Cara Menggunakan Fungsi SORT Microsoft Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Untuk menggunakan fungsi Excel SORT, masukkan rumus berikut ke dalam sel: SORT(range, index, order, by_column). Fungsi SORT akan mengurutkan data Anda tanpa mengganggu kumpulan data asli.

Meskipun Microsoft Excel menawarkan alat bawaan untuk menyortir data, Anda mungkin lebih menyukai fleksibilitas fungsi dan rumus. Kami akan menunjukkan cara menggunakan fungsi SORT Excel dengan contoh yang bermanfaat.

Manfaat menggunakan fungsi SORT adalah Anda dapat mengurutkan data di tempat yang berbeda. Jika Anda ingin memanipulasi item tanpa mengganggu kumpulan data asli, Anda akan menyukai fungsi pengurutan di Excel. Namun, jika Anda lebih suka mengurutkan item di tempat, Anda harus menggunakan fitur sortir sebagai gantinya.

Tentang Formula SORT Excel

Sintaks untuk rumus sortir Excel adalah SORT(range, index, order, by_column) di mana hanya argumen pertama yang diperlukan.

Jika Anda tertarik menggunakan argumen opsional, berikut cara kerjanya:

Index: Masukkan angka untuk mewakili baris atau kolom yang akan diurutkan. Excel mengurutkan berdasarkan baris 1 dan kolom 1 secara default. Urutan: Masukkan 1 untuk urutan menaik yang merupakan default jika dihilangkan, atau -1 untuk urutan menurun.By_column: Enter False untuk mengurutkan berdasarkan baris, yang merupakan default jika dihilangkan, atau Benar untuk mengurutkan berdasarkan kolom. Ini menentukan arah pengurutan.

Sekarang, mari kita lihat contoh menggunakan fungsi SORT di Excel.

Menggunakan Fungsi SORT Excel

Anda dapat menggunakan fungsi SORT untuk rentang atau larik di Excel. Sekali lagi, ini tidak mengurutkan item Anda di tempat tetapi di tempat Anda memasukkan rumus.

Untuk contoh dasar, kami hanya akan mengurutkan item dalam sel A2 hingga A6 menggunakan default untuk argumen opsional:

=SORT(A2:A6)

Untuk mengurutkan rentang yang lebih luas, kami akan menyertakan sel B2 hingga B6 juga:

=SORT(A2:B6)

Seperti yang Anda lihat, item tetap ada ditambah dengan atributnya.

Sekarang kita akan mengurutkan rentang kita berdasarkan kolom kedua daripada yang pertama. Jadi, kami memasukkan 2 untuk argumen indeks:

=SORT(A2:B6,2)

Anda dapat melihat bahwa item kami diurutkan dalam urutan menaik menurut kolom kedua, dengan Hijau pertama dan Kuning terakhir.

Selanjutnya, kita akan menggunakan contoh dengan argumen urutan dan urutkan array kita dalam urutan menurun dengan memasukkan -1:

=SORT(A2:B6,-1)

Perhatikan bahwa kita membiarkan argumen indeks kosong karena Excel menggunakan baris dan kolom pertama secara default. Seperti yang dimaksudkan, kami memiliki Tangerine terlebih dahulu dan Apple terakhir.

Untuk mengurutkan dalam urutan menurun menurut kolom kedua, Anda akan menggunakan rumus ini:

=SORT(A2:B6,2,-1)

Di sini, kami menyertakan 2 untuk indeks argumen dan -1 untuk argumen urutan. Seperti yang diharapkan, kita melihat Kuning pertama dan Hijau terakhir.

Untuk satu contoh terakhir, kami akan menyertakan nilai untuk setiap argumen sehingga Anda dapat melihat bagaimana mereka semua bekerja sama. Kami akan memasukkan array yang lebih besar dari A2 hingga C6, 3 untuk mengurutkan berdasarkan kolom ketiga, 1 untuk urutan menaik, dan False untuk mengurutkan berdasarkan arah baris.

=SORT(A2:C6,3,1,FALSE)

Our item diurutkan menurut kolom Rating dan, seperti contoh lain di atas, tetap dengan atributnya.

Dengan menggunakan rumus SORT Excel, Anda bisa mendapatkan tampilan data yang berbeda berdasarkan urutan yang Anda inginkan untuk melihat item Anda. Ini menjadikannya alat analisis data yang praktis.

Untuk selengkapnya, lihat cara mengurutkan berdasarkan warna atau cara mengurutkan berdasarkan tanggal di Excel.

Disadur dari HowToGeek.com.