Cara Menggunakan Gambar dalam Gambar dengan VLC

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
AndroidiPhoneMacWindowsDevice Missing?
VideoLAN Client, juga dikenal sebagai VLC, adalah pemutar media tangguh untuk komputer, ponsel cerdas, dan tablet Anda yang memiliki banyak fitur berguna. Dan salah satu fiturnya yang paling terkenal adalah Picture in Picture. Mode alat ini memungkinkan Anda untuk bekerja dan memutar video pada saat yang sama.

Jika Anda ingin multitasking, Klien VideoLAN dan fungsi Gambar dalam Gambar mungkin cocok untuk Anda. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur keren ini dan bagaimana fitur ini dapat membantu Anda bekerja dan bermain secara bersamaan.

Gambar dalam Gambar dengan VLC di Windows 10

VLC adalah salah satu pemutar media paling populer di dunia. Bahkan, beberapa komputer Windows telah menginstalnya di perangkat mereka. Di antara banyak fiturnya adalah PiP atau Picture in Picture. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mengaktifkan fitur ini untuk Media Player Anda. Tutorial ini berlaku tidak hanya untuk Windows 10, tetapi untuk semua sistem operasi Windows lainnya.
Buka VLC Media Player di komputer Anda dan buka video yang ingin Anda tonton. Setelah melakukannya, buka opsi Alat, di mana Anda harus mengklik pada opsi Preferensi. Klik kiri pada Video dan centang opsi Selalu di Atas. Video yang telah Anda pilih akan mengambang di atas jendela lain yang telah Anda buka. Jika Anda ingin membuat video Anda lebih kecil, Anda dapat kembali ke menu Tools dan klik Preferences and Video. Hapus pilihan opsi Dekorasi Jendela. Video Anda akan tampak lebih kecil di bagian atas jendela Anda yang lain.
Tips Cepat Lainnya:
Jika Anda ingin menyembunyikan kontrol di Pemutar Media, tekan tombol Ctrl + H. Ini harus dilakukan saat Anda berada di Player. Menekan tombol yang sama memungkinkan Anda membatalkan tindakan sebelumnya dan menampilkan kontrol Anda lagi. Jika Anda tidak suka video Anda berada di bagian atas layar, Anda cukup menahan video dan menyeretnya ke sudut mana pun – kanan atau kiri, bawah atau atas – Anda ingin. Jika Anda ingin mengubah ukuran jendela video, Anda dapat menahan sudut kiri atau kanan jendela Media Player dan menariknya ke tengah jendela itu sampai ukuran yang Anda inginkan.
Gambar di Gambar dengan VLC di Mac

A Mac tidak jauh berbeda dengan laptop Windows standar Anda – ia dapat memiliki aplikasi yang sama dengan komputer yang menjalankan Windows 10, termasuk VLC Media Player. Fitur Gambar dalam Gambar juga tersedia di sini, dan mengaktifkannya hanya dengan beberapa langkah mudah:
Nyalakan MacBook atau iMac Anda dan mulai Aplikasi VLC Media Player. Sekarang, lihat file video Anda sampai Anda menemukan yang ingin Anda tonton dan buka. Saat video Anda mulai diputar, klik tombol Spasi di keyboard untuk menjeda video. Di bagian atas jendela, Anda akan menemukan beberapa opsi. Arahkan mouse Anda pada opsi Video. Menu opsi lain akan muncul. Di sini Anda dapat memilih opsi Float on Top.
Sekarang video Anda dapat mengapung di atas aplikasi Mac lainnya.

Tip: Fitur ini tidak akan berfungsi jika Anda menggunakan aplikasi layar penuh pada Mac Anda.

Picture in Picture with VLC on an iPhone

Kami juga punya solusi untuk Anda jika Anda lebih suka menggunakan iPhone daripada komputer atau Mac. VLC Media Player juga dapat diunduh ke ponsel cerdas Anda, sehingga Anda dapat menonton film favorit langsung dari tangan Anda. Namun untuk mengaktifkan Picture in Picture mode, itu menjadi sedikit rumit.

Versi baru iOS biasanya dilengkapi dengan fitur PiP yang dinonaktifkan. Jadi sebelum melakukan apa pun di pemutar media Anda, pertama-tama, Anda harus mengaktifkan fitur itu untuk iPhone Anda. Berikut adalah tutorial langkah demi langkah:
Buka kunci iPhone Anda dan ketuk ikon Pengaturan. Di sini gulir ke bawah ke bagian bawah layar, di mana Anda akan menemukan opsi Pintasan. Ketuk. Sekarang pastikan Izinkan Pintasan Tidak Tepercaya dihidupkan (hijau). Jika belum, pilih. Jika Anda belum mengunduh Aplikasi VLC Media Player, Anda dapat melakukannya sekarang dengan mencarinya di Apple Store lalu mengklik tombol Instal. Setelah mengunduhnya, buka Opsi pengaturan di dalam Aplikasi VLC Media Player. Di sini Anda akan disajikan beberapa opsi. Ketuk Putar video VLC di opsi Latar Belakang. Setelah Anda selesai melakukannya, buka video di aplikasi VLC. Pilih ikon titik lalu Minimalkan Pemutar. Ini akan memungkinkan Anda untuk menonton video pilihan Anda saat Anda mengobrol di WhatsApp atau menelusuri Instagram.
Picture in Picture dengan VLC di iPad

Sama seperti iPhone, iPad juga menggunakan Picture in Picture. Anda tidak bisa begitu saja membuka VLC Media Player dan mengaktifkan fitur PiP. Pertama, Anda harus mengaktifkannya di iPad Anda. Berikut adalah beberapa langkah mudah yang dapat Anda ikuti:
Buka kunci layar Anda dan buka Pengaturan, lalu Pengaturan Umum. Anda akan disajikan beberapa opsi. Ketuk Multitasking & Dock. Di sini Anda akan melihat opsi Gambar dalam Gambar. Pastikan itu dipilih. Jika tidak, lakukan. Sekarang Anda dapat membuka VLC Media Player dan mulai memutar video yang ingin Anda putar. Buka layar penuh dan ketuk ikon PiP di sudut kiri atas. Seharusnya terlihat seperti jendela kecil. Jendela video Anda akan muncul di layar Anda dalam versi yang jauh lebih kecil. Sekarang Anda dapat meminimalkannya, menyembunyikannya, atau meletakkannya di sudut layar mana pun saat menggunakan aplikasi lain.
Catatan: Setiap iPad dibuat setelah tahun 2013 harusnya sudah ada versi PiPnya, jadi gak usah pake versi terbaru.

Picture in Picture VLC Android

Bagi kalian yang lebih suka perangkat Android, jangan khawatir, fitur ini juga bisa kalian nikmati di Android kalian ponsel atau tablet. Namun, ini mungkin tidak berfungsi pada versi yang lebih lama, jadi pastikan Anda memiliki pembaruan terbaru. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan fitur PiP untuk VLC Anda di ponsel pintar Android Anda:
Buka Pengaturan di Pemutar Media VLC Anda dan ketuk Putar Video VLC di Latar Belakang. Pilih ikon tiga titik di bagian atas layar Anda. Setelah itu , pilih ikon PiP, yang akan muncul sebagai jendela kecil. Ketuk di atasnya.Minimalkan dan pindahkan jendela seperti yang Anda lakukan pada perangkat lain sesuai preferensi Anda.
Sekarang Anda dapat melakukan banyak tugas di ponsel sambil menonton video.

Dapatkan Gambarnya?

Jika Anda ingin menelusuri pesan lama atau hanya membalas beberapa email dan juga menonton musim baru The Witcher, sekarang Anda bisa. Dengan langkah cepat dan mudah ini, Anda dapat mengaktifkan fitur PiP untuk digunakan pada VLC Media Player Anda dan menonton video apa pun yang Anda suka.

Perangkat mana yang menjadi favorit Anda untuk multitasking? Video apa yang suka kamu tonton sambil bekerja? Beri tahu kami di komentar di bawah.