Cara Menggunakan Kalkulator Online Google

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Ketik persamaan ke Google untuk menggunakannya seperti kalkulator. Gunakan operator seperti * untuk mengalikan atau / untuk membagi. Anda juga dapat mencari “kalkulator” di Google untuk melihat antarmuka kalkulator yang lebih tradisional.

Google tidak hanya untuk menemukan sumber daya di internet. Mesin pencari juga menawarkan kalkulator gratis yang dapat Anda gunakan untuk melakukan perhitungan dasar dan kompleks. Kami akan menunjukkan cara menggunakan kalkulator online Google di sini.

Jadikan Google Mesin Pencari Default Anda untuk Perhitungan Cepat

Untuk dapat melakukan perhitungan langsung dari alamat browser web Anda bar, atur Google sebagai mesin pencari default browser Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuka situs Google setiap kali membutuhkan kalkulator.

Anda dapat menyetel Google sebagai mesin telusur default di Safari, Firefox, dan Microsoft Edge. Tentu saja, jika Anda menggunakan Chrome, Google seharusnya sudah disetel sebagai default.

Setelah menyetel default, Anda dapat melakukan penghitungan berikut langsung dari bilah alamat.

Cara Menggunakan Kalkulator Online Google

Anda dapat menggunakan Google untuk menambahkan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan. Anda juga dapat menaikkan angka menjadi pangkat, menemukan akar kuadrat suatu angka, menambah dan mengurangi persentase tertentu, dan bahkan menemukan persentase suatu angka.

Perhitungan Dasar

Mari kita mulai dengan perhitungan dasar. Berapakah hasil dari 5 + 5 ? Google akan menjawabnya untuk Anda jika Anda mengetik berikut ini:

5+5 atau lima plus lima

Saat Anda menambahkan angka, Anda juga dapat menambahkan persentase. Misalnya, untuk menambahkan 10% dari 600 menjadi 600 , ketikkan perintah berikut;

600+10%

Pengurangan dapat dilakukan dengan menggunakan tanda “-” (minus). Misalnya, untuk mengurangi 5 dari 20 , ketik berikut ini:

20-5 atau dua puluh dikurangi lima

Untuk mengurangi persentase tertentu dari suatu angka, katakanlah jika Anda ingin mengurangi 25% dari 1.000 , masukkan berikut ini:

1.000-25%

Numbers dapat dikalikan dengan menggunakan tanda “*” (asterisk). Anda juga dapat menggunakan tanda “x” sebagai pengganti tanda bintang.

Berikut dikalikan 10 dengan 5:

10*5

Untuk melakukan pembagian, masukkan angka yang akan dibagi, ketik tanda garis miring, dan ketik angka yang akan dibagi. Misalnya, untuk membagi 200 dengan 8 , masukkan berikut ini:

200/8

Anda dapat menaikkan angka ke pangkat dengan memasukkan berikut ini:

5^5

Untuk menemukan akar kuadrat dari suatu angka, gunakan yang berikut ini. Di sini, Anda akan mendapatkan akar kuadrat dari 225 .

sqrt(225)

Untuk menemukan jumlah persentase angka tertentu, katakanlah 5% dari 1.500 , coba ini:

5% dari 1.500

Anda juga dapat menggabungkan beberapa persamaan matematika dan memilih yang mana harus dilakukan terlebih dahulu. Misalnya, Anda dapat melakukan penjumlahan dan pembagian dengan satu rumus.

Dalam persamaan di bawah, Google akan membagi 20 dengan 4 terlebih dahulu (karena angka-angka ini berada dalam tanda kurung) lalu menambahkan angka yang dihasilkan ke persamaan.

15+5+(20 /4)

Mengonversi Nilai Mata Uang Asing

Fitur bermanfaat lainnya adalah kemampuan untuk mengonversi satu mata uang ke mata uang lainnya menggunakan kurs waktu nyata. Misalnya, Anda dapat mengetahui berapa banyak Great British Pounds (GBP) yang dapat Anda beli dengan, katakanlah, $1.000 dolar.

Untuk melakukan penghitungan tersebut, masukkan berikut ini di Google:

1.000 USD ke GBP

Konversikan Berbagai Satuan Ukuran

Google kalkulator online juga memungkinkan Anda untuk mengonversi berbagai satuan ukuran, termasuk mil ke kilometer, pound ke kilogram, dan banyak lagi.

Untuk melakukan konversi mil-ke-km, gunakan yang berikut:

100 mil ke km

Untuk mengonversi pound ke kilogram, masukkan ini:

50 lbs ke kg

Untuk mengonversi inci ke sentimeter, gunakan ini:

10 inci ke cm

Anda juga dapat mengonversi pengukuran cuaca dari Fahrenheit ke Celsius dan sebaliknya.

100 Fahrenheit ke Celsius

Untuk mengonversi menit ke jam, Anda dapat memasukkan:

180 menit ke jamCari “Kalkulator ” untuk Melihat Antarmuka yang Lebih Tradisional

Jika Anda menginginkan pengalaman kalkulator yang lebih tradisional, cari “kalkulator” di Google. Mesin pencari akan menampilkan antarmuka kalkulator tradisional yang dapat Anda gunakan untuk memasukkan persamaan secara manual. Cukup klik atau ketuk angka dan operator.

Kalkulator online bawaan Google adalah alat yang fantastis. Namun, kemampuan mesin pencari tidak berhenti di situ. Saat Anda menguji kalkulator, coba cari gambar serupa dengan Google Penelusuran. Anda dapat mengunggah foto dari perangkat Anda, dan Google akan menemukan dan menampilkan semua gambar yang cocok dengan milik Anda.

Disadur dari HowToGeek.com.