Cara Menggunakan Alat Gunting di Illustrator

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Illustrator adalah perangkat lunak masuk untuk desainer grafis, ilustrator, dan siapa saja yang membuat semua jenis konten visual seperti buku, brosur, majalah, infografis, dan banyak lagi. Seniman yang mengandalkan program ini dapat mencapai hampir semua jenis desain yang dapat dibayangkan.

Tetapi mereka yang baru memulai mungkin mengalami kesulitan melacak beberapa fitur dasar, dan untuk alasan yang baik. Illustrator memiliki kurva belajar yang agak tajam, dan perlu waktu untuk menavigasi melalui semua yang ditawarkan.

Secara khusus, alat Gunting adalah salah satu fitur yang tampaknya sulit digunakan pada awalnya tetapi sebenarnya sangat mudah untuk dioperasikan. Jika Anda bingung tentang cara memanfaatkan fitur ini sebaik-baiknya, kami siap membantu Anda. Anda akan menemukan petunjuk langkah demi langkah terperinci di bawah ini.

Apa Itu Alat Gunting di Illustrator?

Alat Gunting adalah fitur berguna yang memungkinkan desainer grafis untuk membagi elemen atau jalur di kanvas mereka pada titik jangkar tertentu atau sepanjang segmen.

Ketika Anda memotong selembar kertas menggunakan gunting dunia nyata, Anda mulai dari satu titik dan berakhir di titik lain. Ini disebut titik awal dan akhir Anda. Tapi alih-alih memotong kertas sepenuhnya dengan gunting asli, Illustrator hanya mengharuskan Anda untuk menentukan dua titik yang ingin Anda potong.

Apakah Anda ingin menghapus jalur, membagi bentuk menjadi setengah, membuka jalur tertutup, atau membagi objek dan bentuk, alat ini dapat membantu.

Menggunakan Alat Gunting di Illustrator

Alat Gunting dapat diakses dengan dua cara:
Menggunakan pintasanMenggunakan palet sisi kiri
Pintasan untuk alat Gunting di Illustrator adalah tombol “C”. Anda dapat menekan tombol “C” pada keyboard Anda atau mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk aktivasi:
Tap dan tahan Eraser tool yang terletak di tengah palet tool di sisi kiri Anda. Tekan Scissor tool yang terletak di dalam Eraser tool .
Potong Objek Sederhana Dengan Alat Gunting di Illustrator

Memotong objek di Illustrator cukup sederhana. Tentu saja, aksinya menjadi lebih rumit, semakin kompleks objeknya. Tetapi setelah Anda mengaktifkan alat Gunting di Illustrator menggunakan langkah-langkah di atas, langkah selanjutnya adalah memilih jalur yang ingin Anda bagi.
Klik pada titik jalur yang ingin Anda bagi pada objek. Pilih titik jangkar atau path(s) yang muncul setelah membelah untuk men-tweak objek.
Itu dia! Menggunakan alat Gunting di Illustrator untuk memotong objek sangatlah mudah.

Contoh

Sekarang mari kita ilustrasikan instruksi di atas dengan contoh dasar.

Bayangkan menggambar lingkaran di kanvas Illustrator Anda. Saat Anda menggunakan alat Gunting untuk memotong lingkaran, itu akan membuat dua titik akhir.

Anda dapat menggunakan alat Seleksi Langsung dari menu sebelah kiri (atau tombol pintasan “A”) untuk memindahkan titik secara mandiri atau mengarahkan jalur ke titik jangkar berikutnya.

Anda juga dapat bergabung dengan jalur potong (setengah lingkaran, misalnya) menggunakan pintasan “Perintah” + “J”. Untuk objek sederhana seperti lingkaran, permukaan yang tersisa akan otomatis terisi warna. Untuk objek yang kompleks, ini jelas tidak akan terjadi.

Memotong Teks Dengan Alat Gunting di Illustrator

Alat Gunting di Illustrator hanya berfungsi untuk titik jangkar dan jalur. Jika Anda mencoba menerapkannya pada teks langsung, Anda akan menemukan bahwa itu tidak berfungsi. Untuk memungkinkan hal ini, Anda perlu menguraikan tes sebelumnya. Tapi ini sama sekali bukan tugas yang rumit untuk diselesaikan. Sebenarnya, memotong teks menggunakan alat Gunting di Illustrator tidak jauh berbeda dengan memotong objek.

Ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti:
Pastikan teks di kanvas Anda digariskan. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan pintasan “Perintah” + “Shift” + “O”. Atau, Anda dapat pergi ke “Ketik,” lalu “Buat Garis Besar.” Teks sekarang akan menjadi titik jangkar yang dapat Anda gunakan dan edit. Aktifkan alat Gunting dengan menekan pintasan “C” atau membukanya dari jendela palet samping. Pilih titik pada teks yang ingin Anda potong. Ingatlah bahwa Anda sekarang dapat mengeklik titik mana pun dari teks karena sudah digariskan dan memiliki titik jangkar. Perbesar jika Anda tidak melihat titik jangkar dengan benar. Gambar garis ke segmen berikutnya untuk menentukan elemen yang akan dipotong dari teks. Anda harus membuat lebih dari satu titik jangkar untuk memotong teks. Untuk membagi huruf sepenuhnya, tambahkan empat titik jangkar. Main-main dengan alat ini sampai Anda mendapatkan semua elemen terpotong dari teks.
Perhatikan bahwa jika Anda mengetuk bagian isian surat, tidak akan terjadi apa-apa. Anda harus menekan titik jangkar atau jalur untuk memotong teks.

Setelah memotong huruf, Anda mungkin melihat garis di antara empat titik jangkar. Anda dapat menggunakan “Alat Seleksi Langsung” untuk menghapusnya:
Tekan “Alat Seleksi Langsung” pada bilah alat Anda. Klik pada baris yang ingin Anda hapus. Tekan tombol “Hapus” pada keyboard Anda untuk menghapusnya. Atau, pindahkan jangkar Anda titik di sekitar untuk membuat efek yang diinginkan.
Itu dia!

Jika Anda menggunakan tampilan garis besar (“Command” + “Y”), Anda sekarang dapat melihat bahwa titik akhir yang Anda potong dari teks tidak terhubung, tetapi sebenarnya merupakan jalur terbuka .

Latihan – Memotong Persegi Panjang di Illustrator

Sekarang setelah Anda menguasai cara menggunakan alat Gunting di Illustrator, inilah latihan sederhana yang dapat Anda coba untuk menguji keterampilan Anda. Jika Anda belum pernah menggunakan alat Gunting sebelumnya, Anda ingin memulai dari objek sederhana seperti lingkaran atau persegi panjang dan pindah ke desain yang lebih kompleks nanti.

Dalam latihan di bawah ini, kita akan memotong persegi panjang.
Buka aplikasi Illustrator di komputer Anda device.Gambar persegi panjang di kanvas. Anda dapat menggunakan alat persegi panjang untuk ini. Buat “Isi” diatur ke “Tidak Ada”, sedangkan “Stroke” harus diwarnai. Anda dapat menggunakan kubus warna di bagian bawah bilah alat untuk ini. Pilih alat Gunting dari bilah alat. Pastikan untuk memilih persegi panjang saat melakukannya. Dalam beberapa versi Illustrator, alat Gunting akan ditempatkan di dalam alat Penghapus atau Pisau, jadi periksa juga bagian tersebut. Tekan satu titik persegi panjang dengan alat Gunting. Anda sekarang telah memotong jalur, dan persegi panjang Anda tidak memiliki bentuk tertutup lagi. Selanjutnya, klik pada alat panah Putih. Pilih area kosong di kanvas agar Anda dapat membatalkan pilihan persegi panjang. Tekan segmen garis di dekat potongan dan seret garisnya.
Pada titik ini, Anda akan dapat melihat jalur yang Anda potong. Anda sekarang dapat memperluas apa yang Anda pelajari untuk memotong objek lain di Illustrator.

FAQ
Bagaimana cara mengaktifkan alat gunting di Illustrator?

Anda dapat dengan mudah mengaktifkan alat Gunting di Illustrator dengan mengklik ikon Gunting yang terletak di sekitar tengah palet alat Anda di sebelah kiri -sisi layar. Atau, Anda dapat menggunakan pintasan “C” untuk membuka alat Gunting.
Mengapa Illustrator tidak mengizinkan saya untuk memilih jalur yang saya potong?

Hal ini dapat terjadi dalam program ketika Anda memotong teks yang digariskan dengan alat Gunting, lalu pilih itu teks menggunakan alat Seleksi. Memilih huruf dengan alat ini akan memilih seluruh huruf, bukan jalurnya yang terpisah. Solusinya di sini adalah memilih jalur dengan Direction Selection Tool sebagai gantinya.

Menguasai Scissors Tool di Illustrator

Alat Gunting mungkin tampak seperti fitur yang rumit pada awalnya. Tapi ini hanya benar sampai Anda berlatih memotong jalur Anda sendiri pada objek sederhana. Saat Anda terbiasa dengan gerakannya, Anda akan lebih mudah memotong bentuk, teks, dan elemen lain yang lebih kompleks dari desain Anda.

Ingat bahwa Anda selalu dapat mengakses alat Gunting dari palet alat sisi kiri atau menggunakan Pintasan “C” di keyboard Anda. Dan pastikan Anda mengatur kanvas Anda ke “garis” jika Anda ingin memotong teks.

Apakah latihan dalam artikel ini membantu Anda lebih memahami cara kerja alat Gunting? Objek kompleks mana yang akan Anda potong selanjutnya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.