Cara Menggunakan Mouse dan Keyboard dengan PlayStation

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Sementara PS5 dan pendahulunya semuanya datang dengan setidaknya satu pengontrol, konsol modern sebagian besar memiliki beberapa bentuk dukungan mouse dan keyboard. Ini memungkinkan pemain untuk mengetik lebih cepat dan memainkan judul tertentu dengan skema kontrol yang sudah dikenal. Prosesnya relatif mudah, dan siapa pun dapat melakukannya.

Di bawah ini, Anda akan menemukan lebih dari sekadar petunjuk untuk menggunakan mouse dan keyboard dengan konsol PlayStation. Kami juga akan menyertakan beberapa model yang kompatibel dan beberapa game yang mendukungnya.

Menggunakan Mouse dan Keyboard dengan PlayStation

Sejak PS2, Sony telah menerapkan dukungan periferal mouse dan keyboard. Model terbaru dari seri PlayStation adalah PS5, dan itu membuat penggunaan perangkat keras eksternal menjadi sederhana. Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah ini.
Boot PS5 Anda. Colokkan mouse dan keyboard Anda ke port USB yang tersedia. Tunggu konsol untuk mendaftarkan kedua perangkat. Untuk penyesuaian perangkat, buka “Pengaturan.” Cari “Accessories. ”Di bawah tab itu, cari mouse dan keyboard Anda. Sesuaikan dan mulai bermain game.
Langkah-langkah di atas adalah untuk mouse dan keyboard berkabel, tetapi juga dapat berfungsi untuk perangkat nirkabel.
Nyalakan PS5 Anda.Masukkan pemancar mouse dan keyboard Anda .Bersiaplah saat PS5 mendeteksinya.Buka “Pengaturan” jika Anda ingin menyesuaikan perangkat.Gulir ke bawah dan navigasikan ke “Aksesori.”Mulai menyesuaikan mouse dan keyboard Anda.
Mouse dan keyboard Bluetooth mungkin memerlukan proses yang berbeda.
Luncurkan PS5.Buka “Pengaturan.”Temukan “Aksesoris.”Pilih “Aksesori Bluetooth.”Atur perangkat Bluetooth Anda ke mode berpasangan.Hubungkan ke PS5.Mulai bermain game atau menonton acara.
Dimungkinkan untuk menggunakan kombinasi perangkat keras nirkabel dan kabel karena PS5 tidak terlalu peduli apakah mouse atau keyboard Anda berkabel atau tidak. Beberapa pengguna juga kekurangan port USB karena penyimpanan eksternal, tetapi itu bukan masalah. Anda dapat mencolokkan hub USB apa pun, karena konsol mendukung gadget praktis ini secara default.

Untuk perangkat Bluetooth, beberapa mungkin tidak berfungsi sempurna dengan PS5. Jika mouse dan keyboard nirkabel Anda tidak terdeteksi, Anda harus menggunakan yang berkabel.

Memilih Mouse dan Keyboard untuk PlayStation Anda

Meskipun banyak keyboard dan mouse yang dapat Anda beli di toko IT dapat berfungsi di PS5 dan PS4, Anda harus tetap menggunakan perangkat yang kompatibel ditemukan oleh komunitas game. Kami tidak akan dapat mencantumkan setiap model, tetapi berikut adalah contoh kecilnya.

Keyboard meliputi:
Apple Magic KeyboardKeyboard HPBanyak keyboard LogitechHyperX Alloy OriginsKeyboard RazerRedragon K555-RGN-BARoyal Kludge RK61 dan Sink87
Beberapa mouse yang dapat Anda pertimbangkan adalah:ntikus
Razer gaming M710-RGB dan M908Coolermaster MM710Steelseries Rival 3
PS5 tidak memiliki sistem pendukung makro yang ekstensif untuk mouse gaming Anda, jadi tidak perlu membeli mouse dengan banyak tombol. Juga tidak ada aplikasi untuk konfigurasi makro mouse.

Namun, keyboard memiliki makro berulang yang cepat, dan Anda dapat menyesuaikannya menggunakan langkah-langkah di atas. Atur Pengulangan Tombol (Penundaan) ke “Pendek” dan Pengulangan Tombol (Kenaikan) ke “Cepat” untuk hasil terbaik.

Anda mungkin pernah melihat kombo mouse dan keyboard yang dirancang untuk gamer FPS atau MMORPG, yang langsung terlihat oleh keyboard ringkas yang hanya memiliki beberapa kunci. Beberapa akan bekerja dengan PS5 Anda, seperti Hori Tactical Assault Commander Pro. Itu dirancang agar kompatibel dengan PS3 dan PS4.

Game yang Mendukung Mouse dan Keyboard

Tidak banyak game PS5 yang saat ini mendukung mouse dan keyboard, tetapi jumlahnya meningkat jika Anda menyertakan judul PS4 yang berfungsi dengannya. Berikut adalah daftar game yang didukung.

Part 1
Assassin’s Creed ValhallaArk: Survival EvolvedCall of Duty: Black Ops – Cold WarCall of Duty: Modern WarfareCall of Duty: WarzoneCities: SkylinesDayZDC Universe OnlineDeath StrandingDeep Rock Galactic
Bagian 2NbspThe Elder ScrollsHosing For
The Elder XIVFormFinalte Blade: WarbandNeverwinter
Part 3
OverwatchPaladinsPlanet CoasterProject CARSQuakeRisk of Rain 2Slime RancherSmiteThe Spectrum RetreatSplitgate
Part 4
The Sims 4TerrariaMereka Miliaran Game Angsa Tanpa JudulSumbu: Tidak Ada Jalan KeluarWarframePerang game ini tidak boleh dimainkan dengan satu pun dari game ini. Hollow Knight adalah contoh utama karena ini adalah platformer yang tidak mendukung gameplay mouse.

Pro dan Kontra Menggunakan Mouse dan Keyboard

Beberapa gamer tumbuh bermain game komputer, jadi mereka lebih suka menggunakan mouse dan keyboard. Karena PS5 memang memiliki bagian yang adil dari penembak orang pertama dan bahkan permainan strategi, beberapa pemain ingin bermain di pengontrol favorit mereka. Namun, tidak selalu baik untuk menggunakannya.

Keuntungan

Menavigasi konsol dengan mouse dan keyboard jauh lebih cepat daripada menggunakan pengontrol, dan Anda juga dapat mengetik dalam waktu yang lebih singkat. Ini terutama terlihat ketika Anda ingin menonton acara di Netflix atau YouTube menggunakan PS5. Alih-alih memilih huruf demi huruf, kombinasi keyboard dan mouse lebih efisien.

Game menembak dan strategi juga lebih baik jika dimainkan dengan mouse dan keyboard, meskipun pemain yang menggunakan pengontrol telah memainkan game menembak tanpa masalah. Oleh karena itu, gamer PC dapat menikmati judul-judul ini tanpa membuang memori otot sebelumnya.

Daripada membeli PC gaming yang mahal untuk game dengan kecepatan refresh tinggi, Anda bisa mendapatkan PS5 dan memainkan beberapa judul favorit Anda dengan harga yang lebih murah. Yang disebutkan di atas mungkin membenarkan mendapatkan konsol.

Kekurangan

Jika Anda berasumsi bahwa bermain dengan mouse dan keyboard berarti Anda dapat menggertak pemain pengontrol, Anda salah. Pengembang game telah lama menerapkan perjodohan berbasis pengontrol, jadi Anda hanya akan dicocokkan dengan pengguna mouse dan keyboard lain serta gamer PC di lobi yang sama. Tidaklah adil untuk menang berdasarkan perangkat keras Anda.

Tidak banyak game di PS5 hari ini yang memungkinkan Anda menggunakan mouse dan pengontrol, jadi Anda mungkin lebih baik bermain di PC. Kecuali jika game yang Anda inginkan semua mendukung perangkat ini, Anda akan tetap menggunakan pengontrol untuk banyak judul.

Mouse dan Adaptor Keyboard

Sesuatu yang agak terkenal di komunitas game adalah adaptor mouse dan keyboard. Anda dapat menggunakannya untuk memainkan game yang tidak didukung dengan keyboard dan mouse. Mereka cenderung tidak adil dalam menjodohkan game menembak karena Anda secara efektif menyamarkan semuanya sebagai pengontrol PS5.

Namun demikian, dimungkinkan untuk bermain game menggunakan perangkat ini. Ini mungkin bukan pengalaman yang sepenuhnya otentik, tetapi para modder telah melakukan yang terbaik untuk memastikan semuanya mendekati. Ingatlah bahwa tidak ada orang lain yang bertanggung jawab jika Anda ditemukan menggunakan adaptor.

Cara Lama

Bahkan jika beberapa game di PS5 memungkinkan gameplay mouse dan keyboard, menggunakannya jauh lebih nyaman di beberapa aplikasi. Anda dapat mengetik lebih cepat dan mencari acara tanpa harus menavigasi huruf demi huruf. Anda harus mengujinya untuk melihat apakah perangkat keras Anda berfungsi karena tidak ada jaminan akan berfungsi.

Apa yang Anda gunakan dengan PS5 Anda? Game mana yang ingin Anda lihat memiliki dukungan mouse dan keyboard? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.