Cara Menggunakan iMessage di Android dan Windows

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Joe Fedewa

Kebanyakan hal yang dapat Anda lakukan di iPhone dapat dilakukan dengan ponsel Android. Satu pengecualian besar adalah iMessage. Bisakah Anda menjadi gelembung biru dengan ponsel Android? Bagaimana dengan PC Windows? Ya, Anda bisa.

Bagaimana mungkin? Sejak Apple menolak untuk melepaskan cengkeramannya pada nomor telepon pengguna iPhone, orang telah mencoba untuk membuat iMessage berfungsi di Android untuk waktu yang lama. Terobosan besar datang ketika Apple membawa iMessage ke Mac. Di situlah letak kunci untuk membuatnya berfungsi.

TERKAIT: Pengguna Android yang Terhormat, iMessage Lebih Baik dari yang Anda Pikirkan

Apa yang Anda Butuhkan

Sebelum kami terlalu berharap, Anda harus tahu ada beberapa tangkapan yang cukup besar. Pertama, dan yang paling penting, Anda memerlukan perangkat macOS atau mesin virtual macOS—meskipun sangat disarankan untuk melakukannya dengan perangkat keras Apple yang sebenarnya.

Perangkat tersebut harus menggunakan Mac OS X El Capitan (dirilis pada 2015) atau yang lebih baru , tetapi Anda perlu meluangkan waktu sebentar untuk memutuskan versi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Fitur iMessage tertentu tidak didukung melalui perangkat lunak yang akan kami gunakan dengan beberapa versi macOS (lebih lanjut tentang itu nanti).

Kami akan menggunakan alat sumber terbuka yang disebut BlueBubbles. AirMessage adalah solusi populer lainnya, tetapi menurut kami BlueBubbles memiliki beberapa keunggulan. Ini di-host sendiri sehingga Anda tidak bergantung pada server yang dijalankan oleh orang lain. BlueBubbles digerakkan oleh komunitas dan memiliki aplikasi desktop untuk Windows dan Linux, aplikasi web, dan banyak fitur personalisasi.

Advertisement

Seperti yang disebutkan, fitur BlueBubbles tertentu tidak tersedia di semua versi macOS. Lihat tabel di bawah ini untuk melihat versi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.Fitur

BlueBubblesEl Capitan – CatalinaBig SurMontereyMengirim / Menerima Pesan✓✓✓Mengirim Lampiran✓✓✓**Menerima Lampiran✓✓✓Menerima Tapback, Stiker, dan Sebutan✓✓✓Menerima Terkirim / Tanda Terima Baca✓✓✓Menerima Balasan†✓✓Membuat DM✓✓✓Membuat Obrolan Grup✓✓** – Pengiriman lampiran Monterey mungkin tidak dapat diandalkan seperti versi macOS sebelumnya, karena bergantung pada Otomatisasi UI (mensimulasikan penekanan tombol) daripada yang sebenarnya code.† – Balasan akan ditampilkan sebagai pesan biasa pada perangkat macOS 10.x, alih-alih ditampilkan dengan balasan UI.

Ini adalah status BlueBubbles per Juni 2022. Periksa halaman FAQ untuk informasi terbaru tentang versi macOS.

Tentu saja , Anda juga memerlukan ID Apple untuk menggunakan iMessage. Selain itu, kita sudah siap. Singkatnya, Anda memerlukan Mac yang menjalankan versi macOS yang kompatibel, aplikasi Pesan masuk dengan ID Apple Anda, dan server BlueBubbles. Jadi mari kita mulai.

Menyetel Server BlueBubbles

Bagian terpenting dari teka-teki ini adalah server BlueBubbles. Server berjalan di perangkat macOS Anda dan bertindak sebagai semacam “hub” untuk iMessages yang akan dikirim ke aplikasi BlueBubbles di ponsel Android Anda dan PC Windows atau Linux.

Pertama, buka halaman GitHub di perangkat macOS Anda dan unduh file DMG terbaru dari server BlueBubbles.

Selanjutnya, buka file DMG dan seret ke folder “Applications” setelah diinstal. Sekarang Anda dapat membuka aplikasi.

Advertisement

Anda pertama-tama akan diminta untuk memberikan BlueBubbles “Akses Disk Penuh”. Ini diperlukan agar BlueBubbles dapat membaca dari basis data obrolan iMessage. Klik “Buka Preferensi Sistem.”

Buka bagian “Keamanan & Privasi” pada Pengaturan dan pilih “Akses Disk Penuh” di bilah sisi.

Klik ikon kunci di sudut bawah untuk memasukkan kata sandi Mac Anda dan kemudian aktifkan BlueBubbles. Anda akan diminta untuk memulai ulang BlueBubbles.

Sebelum meninggalkan Pengaturan “Keamanan & Privasi”, buka bagian “Aksesibilitas” dan aktifkan juga BlueBubbles.

Pada titik tertentu selama penyiapan awal ini, Anda juga akan diminta untuk memberi BlueBubbles akses ke kontak Anda. Klik “OK” untuk mengizinkannya.

Di sinilah segalanya menjadi sedikit rumit. BlueBubbles menggunakan Google Firebase Cloud Messaging untuk pemberitahuan ke perangkat Anda. Hal ini memungkinkan BlueBubbles untuk tidak memerlukan koneksi ke server setiap saat, yang berarti Anda mendapatkan notifikasi bahkan saat aplikasi berjalan di latar belakang dan tidak menggunakan banyak baterai.

Advertisement

Untuk memulai, buka Google Firebase Console dan masuk dengan akun Google Anda. Klik “Buat Proyek” dan beri nama “BlueBubblesApp.” Anda tidak perlu mengaktifkan Google Analytics untuk project.

Berikutnya, di bawah “Build” di menu sidebar, buka Realtime Database > Create Database.

Pilih lokasi Anda lalu klik Next > Enable dengan “Start in Locked Mode” dipilih.

Selanjutnya, klik ikon roda gigi di sebelah “Ikhtisar Proyek” di menu bilah sisi dan buka Pengaturan Proyek > Akun Layanan > Buat Akun Layanan > klik “Buat Kunci Pribadi Baru” dan simpan file ke Mac.

AndaSekarang beralih ke “Pesan Cloud” tab dan klik ikon menu tiga titik untuk “Cloud Messaging Legacy API” dan buka Kelola API di Cloud Console > Enable.

Drag dan jatuhkan file JSON yang kami unduh yang menyertakan “firebase-adminsdk” dalam nama file ke aplikasi BlueBubbles.

Advertisement

Kembali pada menu Project Settings di website Firebase, masuk ke tab “General”. Klik ikon Android di bagian bawah halaman.

Masukkan “com.[namaanda].bluebubbles untuk “Nama Paket Android” dan klik “Daftar Aplikasi” untuk mengunduh file google-services.json.

Sekarang kita dapat menyeret google- services.json ke aplikasi BlueBubbles juga. Klik “Berikutnya” setelah Anda selesai melakukannya.

Masukkan kata sandi yang kuat untuk server Anda dan klik ikon simpan. Klik tombol “Next” setelah selesai.

Layar berikutnya adalah untuk “Private API Setup.” Ini adalah salah satu fitur tercanggih dari BlueBubbles. Jika Anda ingin dapat mengirim reaksi, balasan, subjek, melihat indikator pengetikan, dan efek, Anda harus mengikuti petunjuk di halaman ini. Perhatikan bahwa ini memerlukan penonaktifan beberapa tindakan keamanan tambahan di Mac.

Anda Hal terakhir yang harus dilakukan adalah mengaktifkan “Mulai dengan macOS” dan “Keep macOS Awake” untuk memastikan server BlueBubbles tetap berjalan. Anda juga dapat membuat BlueBubbles secara otomatis memeriksa dan menginstal pembaruan.

Hubungkan Server ke Aplikasi BlueBubbles

Dengan server aktif dan berjalan, kami dapat menghubungkan aplikasi Android dan Windows BlueBubbles untuk mulai menggunakan iMessage! Kita akan mulai dengan aplikasi Android, yang dapat diunduh dari sini.

Advertisement

Anda harus memberikan beberapa izin kepada aplikasi saat membukanya untuk pertama kali dan pastikan Anda masuk dengan ID Apple dengan iMessage di Mac.

Selanjutnya, kembali ke aplikasi BlueBubbles di Mac Anda, klik ikon kode QR, lalu pindai dengan aplikasi telepon.

Tampilkan kode QR di Mac.Pindai dengan aplikasi Android.

Ketuk “Mulai Sinkronisasi” di aplikasi telepon setelahnya memindai kode QR.

Setelah sinkronisasi selesai, ketuk “Selesai.”

Anda sekarang menggunakan iMessage di Android! Anda dapat menemukan banyak opsi penyesuaian di bawah menu tiga titik di layar percakapan. Jika Anda mengaktifkan fitur Private API, Anda akan ingin mengaktifkannya.

Aplikasi Windows juga dapat ditemukan di halaman unduhan BlueBubbles.

Advertisement

Menyiapkan aplikasi desktop sama dengan aplikasi Android, tetapi Anda mungkin tidak akan melakukannya dapat memindai kode QR dengan PC Anda. Sebagai gantinya, Anda harus memasukkan detail server secara manual. Anda dapat menemukannya di aplikasi Android di bawah Pengaturan > Koneksi & Server (kata sandi yang sama yang kami buat sebelumnya).

Sekarang Anda memiliki pengalaman BlueBubbles yang sama dengan ponsel Anda di PC Windows! Perhatikan bahwa ada juga aplikasi web BlueBubbles yang dapat diatur dengan cara yang sama.

Hal yang Perlu Diketahui

Satu hal penting untuk dipahami adalah ini pada dasarnya mengubah iMessage menjadi layanan pesan instan terpisah. Semua percakapan iMessage Anda akan ada di aplikasi BlueBubbles, sementara percakapan SMS/RCS standar akan tetap ada di aplikasi SMS default perangkat Anda. cara ini. Karena itu, Anda akan mengalami masalah. Kabar baiknya adalah komunitas BlueBubbles sangat aktif dan membantu di Reddit dan Discord. Situs web resmi BlueBubbles juga merupakan sumber yang bagus untuk informasi terkini.

BlueBubbles bukanlah solusi yang sempurna dan tentu saja perlu upaya untuk menyiapkannya. Namun, ini adalah solusi dan Anda hanya perlu melalui proses ini sekali. Ini sangat menakjubkan setelah Anda membuat semuanya berfungsi.

TERKAIT: Cara Menyetel Aplikasi Perpesanan Default Anda di Android

Itulah berita seputar Cara Menggunakan iMessage di Android dan Windows, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.