambar Google dan klik ikon kamera pada bilah pencarian. Tempel alamat gambar ke dalam bilah pencarian lalu klik tombol “Telusuri”. Gulir gambar hingga Anda menemukan hasil. Klik hasil untuk melihat lokasi potensial.
Anda dapat tidak menemukan hasil untuk gambar Anda tergantung pada apakah gambar tersebut sebelumnya dipublikasikan ke internet di luar Google Earth atau Google Maps. Misalnya, jika Anda mencari lokasi satu bangunan yang mungkin tidak terkenal, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan hasil.

Menelusuri Dengan Foto Anda

Jika Anda pernah melihat foto pemandangan yang indah dan ingin mengetahui lokasinya, Anda tidak sendiri. Ada banyak cara untuk menemukan tempat pengambilan foto. Sayangnya, beberapa metode diblokir untuk melindungi privasi orang, tetapi jangan lupa bahwa Anda selalu dapat menghubungi tempat Anda menemukan gambar tersebut dan menanyakan tentang lokasinya.

Apakah Anda dapat mengetahui lokasi pengambilan gambar? Metode mana yang Anda gunakan? Beri tahu kami di komentar di bawah!