Cara Menggunakan Smartphone untuk Putus

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Smartphone memang hebat, tetapi akses tak terbatas ke media sosial, internet, dan gangguan tanpa akhir bisa membuat Anda kewalahan. Ini telah menciptakan pasar yang berkembang untuk “ponsel minimalis.” Namun, Anda tidak perlu membuang iPhone atau ponsel Android Anda untuk memutuskan sambungan.

Mungkin tampak berlawanan dengan intuisi menggunakan ponsel cerdas untuk memutuskan sambungan. Yang benar adalah smartphone tidak bertanggung jawab atas situasi ini, bagaimana kita menggunakannya yang harus disalahkan. Anda dapat “menyentuh rumput” tanpa membeli ponsel minimalis yang trendi.

Ini Bukan Kesalahan Ponsel Anda

iPonsel dan perangkat Android hanyalah alat—mereka pada dasarnya tidak buruk atau baik. Mereka dapat memungkinkan kita untuk melakukan hal-hal yang benar-benar berguna dan mengubah hidup seperti navigasi GPS atau scrolling media sosial yang tidak berarti. Andalah yang memutuskan cara menggunakan ponsel cerdas Anda.

Bagi sebagian orang, godaan untuk terjerumus ke dalam “penghisapan waktu” dapat melebihi manfaat praktis dari ponsel cerdas. Mereka perlu menghilangkan semua godaan untuk menghindari kebiasaan buruk. Ponsel minimalis berupaya melakukan ini dengan sangat membatasi apa yang dapat Anda lakukan.

Kita dapat mencapai pengalaman “tidak terlihat, tidak terpikirkan” serupa dengan ponsel cerdas yang sudah Anda miliki. Mari kita mulai.

 

Batasi Gangguan

Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah membatasi jumlah gangguan pada ponsel Anda. iOS dan Android keduanya memiliki alat yang dapat Anda gunakan untuk membatasi gangguan pada waktu tertentu.

“Fokus” pada iPhone adalah alat yang sangat kuat. Ini pada dasarnya seperti mode “Jangan Ganggu” khusus untuk situasi yang berbeda. Anda dapat membuat Mode Fokus khusus untuk memutuskan sambungan dan menyalakannya kapan pun Anda perlu istirahat. Anda dapat memilih orang, aplikasi, dan jenis notifikasi mana yang dapat melewatinya.

Di Android, fitur serupa adalah “Jangan Ganggu”. Ini juga memungkinkan Anda untuk memilih orang, aplikasi, dan jenis notifikasi mana yang ingin Anda lewati. Anda dapat membuat jadwal “Jangan Ganggu” khusus untuk digunakan saat Anda ingin memutuskan sambungan.

Membatasi notifikasi adalah langkah pertama yang baik, tetapi itu tidak benar-benar menghentikan Anda untuk menggunakan aplikasi yang mengganggu. Kita harus melangkah lebih jauh untuk itu.

Untuk benar-benar meniru “ponsel minimalis”, kita harus benar-benar memblokir aplikasi yang menghabiskan waktu Anda. Untungnya, iOS dan Android keduanya memiliki alat yang dapat kami gunakan untuk mencapai ini juga.

Di iPhone, kami akan menggunakan fitur yang disebut “Waktu Henti.” Itu tidak hanya memblokir pemberitahuan dari aplikasi — itu memblokir Anda dari membukanya. Hanya orang dan aplikasi yang Anda pilih yang dapat melewatinya. Aplikasi yang tidak diizinkan berwarna abu-abu di layar beranda–termasuk widgets.

Downtime / Focus Mode

Versi Android disebut “Mode Fokus”. Tidak seperti implementasi Apple, “Mode Fokus” Android adalah tentang memblokir aplikasi. Aplikasi yang Anda pilih untuk diblokir tidak dapat dibuka dan—bergantung pada peluncurnya—aplikasi tersebut juga akan berwarna abu-abu di layar beranda.

“Waktu Henti” cukup jauh untuk mengubah iPhone menjadi ” telepon minimalis.” Dengan menggabungkan “Fokus” dan “Waktu Henti”, Anda benar-benar dapat membatasi diri. Jika Anda memiliki perangkat Android, kami dapat melangkah lebih jauh.

Jika Anda pengguna Android, Anda bisa sangat mirip dengan pengalaman “telepon minimalis”. Itu berkat kemampuan untuk menggunakan peluncur layar beranda pihak ketiga. Hal ini memungkinkan untuk tidak hanya memblokir atau menghilangkan gangguan tetapi sepenuhnya menyembunyikannya.

Ada sejumlah peluncur yang meniru pengalaman perangkat seperti Telepon Ringan. Salah satu favorit kami disebut “Peluncur yang Tidak Dapat Diganggu.” Ini mengubah layar beranda Anda menjadi daftar teks hitam putih yang sangat sederhana dari aplikasi.

Peluncur Tidak Dapat Diganggu

Peluncur Tidak Dapat Diganggu memungkinkan Anda memilih beberapa favorit untuk diletakkan di layar beranda utama sementara aplikasi lainnya hidup dalam daftar vertikal di halaman ke Baik. Anda dapat menyembunyikan aplikasi sebanyak yang Anda inginkan agar tidak muncul di daftar ini.

Untuk pengalaman “telepon minimalis” yang lengkap, Anda dapat mengaktifkan mode “Jangan Ganggu” yang Anda buat dan tukar ke Peluncur yang Tidak Dapat Diganggu. Anda tidak akan mendapatkan notifikasi yang mengganggu, dan ponsel Anda akan terasa jauh lebih disederhanakan.

Pada akhirnya, Anda yang mengendalikan cara Anda menggunakan ponsel. Alat-alat ini dapat membantu Anda membuat pilihan yang lebih sehat dan membangun kebiasaan yang lebih baik saat menggunakan perangkat iPhone atau Android Anda. Penting untuk diingat bahwa ponsel itu sendiri bukanlah penjahatnya.

Itulah berita seputar Cara Menggunakan Smartphone untuk Putus, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.