Cara Menggunakan Filter Lanjutan di Microsoft Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Untuk membuat filter lanjutan di Excel, mulailah dengan menyiapkan rentang kriteria Anda. Kemudian, pilih kumpulan data Anda dan buka filter Lanjutan pada tab Data. Lengkapi bidang, klik OK, dan lihat data Anda dengan cara baru.

Meskipun Microsoft Excel menawarkan fitur bawaan untuk memfilter data, Anda mungkin memiliki banyak item di lembar Anda atau memerlukan filter yang lebih rumit. Di sini, kami akan menjelaskan cara membuat filter lanjutan di Excel.

Cara Menyiapkan Rentang Kriteria

Sebelum Anda dapat menggunakan filter lanjutan di Excel, Anda harus membuat rentang sel untuk kondisi yang akan Anda gunakan.

Tambahkan di setidaknya beberapa baris di atas data Anda untuk memulai; Anda selalu dapat menyisipkan lebih banyak baris jika diperlukan. Perlu diingat, Anda memerlukan satu baris untuk label dan satu baris kosong antara kriteria dan data. Ini harus cocok dengan data Anda karena akan digunakan untuk kriteria filter. Kami akan menggunakan contoh di sepanjang tutorial ini, jadi di bawah ini adalah data yang kami gunakan.

Kami kemudian menyisipkan lima baris di atas data kami. Kami memiliki satu baris untuk label, tiga untuk kriteria, dan satu baris kosong. Kami kemudian menyalin tajuk kolom kami ke baris pertama. Jadi, sekarang sheet kita terlihat seperti ini:

Setelah Anda menyiapkan rentang untuk ketentuan filter, Anda siap membuat filter lanjutan. Tip

: Anda dapat memberi nama rentang kriteria untuk secara otomatis memasukkannya ke dalam filter jika Anda mau. Memasukkan Kriteria untuk Filter Tingkat Lanjut di Excel

Untuk memasukkan kriteria untuk filter Excel tingkat lanjut ke dalam sel, Anda akan menggunakan format =”=variabel”.

Tanda sama dengan pertama memulai string dan tanda kutip berisi kriteria. Anda dapat menggunakan operator perbandingan normal untuk kondisi Anda. Berikut adalah beberapa contoh.

Sama dengan Smith: =”=Smith”Tidak sama dengan Smith: =”Smith”Kurang dari 100: =”=100″

Saat Anda mengetikkan kriteria dengan cara ini ke dalam sel, Excel mengubahnya menjadi format itu perlu untuk filter.

Cara Menggunakan Kriteria Tunggal, Filter Excel Kolom Tunggal

Cara terbaik untuk memulai adalah dengan contoh sederhana menggunakan satu kondisi dan satu kolom. Di sini, kami akan memfilter data kami berdasarkan ID Lokasi 2B.

Buka kolom ID Lokasi dan masukkan yang berikut untuk sama dengan 2B ke dalam baris pertama di bawah label:

=”=2B”

Berikutnya, pilih sel di data Anda atur, buka tab Data, dan pilih “Lanjutan” di bagian Urutkan & Filter pada pita.

Di kotak pop-up, mulailah dengan memilih di mana Anda ingin menampilkan data yang difilter. Anda dapat memfilternya di tempat atau di lokasi lain. Jika Anda memilih yang terakhir, masukkan lokasi di kotak Salin Ke.

Sekarang konfirmasikan sel di kotak Rentang Daftar. Excel seharusnya telah menambahkannya untuk Anda secara otomatis, jadi pastikan semuanya sudah benar.

Kemudian, masukkan rentang sel ke dalam kotak Rentang Kriteria. Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan mengklik di dalam kotak dan kemudian menggunakan kursor Anda untuk menyeret rentang di lembar Anda. Pastikan untuk menyertakan sel label kolom dan hanya baris tambahan dengan sel yang berisi kriteria. Jika Anda menyertakan baris kosong, kemungkinan besar hasil filter Anda salah.

Opsional, centang kotak jika Anda hanya menginginkan catatan unik. Klik “OK” saat Anda selesai.

Anda kemudian akan melihat data yang difilter. Jika Anda memilih untuk memfilter data, baris lainnya harus disembunyikan. Di sini, kami memilih lokasi di lembar kami untuk data yang difilter.

Cara Menggunakan Beberapa Kriteria, Filter Excel Kolom Tunggal

Mungkin Anda ingin memfilter data menggunakan beberapa kondisi yang muncul dalam satu kolom. Anda dapat melakukannya dengan filter Excel tingkat lanjut. Sebagai contoh, kita akan memfilter data untuk ID Lokasi 1B dan 2B.

Buka kolom ID Lokasi dan masukkan kriteria dalam dua baris terpisah, 2 dan 3, dimulai tepat di bawah label.

=”=1B”=” =2B”

Seharusnya terlihat seperti ini:

Pilih sel di kumpulan data Anda, buka tab Data, dan pilih “Lanjutan” untuk membuka alat filter.

Lengkapi detail yang sama seperti sebelumnya, tetapi kali ini, perluas rentang kriteria menjadi mencantumkan syarat tambahan. Klik “OK” untuk menerapkan filter.

Anda kemudian akan melihat kedua hasil dari filter di lokasi yang Anda pilih.

Cara Menggunakan Beberapa Kriteria, Filter Excel Beberapa Kolom

Berikutnya, kita akan melihat penggunaan beberapa kondisi dalam filter Excel lanjutan. Ini bisa menjadi kriteria DAN atau ATAU. Misalnya, Anda dapat memfilter untuk ID Lokasi sama dengan 1A dan Prospek sama dengan Jones dengan semua ketentuan benar. Atau Anda dapat memfilter untuk ID Lokasi sama dengan 1B atau Prospek sama dengan Jones di mana kondisi apa pun benar.

Semua Ketentuan Benar

Untuk memfilter dengan kondisi DAN, Anda akan menempatkan kedua kriteria di baris yang sama di bawah label yang sesuai.

Jadi, kami memasukkan yang berikut di bawah label ID Lokasi di baris 2:

=”=1A”

Kemudian, kami memasukkan yang berikut di bawah label Prospek, juga di baris 2:

= “=Jones”

Tampilannya seperti ini:

Dan seperti sebelumnya, pilih sel di kumpulan data, buka tab Data, dan pilih “Lanjutan” untuk membuka alat.

Untuk filter ini, kami mengubah rentang kriteria karena hanya termasuk baris 1 dan 2. Sesuaikan opsi lain seperlunya dan klik “OK.”

Catatan: Perhatikan di tangkapan layar bahwa Excel telah menamai rentang kriteria untuk kita. Anda mungkin melihat hal yang sama saat menggunakan kembali rentang sel yang sama.

Kita kemudian mendapatkan satu hasil. Ingatlah bahwa menempatkan kriteria di baris yang sama menunjukkan operator AND. Jadi, meskipun kami memiliki Jones sebagai Prospek untuk dua lokasi, kami memfilter hanya untuk lokasi 1A dengan Jones.

Kondisi Apa Pun Benar

Berikutnya, kami akan memfilter berdasarkan beberapa kondisi lagi, tetapi menggunakan kriteria OR. Untuk ini, Anda menempatkan ketentuan di baris terpisah di bawah label yang sesuai.

Jadi, kami memasukkan yang berikut di bawah label ID Lokasi di baris 2:

=”=1B”

Kemudian, kami memasukkan yang berikut di bawah label Prospek, tetapi di baris 3:

=”=Jones”

Tampaknya seperti ini:

Buka alat filter Lanjutan seperti sebelumnya, sesuaikan rentang kriteria untuk mengakomodasi baris tambahan, dan klik “OK.”

Seperti yang Anda lihat, kami memiliki tiga hasil, satu untuk 1B dan dua untuk Jones. Karena kami menggunakan kriteria ATAU, setiap ketentuan yang kami sertakan terpenuhi.

Kunci untuk menyiapkan filter beberapa kriteria di Excel adalah untuk kriteria AND, Anda menempatkan ketentuan di baris yang sama dan untuk kriteria ATAU, Anda menempatkan ketentuan di baris terpisah row.

Segala dan Semua Ketentuan True

Sebagai contoh terakhir, kita akan menerapkan filter yang lebih kompleks menggunakan kriteria AND dan OR bersama dengan operator pembanding yang berbeda. Kami akan memfilter untuk ID Lokasi sama dengan 1A dan Prospek sama dengan Jones atau Penjualan lebih besar dari 50.000.

Di baris 2, kami memasukkan kriteria berikut di bawah ID Lokasi dan Prospek masing-masing:

=”=1A”=”=Jones”

Di baris 3 , masukkan kondisi berikutnya di bawah label Penjualan:

=”>50000″

Penyiapan ini terlihat seperti ini:

Buka alat filter Lanjutan, periksa ulang atau sesuaikan bidang sesuai kebutuhan, dan klik “OK.”

Anda akan melihat hasil. Di sini, kami memiliki baris 2 yang berisi kriteria AND kami, 1A dan Jones. Kemudian, baris tambahan 3 sampai 5 yang berisi kriteria OR kami untuk Penjualan yang lebih besar dari 50.000.

Jika Anda memiliki data dalam jumlah besar di spreadsheet dan memerlukan opsi filter yang lebih kuat, selalu ingat filter lanjutan di Excel.

Disadur dari HowToGeek.com.