Cara Menggunakan Server Media Plex Tanpa Akses Internet

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Konektivitas internet adalah inti dari pengalaman Server Media Plex, tetapi itu tidak berarti ada saat-saat (seperti selama pemadaman lokal atau saat berlibur jauh dari akses internet yang andal) Anda harus pergi tanpa Plex. Baca terus selagi kami menunjukkan kepada Anda cara menyesuaikan berbagai hal (dan mengapa penting untuk menyiapkan semuanya sebelum Anda memerlukan akses offline).

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Menggunakan Plex Offline

Salah satu hal yang paling disukai orang tentang Plex adalah bagaimana pengalaman yang disederhanakan —dan perampingan itu dipusatkan di sekitar akun Plex mereka, akses ke server pusat Plex jarak jauh, dan bagaimana hal itu menyatukan semua pengaturan dan pengalaman pengguna mereka. Tetapi agar pengalaman itu berfungsi, komputer Anda perlu menelepon ke rumah ke Plex dan mengautentikasi. Jika tidak dapat, yah, seluruh sistem terhenti.

Untungnya, ada dua cara mudah untuk mengatasi masalah ini: mengubah cara Plex menggunakan sistem autentikasi dan, dalam kasus khusus, kembali menggunakan sistem DLNA sebagai cadangan. Kami menyarankan Anda untuk mengatur keduanya, seperti yang dijelaskan di bagian di bawah, untuk memastikan Anda tidak pernah merasa terlalu tinggi dan kering.

Sebelum melanjutkan, ada dua peringatan yang sangat penting. Pertama dan terpenting, Anda harus membuat perubahan ini terlebih dahulu jika Anda ingin melakukan hal-hal dengan cara yang sederhana dan mudah.

Anda harus online dan masuk ke akun Plex Anda jika Anda ingin mengedit pengaturan yang diperlukan dengan mudah menggunakan GUI server biasa Anda akrab dengan.

Jika Anda menunggu sampai setelah Anda tanpa akses internet, Anda dibiarkan mengedit file konfigurasi secara manual yang jauh lebih rewel daripada membuat beberapa perubahan menggunakan antarmuka web.

Kedua, Jika Anda menggunakan sistem Plex Home, premium fitur yang disertakan dengan Plex Pass yang memungkinkan Anda menyiapkan profil pengguna untuk orang-orang di rumah Anda, tidak ada cara untuk menggunakan sistem itu secara offline dengan klien Plex. Anda hanya dapat menggunakan klien berkemampuan DLNA (seperti yang dijelaskan di bagian kedua di bawah) jika terjadi pemadaman internet, jadi langsung saja ke petunjuk tersebut.

Jika Anda membaca artikel ini setelah fakta dan internet Anda sudah mati, Anda Anda perlu mengedit file konfigurasi Plex khusus untuk platform khusus Anda.

Kami akan menyebutkan hal-hal yang perlu Anda edit di bagian di bawah ini. Namun, karena beragamnya jumlah perangkat tempat orang menjalankan Plex, kami sarankan Anda merujuk ke file bantuan Plex ini untuk menentukan di mana file konfigurasi tersebut berada di perangkat khusus Anda.

Metode Satu: Nonaktifkan Otentikasi Plex di Jaringan Lokal Anda

Mengaktifkan akses lokal ke Server Plex tanpa autentikasi adalah cara yang bagus untuk menghindari proses autentikasi berbasis internet dan menggunakan klien Plex Anda dengan cara yang paling Anda rasa biasa.

Catatan: Jika Anda sudah offline, Anda harus mencari file konfigurasi menggunakan dokumen bantuan Plex ini lalu secara manual mengedit nilai untuk AllowNetworks untuk menyertakan blok alamat yang dibahas di bawah.

Urutan bisnis pertama adalah melompat ke Server Media Plex Anda melalui panel kontrol berbasis web, yang terletak, secara default, di https://[IP server lokal Anda]:32400 . Klik ikon kunci inggris di sudut kanan atas untuk mengakses menu Pengaturan Anda.

Dalam menu Pengaturan, klik tab “Server” dan, sebagai tambahan, klik tombol “Tampilkan Lanjutan” jika Anda belum mengaktifkan lanjutan lihat di masa lalu.

Pilih “Jaringan” dari bilah navigasi sebelah kiri.

Gulir ke bawah halaman pengaturan “Jaringan” hingga Anda melihat entri untuk “Daftar alamat IP dan jaringan yang diizinkan tanpa autentikasi”.

Anda dapat mengisi kotak dengan dua jenis entri yang berbeda. Anda dapat memasukkan alamat IP individual yang dipisahkan dengan koma, atau Anda dapat menetapkan seluruh blok alamat IP menggunakan netmask.

Sebaiknya jangan menggunakan trik alamat IP individual kecuali Anda memiliki alasan mendesak untuk melakukannya, karena mengharuskan setiap perangkat di jaringan Anda yang ingin Anda berikan akses offline ke Plex memiliki alamat IP statis dan Anda memasukkan semuanya di sini.

Cara yang lebih mudah untuk mendekatinya adalah dengan menggunakan netmask, yang merupakan cara sederhana untuk menentukan beberapa alamat. Misalnya, jika jaringan lokal Anda menggunakan alamat IP dengan format 10.0.0.x, maka Anda ingin memasukkan:

10.0.0.1/255.255.255.0

Ini mengatakan, dalam istilah netmask, “semua alamat dari 10.0.0.1 hingga 10.0.0.254”, yang akan mencakup setiap alamat yang tersedia di jaringan lokal Anda dalam rentang 10.0.0.x.

Jika jaringan lokal Anda menggunakan 192.168.1.x, masukkan:

192.168.1.1/255.255.255.0

… dan seterusnya.

Pastikan untuk menyimpan perubahan Anda, dan Anda sudah siap. Server Plex lokal Anda akan tetap terbuka untuk bisnis bahkan tanpa koneksi internet aktif ke telepon rumah.

Metode Dua: Gunakan Aplikasi DLNA sebagai Pengganti

Selain menonaktifkan otorisasi lokal, seperti yang kami lakukan di bagian terakhir, ada trik tambahan yang ingin kami lakukan mengambil keuntungan dari. Ada beberapa klien Plex yang, terlepas dari perubahan kami di server Plex, masih tidak akan berfungsi tanpa otorisasi dari server Plex utama.

Catatan: Jika Anda sudah offline, Anda harus mencari file konfigurasi Anda menggunakan bantuan Plex ini dokumen lalu edit nilai DlnaEnabled secara manual ke 1 untuk mengaktifkan server DLNA.

Sebagai tutorial ini, salah satu contoh yang paling menonjol dari masalah ini adalah aplikasi Plex resmi untuk Apple TV—bahkan jika Anda menyiapkan konfigurasi IP seperti kami baru saja, klien Apple TV panik jika tidak dapat mengakses internet.

Untuk memutarnya ekstra, ekstra, aman, kita akan memanfaatkan sistem cadangan yang hebat: DLNA. DLNA adalah standar lama yang memungkinkan perangkat lokal di jaringan Anda terhubung satu sama lain untuk akses media. Secara default, Plex seharusnya mengaktifkan DLNA, tetapi mari konfirmasi hanya untuk memainkannya dengan aman. Dalam pengaturan “Server” yang sama yang kita akses di bagian sebelumnya, cari “DLNA” di bilah sisi dan pilih.

Di bagian DLNA, pastikan bahwa “Aktifkan server DLNA” dicentang. Apple TV Anda dengan VLC

Meskipun menggunakan Server Media Plex sebagai server DLNA tidak memberi Anda pengalaman Plex penuh, ini memberi Anda akses ke semua media Anda. Setiap pemutar media atau klien berkemampuan DLNA di jaringan lokal Anda akan secara otomatis mendeteksi server Plex Anda dan Anda akan dapat mengakses media Anda.

Jika, misalnya, Anda memiliki Apple TV dan Anda frustrasi karena aplikasi Plex utama tidak ‘t bekerja tanpa akses internet, Anda masih dapat mengakses film dan acara di server Plex Anda dengan aplikasi yang kompatibel dengan DLNA, seperti VLC. Faktanya, dalam tutorial kami tentang menggunakan VLC dengan Apple TV, Anda bahkan dapat melihat server media Plex kami di beberapa tangkapan layar, berkat integrasi DLNA.

Setelah memeriksa untuk memastikan DLNA aktif, luangkan waktu untuk menelusuri favorit Anda aplikasi dan bahkan manual untuk TV pintar dan penerima media Anda untuk mencari penyebutan “DLNA” atau “UPnP.” Baca tentang cara kerja fitur-fitur tersebut dan ujilah dengan Plex Media Server Anda sehingga ketika internet padam, Anda akan siap untuk pergi.

Itu saja: dengan dua penyesuaian kecil pada perangkat lunak Plex Media Server Anda, Anda belum siap untuk mengakses media Anda bahkan jika internet mati atau Anda telah mengemas seluruh instalasi Plex Anda ke kabin yang jauh dari peradaban.

Itulah berita seputar Cara Menggunakan Server Media Plex Tanpa Akses Internet, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.