Cara Menggunakan Desktop Virtual di Windows 11

Windows 11 memungkinkan Anda membuat pengaturan khusus aplikasi di ruang kerja yang berbeda (disebut “Desktop Virtual”) yang dapat Anda alihkan dengan cepat menggunakan tombol Tampilan Tugas. Berikut cara menggunakannya.

Apa Itu Virtual Desktops?

Biasanya, ketika kami mengatakan “desktop” di Windows, yang kami maksud adalah ruang penyimpanan khusus yang terletak di belakang semua jendela, yang juga merupakan jenis folder khusus. Anda dapat memberikan desktop ini gambar latar belakang dan menyimpan ikon di atasnya. Kami secara tidak resmi dapat menyebutnya sebagai “desktop penyimpanan”. dari latar belakang itu. Jadi, jika Anda membayangkan meja kayu asli yang ditutupi kertas dengan posisi berbeda, seluruh susunannya bisa disebut “desktop”. Definisi kedua inilah yang menerapkan istilah “Desktop Virtual” untuk.

Up hingga Windows 10, sebagian besar PC Windows tanpa banyak layar memiliki satu desktop. Berkat fitur yang disebut Task View di Windows 11, Anda dapat memiliki beberapa “desktop virtual” pada PC yang sama dan beralih di antara mereka dengan mudah. Setiap desktop memiliki pengaturan jendela dan aplikasi yang terbuka, tetapi ikon pada “desktop penyimpanan” tetap sama di semua desktop virtual.

Cara Membuat dan Menggunakan Desktop Virtual

Di Windows 11, desktop virtual hanya dengan sekali klik. Untuk memulainya, klik tombol Tampilan Tugas di bilah tugas Anda, yang terlihat seperti persegi yang tumpang tindih dengan yang lain. Atau Anda dapat menekan Windows+Tab pada keyboard Anda.

(Jika Anda tidak melihat tombol Task View di taskbar Anda, klik kanan taskbar dan pilih “Taskbar Settings,” lalu balikkan sakelar di sebelah “Task View” ke ” Posisi on”.)

Setelah Anda membuka Task View, Anda akan melihat layar khusus yang menunjukkan semua jendela aplikasi yang terbuka di satu area dekat bagian atas (jika ada yang terbuka). Anda juga akan melihat deretan gambar mini desktop virtual di bilah yang membentang di bagian bawah layar.

Untuk menambahkan desktop virtual baru, klik tombol “Desktop Baru” dengan tanda tambah (“+”) di atasnya. Atau Anda dapat menekan Windows+Ctrl+D pada keyboard Anda.

Desktop baru (bernomor urut lebih tinggi, seperti “Desktop 2”) akan muncul dalam daftar. Untuk beralih ke sana, klik thumbnail di Task View.

Desktop baru akan mengambil alih tampilan Anda di layar, dan itu akan bertindak seperti desktop pertama Anda. Anda dapat membuka aplikasi dan memposisikan jendelanya sesuka Anda. Aplikasi yang Anda buka juga akan muncul di bilah tugas di desktop virtual.

Ketika Anda beralih ke desktop virtual lain, pengaturan itu akan dipertahankan, dan Anda dapat beralih kembali nanti dengan mengklik Tampilan Tugas lagi dan memilih thumbnail desktop virtual.

Juga , Anda dapat menyeret aplikasi di antara desktop virtual di Tampilan Tugas dengan mengeklik dan menyeret gambar mini jendela aplikasi ke gambar mini desktop virtual di bagian bawah layar. Dan yang lebih keren lagi, Anda dapat mengatur latar belakang desktop yang berbeda untuk setiap desktop virtual, yang akan membuatnya lebih mudah untuk membedakannya dengan cepat sebagai thumbnail.

Cara Menghapus Desktop Virtual di Windows 11

Untuk menghapus desktop virtual di Windows 11, pertama buka Task View dengan mengklik ikonnya di taskbar Anda (atau dengan menekan Windows+Tab di keyboard Anda). Arahkan kursor Anda ke thumbnail desktop virtual yang ingin Anda tutup hingga Anda melihat “X” di sudut, lalu klik atau ketuk “X.”

Atau, Anda dapat membuka Task View (Windows+Tab), gunakan tombol panah Anda untuk memilih gambar mini desktop virtual, lalu tekan Delete pada keyboard Anda untuk menghapus desktop virtual yang dipilih.

Ulangi langkah-langkah ini dengan desktop virtual lain yang ingin Anda tutup. Jendela aplikasi yang terbuka di desktop virtual tertutup akan pindah ke desktop virtual di sebelah kirinya (satu angka lebih rendah) dalam daftar.

Shortcut Keyboard Desktop Virtual

Windows 11 hadir dengan serangkaian pintasan keyboard yang mudah digunakan yang dapat membuat menggunakan desktop virtual lebih efisien—tidak perlu mouse. Berikut adalah beberapa yang utama:

Windows+Tab: Buka Tampilan TugasWindows+Ctrl+Panah Kiri atau Kanan: Beralih di antara desktop virtualWindows+Ctrl+D: Buat Desktop Virtual baru Tombol Panah dan Enter: Gunakan di Tampilan Tugas untuk memilih Desktop Virtual Hapus : Menekan tombol ini saat Tampilan Tugas terbuka akan menghapus desktop yang dipilih. Melarikan diri: Tutup Tampilan TugasNikmati desktop (virtual) baru Anda!

Itulah berita seputar Cara Menggunakan Desktop Virtual di Windows 11, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.