Cara Menggunakan Fungsi IMAGE di Microsoft Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda ingin menyertakan gambar di Excel, seperti logo perusahaan atau foto produk, Anda dapat menambahkan gambar menggunakan tab Sisipkan. Namun, untuk menyimpan gambar dalam sel tertentu, gunakan fungsi IMAGE sebagai gantinya.

Dengan fungsi praktis ini, Anda menambahkan URL untuk gambar, secara opsional menyertakan teks alternatif, dan memilih ukuran gambar yang diinginkan di dalam sel.

Catatan: Sebagai Oktober 2022, fungsi IMAGE tersedia untuk Office Insider dan kemudian akan diluncurkan seiring waktu ke pelanggan Microsoft 365 di Windows, Mac, Android, iPhone, dan web.Tentang Fungsi IMAGE

Sintaks untuk fungsi tersebut adalah IMAGE(url, alt_text , sizing, height, width) di mana hanya argumen pertama yang diperlukan. Argumen ini adalah URL untuk gambar, yang harus ditempatkan dalam tanda kutip. Di bawah ini adalah deskripsi dari empat argumen opsional:

  • Alt_text: Sertakan teks alternatif (alt) untuk meningkatkan aksesibilitas; teks harus ditempatkan dalam tanda kutip.
  • Ukuran: Masukkan salah satu dari empat opsi ukuran: 0 untuk menyesuaikan gambar dalam sel dan mempertahankan rasio aspek, 1 agar sesuai dengan gambar dalam sel dan mengabaikan rasio aspek, 2 untuk mempertahankan aslinya ukuran gambar, atau 3 untuk menyesuaikan ukuran menggunakan argumen tinggi dan lebar.
  • Tinggi: Gunakan dengan 3 untuk ukuran dan masukkan tinggi dalam piksel.
  • Lebar: Gunakan dengan 3 untuk ukuran dan masukkan lebar dalam piksel.

Anda dapat memasukkan BMP , GIF, ICO, JPG, PNG, TIFF, dan format gambar WEBP.

Menggunakan Fungsi IMAGE di Excel

Sekarang setelah Anda mengetahui cara membuat rumus dan memahami format file gambar yang didukung, mari kita lihat beberapa contoh menggunakan fungsi IMAGE dengan gambar bawah.

Catatan: Contoh gambar berasal dari cara kami meng-overlay gambar di Word.

Dalam contoh pertama ini, kami akan menyisipkan gambar tanpa teks alternatif atau ukuran opsional menggunakan rumus ini:

=IMAGE("https://www.emka.web.id/wp-content/uploads/2021/10/MicrosoftWord-OverlayImages. png")

Di sini, gambar tetap berada di dalam sel dan mempertahankan rasio aspeknya saat Anda mengubah ukuran sel dengan menyesuaikan baris dan kolom. Ini sama dengan menggunakan 0 untuk argumen ukuran.

Selanjutnya, kami akan menyertakan teks alt “anjing” dan menggunakan opsi ukuran 1 untuk menyimpan gambar di dalam sel tetapi mengabaikan rasio aspek dengan rumus ini:

=IMAGE(" https://www.emka.web.id/wp-content/uploads/2021/10/MicrosoftWord-OverlayImages.png","dog",1)

Anda dapat melihat bahwa jika kita mengubah ukuran sel, gambarnya miring per opsi ukuran.

Sekarang, kami akan menggunakan rumus berikut dengan teks alt dan opsi ukuran 2 untuk mempertahankan ukuran asli gambar:

=IMAGE("https://www.emka.web.id/wp-content/uploads/ 2021/10/MicrosoftWord-OverlayImages.png","anjing",2)

Ini adalah gambar besar (1.200 kali 675 piksel), sehingga tidak muat di dalam sel pada ukuran sel saat ini. Namun, kami ingin menunjukkan mempertahankan ukuran gambar asli.

Akhirnya, kami akan menghapus teks alt meninggalkan tanda kutip kosong untuk argumen. Dan kami akan menggunakan ukuran khusus untuk gambar kami dengan 3 untuk ukuran, 280 piksel untuk tinggi, dan 500 piksel untuk lebar. Berikut rumusnya:

=IMAGE("https://www.emka.web.id/wp-content/uploads/2021/10/MicrosoftWord-OverlayImages.png","",3,280,500)

Jika kita mengubah ukuran sel, gambar akan dipertahankan rasio aspeknya untuk dimensi yang kami masukkan.

Menambahkan gambar di Excel tidak pernah sulit; namun, pengenalan fungsi IMAGE berarti Anda dapat menempatkan gambar di dalam sel dan menyimpannya di sana dalam ukuran apa pun yang Anda inginkan.

Untuk lebih lanjut tentang gambar di Excel, lihat cara cepat menghapus semua gambar di lembar Anda atau cara menghilangkannya latar belakang dalam gambar.

Itulah berita seputar Cara Menggunakan Fungsi IMAGE di Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.