Cara Menggabungkan File Powerpoint Menjadi Satu File

Jika Anda perlu menggunakan slide dari dua atau lebih presentasi PowerPoint untuk tugas sekolah atau presentasi kantor, ada beberapa cara untuk melakukannya. Anda dapat menyisipkan slide satu per satu, mengimpor seluruh presentasi, atau cukup menggabungkan dua presentasi. Mari kita lihat lebih dekat bagaimana menggabungkan file PowerPoint.
Reuse Slides

Menggunakan kembali slide adalah cara termudah untuk memasukkan slide dari satu presentasi ke presentasi lain. Dengan metode ini, Anda dapat mengontrol slide apa yang Anda tambahkan dan memilih tempat untuk menyisipkannya. Berikut adalah cara kerja metode reuse slides.
Luncurkan PowerPoint di komputer Anda lalu buka dokumen yang ingin Anda tambahkan slide. Temukan tempat di mana Anda ingin menambahkan slide atau slide. Kemudian, klik di antara dua slide yang ada. Klik bagian Insert pada Menu Utama. Setelah itu, klik ikon New Slide di sisi kiri menu. Klik Reuse Slides. Akan terbuka kotak dialog Reuse Slides. Klik tombol Telusuri. Jika Anda mencentang kotak di samping Pertahankan pemformatan sumber, slide yang baru dimasukkan akan tetap seperti di presentasi aslinya. Jika Anda menghapus centang pada kotak, pemformatannya akan disesuaikan dengan yang ada di presentasi utama. Sisipkan slide Anda. Jelajahi presentasi dan klik salah satu yang ingin Anda tambahkan slidenya. Klik Open.
Anda akan melihat thumbnail dari slide yang tersedia. Jelajahi dan pilih yang ingin Anda masukkan ke dalam dokumen utama Anda. Anda dapat mengklik Sisipkan Semua Slide untuk mengimpor semua slide dari presentasi eksternal.

Jika Anda ingin membuang tema presentasi utama Anda demi tema di presentasi eksternal, Anda harus memilih opsi Terapkan Tema ke Semua Slide saat memilih slide Anda ingin menyisipkan.

Metode ini sangat bagus jika Anda ingin menambahkan satu atau dua slide ke presentasi utama Anda. Juga, jika Anda ingin menambahkan potongan-potongan dari berbagai presentasi ke presentasi utama Anda, inilah caranya. Meskipun Anda dapat menyisipkan semua slide dari presentasi eksternal melalui metode ini, lebih baik mengambil rute Sisipkan Objek untuk itu.
Sisipkan Objek

Metode sisipkan objek adalah pilihan terbaik Anda jika Anda ingin menyisipkan semua slide dari presentasi eksternal dan menyimpan animasi dan transisi di antara mereka.

Perlu diingat bahwa setelah Anda memasukkan slide ke dalam presentasi baru Anda, slide tersebut tidak akan ditautkan ke file asli. Dengan demikian, setiap perubahan yang Anda buat pada file asli tidak akan memengaruhi slide yang Anda sisipkan ke dalam presentasi utama Anda. Sebaliknya, jika Anda mengedit slide di presentasi utama Anda, file eksternal tempat Anda menyalin slide tersebut akan tetap tidak berubah.

Dengan menyingkir, mari kita lihat cara kerja metode insert object.
Luncurkan PowerPoint dan buka presentasi utama. Sisipkan slide baru. Hapus kotak teks, karena harus benar-benar kosong.Klik tab Sisipkan di Menu Utama.Klik ikon Obyek.Klik Buat File lalu Telusuri. Anda akan melihat kotak dialog Sisipkan Objek. Di sana, Anda harus memilih opsi Buat dari file. Anda dapat memasukkan alamat dokumen ke dalam kotak teks dan tekan Enter atau klik tombol Browse.Jelajahi presentasi eksternal yang ingin Anda masukkan ke dalam yang utama dan klik dua kali di atasnya.
Selanjutnya, Anda hanya akan melihat yang pertama slide presentasi yang diimpor. Meskipun Anda tidak dapat melihatnya saat ini, slide yang tersisa ada di bawah.

Regangkan objek yang disisipkan agar sesuai dengan ukuran slide presentasi utama Anda untuk menghindari perubahan ukuran slide setelah Anda memutar presentasi.

 Setelah Anda melakukannya berhasil memasukkan seluruh objek ke dalam presentasi utama Anda, Anda dapat menyesuaikan dan mengubahnya untuk memastikannya berjalan dengan lancar.
Merge Documents

Akhirnya, Anda dapat memilih untuk sepenuhnya menggabungkan dua presentasi PowerPoint menjadi satu. Begini cara kerja metode ini:
Buka PowerPoint dan buka presentasi utama.Klik bagian Tinjauan di Menu Utama.Klik tombol Bandingkan. Anda akan menemukannya di bagian Bandingkan. Telusuri presentasi yang ingin Anda gabungkan dengan presentasi utama Anda. Pilih dengan mengklik dua kali di atasnya.
Setelah penggabungan selesai, Anda akan melihat panel Revisi di kanan presentasi yang digabungkan.

Di bagian Perubahan Presentasi, Anda akan melihat perbedaan antara presentasi dan memilih perubahan mana yang ingin Anda pertahankan dan yang ingin Anda buang.

Bagian Slide Changes menampilkan perbedaan antara slide individual dari dua presentasi. Pilih pengaturan yang ingin Anda pertahankan untuk versi final.
Drag dan Drop

Salah satu cara sederhana untuk menggabungkan dua presentasi adalah menggunakan metode seret dan lepas. Jika Anda memiliki dua presentasi terpisah yang ingin Anda buat menjadi satu, atau jika Anda sedang mengerjakan proyek grup, Anda dapat menggabungkannya menggunakan fungsi ini.

Buka kedua presentasi di PC atau Mac Anda dan pastikan Anda meminimalkan program PowerPoint sehingga yang dapat Anda lihat keduanya secara bersamaan.

Menggunakan mouse Anda, tekan lama slide yang Anda perlukan untuk memindahkan

Anda mungkin perlu melakukan ini untuk setiap slide, atau Anda dapat mengklik slide pertama, tahan tombol shift, dan klik slide terakhir untuk memindahkan seluruh rangkaian ke dalam presentasi akhir.

Letakkan slide di tempatnya yang tepat.

Lokasi slide akan disorot dengan garis merah.

Untuk membuat segalanya lebih sederhana; presentasi akhir Anda akan secara otomatis diperbarui ke desain dokumen penerima. Tentu saja, Anda selalu dapat memperbarui desain seluruh dokumen dengan menggunakan fungsi Desain di bagian atas presentasi Anda.

Pikiran Akhir

Metode yang dijelaskan dalam artikel ini akan membantu Anda meningkatkan keterampilan PowerPoint Anda ke tingkat berikutnya. Anda akan dapat menggabungkan dan menggabungkan presentasi Anda seperti seorang profesional hanya dalam beberapa menit.