Cara Menggunakan Perintah sar di Linux

fatmawati achmad zaenuri/Shutterstock.com

Perintah sar memungkinkan Anda melihat statistik kinerja untuk berbagai elemen komputer Linux Anda, baik untuk data real-time maupun historis. Kami menunjukkan cara menggunakan sumber daya yang hebat ini.

TERKAIT:Cara Melihat Statistik Kinerja Sistem di Chromebook

Anda Perintah sar

Perintah sar, atau Reporter Aktivitas Sistem, adalah bagian dari paket sysstat. Ini menangkap satu set informasi statistik seperti beban CPU, paging memori, pemanfaatan memori, penggunaan swap, jaringan I/O, dan banyak lagi. Itu membuat data ini dapat diakses oleh Anda dalam snapshot waktu nyata—menunjukkan kepada Anda apa yang terjadi di komputer Anda sekarang—dan dalam laporan historis.

RELATEDMemahami Rata-Rata Beban di Linux dan Sistem Mirip Unix Lainnya

Ini berjalan di latar belakang sebagai daemon, mengumpulkan kumpulan data setiap sepuluh menit. Data untuk hari ini ditulis ke file teks. Itu diubah menjadi file biner saat tengah malam berlalu. File ditimpa setiap bulan sehingga tidak terus-menerus menghabiskan kapasitas hard drive Anda.

Perintah sar memungkinkan Anda menginterogasi sistem dan melihat statistik. Tetapi pertama-tama, Anda harus menginstal sysstat package.

Menginstal sysstat Package

Menginstal sysstat sangat mudah. Kami menggunakan manajer paket sistem Linux Anda untuk menginstalnya dan kemudian menggunakan systemd untuk mengaktifkan dan memulai daemon.

latar belakang Untuk menginstal sysstat di Ubuntu kami menggunakan apt:

sudo apt install sysstat

Untuk menginstal sysstat di Fedora, ketik:

sudo dnf install sysstat

Dan untuk menginstal sysstat di Manjaro, kami menggunakan pacman:

sudo pacman -S sysstat

Advertisement

Dengan sysstat terinstal, kita perlu mengaktifkannya agar dapat berjalan sebagai daemon—proses latar belakang—setiap kali Anda mem-boot komputer Anda, dan kami harus memulainya sekarang agar kita bisa langsung menggunakannya. Kami menggunakan systemctl, bagian dari keluarga systemd utilitas, untuk mengaktifkan dan memulai daemons.

sudo systemctl enable sysstat

sudo systemctl start sysstat

Untuk melihat versi sar yang Anda gunakan, dan untuk memastikannya merespons, Anda dapat menggunakan -V ( version) option:

sar -V

Statistik Waktu Nyata Dengan sar

Anda dapat menggunakan sar untuk melihat apa yang terjadi di dalam komputer Anda saat ini. Dan karena snapshot hanya itu—status pemutaran pada titik waktu tertentu—dan terkadang tren lebih berguna, Anda dapat meminta sar untuk menampilkan beberapa snapshot dengan jumlah detik tertentu di antaranya.

CPU Statistics

Untuk melihat tiga set Statistik CPU dengan dua detik di antaranya, kami akan menggunakan perintah ini, yang menggunakan opsi -u (CPU). Perhatikan bahwa interval didahulukan. Jadi perintah ini berbunyi “tampilkan statistik CPU dalam langkah dua detik, untuk tiga set data.”

sar -u 2 3

Meregangkan jendela terminal Anda membuat tabel berbaris rapi, sehingga lebih mudah dibaca.

Header untuk kolom pertama adalah waktu perintah dieksekusi. Nilai dalam kolom adalah waktu setiap kumpulan data dikumpulkan. Kolom lainnya adalah:

CPU: Jumlah inti CPU, atau SEMUA untuk rata-rata semua inti.%Pengguna: Persentase waktu yang dihabiskan untuk menjalankan aplikasi di tingkat pengguna, “di wilayah pengguna”.%Bagus: Persentase waktu menghabiskan menjalankan aplikasi di tingkat pengguna, dengan prioritas yang bagus.%sistem: Persentase waktu yang dihabiskan untuk menjalankan proses di tingkat sistem, di kernel.%iowait: Persentase waktu ketika CPU menganggur dengan I/O disk yang tertunda request.%steal: Dalam mesin virtual, ini adalah persentase waktu CPU virtual idle karena CPU dari host perangkat keras sedang melayani mesin virtual yang berbeda.%idle: Persentase waktu saat CPU idle tanpa penundaan permintaan I/O disk.Iklan

Baris terakhir adalah rata-rata dari baris sebelumnya.

Untuk melihat statistik untuk inti tertentu, gunakan opsi -P (per-prosesor). Ini diikuti dengan jumlah inti CPU, atau daftar atau rentang nomor inti, seperti 0,1,4 atau 4-8.

Perintah ini melihat tiga set data dengan satu detik di antaranya, untuk inti 1. Ingat , core diberi nomor dari nol.

sar -P 1 1 3

Memory Paging Statistics

Opsi -B (paging) menyebabkan sar menampilkan statistik yang terkait dengan paging memori ke hard drive. Kami akan meminta dua set informasi, dengan lima detik di antaranya.

sar -B 5 2

Kolom berisi informasi berikut.

pgpgin/s: Total jumlah kilobyte yang telah di-page oleh sistem (diambil) dari hard drive per second.pgpgout/s: Jumlah total kilobyte yang telah dikeluarkan sistem ke hard drive per detik.fault/s: Jumlah kesalahan halaman, baik kecil maupun besar, yang dibuat oleh sistem per detik.majflt/s: Jumlah utama kesalahan yang dibuat sistem per detik, yang mengharuskan pemuatan halaman memori dari disk.pgfree/s: Jumlah halaman yang ditempatkan pada daftar gratis oleh sistem per detik.pgscank/s: Jumlah halaman yang dipindai oleh sistem manajemen memori kswapd daemon per second.pgscand/s: Jumlah halaman yang dipindai secara langsung per detik.pgsteal/s: Jumlah halaman yang diambil kembali oleh sistem dari cache per detik.%vmeff: Dihitung sebagai pgsteal / pgscan, ini merupakan indikasi efisiensi halaman reclaims.I/O Transfer Rate

Untuk melihat I/O dan transfer rate statistik, gunakan opsi -b (catatan, huruf kecil “b”). Kami meminta tiga set data dengan empat detik di antaranya.

sar -b 4 3

Inilah isi kolom.

tps: Jumlah total permintaan transfer per detik yang dibuat ke perangkat fisik. Perhatikan bahwa ini adalah hitungan permintaan. Mereka mungkin tidak semuanya berhasil.rtps: Jumlah total permintaan baca per detik yang dikeluarkan ke perangkat fisik.wtps: Jumlah total permintaan tulis per detik yang dikeluarkan ke perangkat fisik.dtps: Jumlah total permintaan buang per detik yang dikeluarkan ke perangkat fisik. roti/s: Jumlah total data yang dibaca dari perangkat fisik. Angka tersebut diberikan dalam blok 512 byte, per detik.bwrtn/s: Jumlah total data yang ditulis ke perangkat fisik dalam blok per detik.bdscd/s: Jumlah total data yang dibuang dalam blok per detik.

Ada banyak lagi kategori informasi yang dapat Anda pilih untuk ditinjau. Mereka semua digunakan dengan cara yang sama. Anda juga dapat menggunakan opsi -A (semua) untuk melihat dump lengkap dari semua yang dapat diberikan sar kepada Anda.

Lihat halaman manual sar untuk daftar lengkapnya.

TERKAIT: Apa Itu Kecepatan Baca/Tulis, dan Mengapa Itu Penting?

Historical Statistics Dengan sar

Untuk meninjau data historis apa pun hanyalah kasus menambahkan waktu opsi -s (mulai) dan -e (akhir) ke salah satu perintah sar yang biasa. Waktu dinyatakan dalam clock 24 jam.

Advertisement

Untuk melihat seperti apa beban CPU antara 06:30 dan 07:15 hari ini, kita akan menggunakan perintah ini.

sar -u -s 06:30:00 -e 07: 15:00

Untuk melihat seperti apa situasi pada hari sebelumnya, gunakan nomor sebagai tanda pilihan. Angka tersebut menunjukkan hari mana yang harus dilaporkan. Opsi -1 berarti kemarin, opsi -2 berarti dua hari yang lalu, dan seterusnya.

Mari membuat laporan antara 13:00 dan 13:00, menggunakan data kemarin.

sar -u -1 -s 13:00: 00 -e 13:30:00

Cara lain untuk menentukan hari yang ingin Anda laporkan adalah dengan menggunakan nama file data hari itu di baris perintah. Kami melakukan ini dengan opsi -f (nama file).

File harian disebut “saXX” di mana XX diganti dengan hari dalam sebulan. Mereka dibuat di folder log komputer Linux Anda. Folder sar log mungkin bernama “/var/log/sa/” atau “/var/log/sysstat/.”

Advertisement

Di Ubuntu adalah “/var/log/sysstat/” jadi format perintah kita untuk melihat CPU penggunaan antara 14:00 dan 14:30 untuk hari ke-21 bulan ini akan terlihat seperti ini:

sar -u -s 14:00:00 -e 14:30:00 -f /var/log/sysstat/sa21

Information Is Power

And sar pasti memberi Anda informasi yang cukup untuk membuat keputusan yang tepat tentang kinerja komputer Anda.

Jika Anda berada dalam peran pendukung—atau Anda adalah dukungan teknis untuk teman dan keluarga Anda—mampu meninjau data historis adalah cara yang bagus untuk mulai menggali masalah yang dilaporkan kepada Anda hari ini tetapi sebenarnya terjadi kemarin. Atau minggu lalu.

RELATED:Sistem Lambat? Cara Melihat Apakah Linux adalah Memori, CPU, atau IO Bound

Itulah berita seputar Cara Menggunakan Perintah sar di Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.