Cara Menggunakan SUMIF di Google Spreadsheet

Menambahkan nilai di Google Spreadsheet cukup mudah dilakukan dengan menggunakan fungsi SUM. Tetapi bagaimana jika Anda hanya ingin menambahkan angka yang memenuhi kriteria tertentu? Dengan menggunakan SUMIF dalam rumus Google Spreadsheet, Anda dapat menambahkan nilai persis yang Anda inginkan.

SUMIF adalah salah satu fungsi yang dapat menghemat waktu Anda dari pekerjaan manual. Daripada menjelajahi data Anda dan menambahkan angka yang Anda butuhkan secara manual, Anda dapat memasukkan rumus dengan fungsi SUMIF. Kriteria yang Anda gunakan dalam rumus dapat berupa angka atau teks. Plus Anda dapat menambahkan nilai dalam rentang sel yang berbeda berdasarkan kriteria di sel lain. Begini cara kerjanya.

Gunakan Fungsi SUMIF di Google Sheets

Sintaks untuk fungsi tersebut adalah SUMIF(cell_range, criteria, sum_range) di mana dua argumen pertama diperlukan. Anda dapat menggunakan argumen sum_range untuk menambahkan sel dalam rentang selain rentang pencarian. Mari kita lihat beberapa contoh.

Untuk memulai yang sederhana, kami ingin menambahkan nilai dalam rentang B2 hingga B12 jika lebih besar dari 450. Anda akan menggunakan rumus ini:

=SUMIF(B2 :B12,">450")

Bagian pertama dari rumus dalam tanda kurung adalah rentang sel yang kami cari nilainya. Bagian “>450” mencari nilai yang lebih besar dari 450 dalam rentang tersebut. Fungsi SUMIF kemudian menambahkan nilai yang memenuhi ketentuan tersebut.

Anda dapat menggunakan operator yang lebih besar dari, kurang dari, atau sama dengan dalam rumus Anda. Dengan sedikit penyesuaian, rumus ini menambahkan nilai jika lebih besar atau sama dengan 450:

=SUMIF(B2:B12,">=450")

Mungkin nilai yang ingin Anda tambahkan didasarkan pada kriteria di sel yang berbeda jangkauan. Ini adalah saat Anda akan menggunakan argumen sum_range.

Untuk menambahkan nilai dalam rentang sel B2 hingga B12 hanya jika nilai dalam rentang A2 hingga A12 adalah Lokasi A, Anda akan menggunakan rumus ini:

=SUMIF(A2:A12," Lokasi A",B2:B12)

Untuk contoh lain menggunakan argumen opsional, kami ingin menambahkan nilai dalam rentang F2 hingga F12 hanya jika nilai dalam B2 hingga B12 lebih besar atau sama dengan 500. Berikut rumusnya:

= SUMIF(B2:B12,">=500",F2:F12)

Saat berikutnya Anda perlu menambahkan nilai di sheet tetapi ingin memastikan Anda hanya menyertakan nilai tertentu, coba fungsi SUMIF di Google Spreadsheet. Pastikan untuk melihat cara melihat perhitungan dasar tanpa rumus di Google Spreadsheet juga!

Itulah berita seputar Cara Menggunakan SUMIF di Google Spreadsheet, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.