Cara Menggunakan Pengontrol PS5 Dengan PC atau Mac

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pengontrol DualSense PS5 adalah perangkat keras yang sangat baik, tetapi seperti banyak pengontrol modern lainnya, Anda juga dapat menggunakannya di komputer. Tidak seperti pengontrol gen lama tertentu seperti PS4, Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak apa pun. Mereka sudah bekerja setelah Anda menghubungkannya ke komputer Anda melalui salah satu dari dua cara.

Bagi mereka yang memiliki PS5 dan ingin bermain game komputer menggunakan pengontrol, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Baik Bluetooth dan USB adalah cara yang baik untuk membuat komputer Anda mengenali pengontrol, dan di sini kami akan menunjukkan cara menggunakan keduanya. Tidak perlu waktu lama sebelum Anda dapat mulai bermain game.

Cara Menghubungkan Pengontrol Berkabel PS5 ke Mac

Sebagian besar gamer yang memiliki pengontrol konsol generasi saat ini dapat dengan mudah memasangkannya ke komputer mereka secara instan. Teknologi Bluetooth telah berkembang sangat jauh, dan hanya butuh satu atau dua menit sebelum Anda dapat mulai bermain. Namun, ada alasan untuk tetap menggunakan kabel, seperti:
Tidak perlu mengaktifkan BluetoothMode kabel mengisi daya pengontrol Mac Anda tidak memiliki fungsi Bluetooth
Tidak semua Mac dapat menerima pengontrol PS5 DualSense, karena harus menjalankan macOS Big Sure 11.3 atau lebih baru. Jika Mac Anda terlalu tua, mungkin tidak mendukung pengontrol sama sekali.

Jika poin di atas berlaku untuk perangkat Anda, ikuti langkah-langkah berikut untuk menyambungkan pengontrol DualSense:
Putuskan sambungan pengontrol PS5 DualSense dari konsol Anda.Hubungkan kabel pengisi daya ke pengontrol .Colokkan kabel ke port USB cadangan Anda. Mac Anda akan mendeteksi pengontrol dan mengaturnya. Setelah beberapa saat, Anda akan dapat menggunakan pengontrol dan bermain game.
Sangat mudah untuk menggunakan mode kabel, karena Anda tidak memilikinya untuk menarik menu apa pun. Namun, jika Mac Anda tidak mendeteksi pengontrol pada awalnya, Anda mungkin harus mengutak-atik beberapa pengaturan dan membuatnya terlihat.

Jika perangkat Anda tidak mendeteksi pengontrol bahkan setelah dicoba berulang kali, Anda mungkin memiliki kabel, pengontrol, atau Mac mungkin memiliki port USB yang tidak berfungsi.

Ketika Anda masuk ke game yang kompatibel, Anda harus dapat menggunakan pengontrol segera.

Bagian terbaik tentang menggunakan mode kabel adalah Anda tidak perlu mengingat pengisian pengontrol. Kabel USB akan menarik daya dari Mac Anda secara otomatis. Fitur ini sangat nyaman untuk bermain game berjam-jam.

Cara Menghubungkan Pengontrol Nirkabel PS5 ke Mac

Sekarang setelah Anda mengetahui cara menyambungkan pengontrol PS5 berkabel ke Mac, Anda dapat mencoba menggunakannya secara nirkabel juga. Perhatikan bahwa hal itu memungkinkan pengontrol kehabisan baterai, dan Anda harus mengisi ulang baterainya sebelum dapat melanjutkan bermain. Namun, Anda bebas dari kendala kabel dan dapat duduk sejauh yang Anda inginkan dari Mac.

Untuk menghubungkan pengontrol PS5 DualSense ke Mac Anda secara nirkabel, langkah-langkah ini akan dilakukan:
Ambil pengontrol PS5 Anda dan dekatkan Mac Anda. Pada pengontrol, tahan tombol daya dan tombol Bagikan.Tunggu hingga lampu mulai berkedip pada pengontrol.Buka Mac Anda.Hidupkan konektivitas Bluetooth jika Anda belum melakukannya.Periksa daftar perangkat Bluetooth.Jika controller ada di sana, klik di atasnya dan biarkan terhubung ke Mac.Mulai bermain game.
Proses ini hampir tidak memakan waktu sama sekali, dan itu hampir bisa menjadi renungan saat Anda duduk dan bersiap untuk sesi permainan yang panjang.

As dengan proses untuk pengontrol berkabel, Anda mungkin harus mencari pengontrol secara manual di pengaturan Anda jika menolak untuk terhubung. Dalam kebanyakan situasi, Mac Anda harus mengingat pengontrol, sehingga menghubungkannya akan lebih cepat.

Menggunakan Kontroler PS5 di Mac

Tidak semua game yang tersedia di Mac dapat mendukung penggunaan pengontrol PS5 DualSense. Game yang dapat Anda gunakan adalah:
Apple Arcade gamesSony Remote PlayBeberapa game App Store lainnyaSteamgameJudul Epic Games StoreGeForce Nowtitles
Jika Anda menginstal game yang tidak termasuk dalam kategori ini, pengontrol tidak akan mendaftar.

Sementara kategori lainnya harus otomatis mendeteksi pengontrol, Steam mengharuskan pengguna untuk mengonfigurasinya secara manual. Inilah yang harus dilakukan:
Hubungkan pengontrol PS5 DualSense Anda ke Mac.Luncurkan Steam.Dari sudut kiri atas, klik Steam.Buka “Preferences.” Pilih “Controller” dari panel kiri.Klik pada “General Controller Settings. ”Centang kotak untuk Dukungan Konfigurasi PlayStation. Setelah melakukannya, Anda dapat memainkan game Steam menggunakan controller.
Fitur lain, seperti haptics lanjutan dan pemicu umpan balik paksa, tidak tersedia di Mac. Ada getaran standar dan gemuruh, tetapi sensasinya tidak sedetail dengan PS5 itu sendiri.

Cara Menghubungkan Pengontrol Berkabel PS5 ke PC Windows

Menghubungkan pengontrol PS5 ke PC Windows menggunakan kabel USB mirip dengan yang ada di Mac. Perbedaan utama adalah versi Windows Anda tidak terlalu penting, meskipun Anda harus selalu menggunakan versi Windows terbaru.

Ini yang harus Anda lakukan:
Ambil pengontrol PS5 DualSense dan kabel USB-nya.Colokkan kabel ke pengontrol.Hubungkan kabel USB ke komputer Anda menggunakan port USB cadangan.Tunggu PC Anda untuk mendeteksi pengontrol. Dalam beberapa saat, Anda akan dapat menggunakan pengontrol di game.
Proses ini hampir sama, dan Anda juga harus cari perangkat jika pengontrol tidak muncul. Masalah yang sama yang mencegah Anda menggunakan pengontrol juga dapat ditemukan di PC Windows.

Cara Menghubungkan Pengontrol Nirkabel PS5 ke PC Windows

Jika Anda tidak suka kabel yang menggantung di dekat Anda saat memainkan game, mode nirkabel adalah pilihan terbaik . Seperti menggunakannya di Mac, pastikan Anda sering mengisi daya untuk mencegah pengontrol kehabisan baterai secara tiba-tiba. Itu mungkin akan dikenakan biaya permainan Halo atau Apex Legends.

Ini adalah petunjuknya:
Bawa Pengontrol PS5 Anda di dekat PC Windows Anda. Tahan tombol daya dan tombol Bagikan pada pengontrol. Setelah beberapa detik, pengontrol akan mulai berkedip dengan terang. Nyalakan PC Anda. Nyalakan konektivitas Bluetooth jika belum menyala. Buka daftar perangkat Bluetooth terdekat. Pengontrol PS5 DualSense harus ada dalam daftar, dan Anda dapat mengkliknya. Izinkan pengontrol mengakses PC Anda. Mulai bermain games.
Seperti yang dapat Anda lihat di sini, baik Mac dan Windows mengikuti prosedur serupa untuk menggunakan pengontrol PS5.

Menggunakan Pengontrol PS5 pada PC Windows

Kebanyakan game modern yang mendukung penggunaan pengontrol harus menerima pengontrol PS5 DualSense. Namun, kebanyakan dari mereka tidak mendukung haptics dan pemicu adaptif tingkat lanjut, kecuali untuk judul seperti Metro Exodus: Enhanced Edition dan Assassin’s Creed: Valhalla.

Namun demikian, Windows adalah platform yang lebih baik jika Anda ingin bermain game komputer dengan pengontrol PS5. Anda juga harus mengikuti langkah yang sama seperti di atas untuk memainkan judul Steam dengan controller.
Hubungkan pengontrol PS5 DualSense Anda ke PC Windows Anda.Luncurkan Steam untuk Windows.Klik Steam.Pilih “Pengaturan.” Pilih “Pengontrol” dari menu kiri .Buka “Pengaturan Pengontrol Umum.” Centang kotak untuk mengaktifkan Dukungan Konfigurasi PlayStation. Anda sekarang dapat menggunakan pengontrol PS5 untuk semua judul Steam yang didukung.
Saat ini, tidak diketahui apakah Steam akan mendukung fitur lanjutan pengontrol PS5 untuk lebih banyak game.

Dengan PC dan Mac, jack headphone 3,5 mm pengontrol tidak berfungsi. Jika Anda ingin menghubungkan earbud atau headset, Anda perlu menggunakan jack output audio asli komputer Anda.

Apa pun sistem operasinya, pengontrol gen saat ini sangat baik untuk bermain game dan tidak memerlukan waktu sama sekali untuk terhubung. Pendahulunya sering kali memerlukan penyiapan dan perangkat lunak tambahan, yang dapat merepotkan.

Akses dan Konektivitas yang Mudah

Fitur canggih pengontrol PS5 DualSense mungkin tidak sepenuhnya tersedia, tetapi masih merupakan perangkat keras yang bagus. Gamer akan menyukai bentuknya yang ergonomis dan nuansa yang familiar, membuat transisi dari konsol ke komputer menjadi mudah. Semuanya akan terasa sama, dan Anda tidak perlu terlalu banyak pengontrol hanya untuk bermain di banyak platform.

Apakah Anda menggunakan pengontrol PS5 saat bermain game PC? Apakah mengaktifkan haptics lanjutan dan pemicu adaptif di PC menjadi sesuatu yang Anda inginkan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.