Cara Menghapus Blur Foto atau Gambar

Semua orang melakukannya — Anda mengambil foto yang bagus dari anak kami yang sedang melakukan sesuatu yang menarik atau gambar produk yang sempurna untuk listingan eBay Anda, dan kemudian ketika Anda melihatnya, semuanya buram!

Bukan masalah besar jika Anda langsung menyadarinya saat Anda hanya bisa mengambil gambar lain. Tetapi bagaimana jika Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk memeriksa dan tidak ada cara untuk mengambil kembali bidikan?

Terkadang Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk mendapatkan gambar yang sempurna. Kehilangan kesempatan itu bisa sedikit membuat frustrasi.

Baca terus untuk mempelajari cara menghapus blur foto menggunakan berbagai metode dan perangkat lunak.

Cara Menghapus Blur Foto atau Gambar

Untuk menghapus blur foto atau gambar, Anda dapat menggunakan berbagai alat dan perangkat lunak online, termasuk Photoshop , GIMP, Paint.net, dan lainnya.

Mari kita lihat apa saja pilihan Anda dan bagaimana menggunakannya.

Catatan: Apa pun alat yang Anda gunakan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat salinan cadangan dari file gambar yang Anda gunakan. akan bekerja dengan! Anda tidak ingin berakhir dengan sesuatu yang lebih buruk dari aslinya.

Photoshop

Photoshop memiliki beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk menghapus blur gambar. Ada tiga cara umum untuk mendapatkan gambar yang jauh lebih tajam dari gambar yang buram.

Perbaiki blur menggunakan Photoshop Elements:
Buka gambar Anda di Photoshop Elements. Pilih menu Filters lalu Enhance. Pilih Unsharp Mask. Sesuaikan Radius dan Amount hingga gambar Anda tajam.
Ini membutuhkan sedikit penyesuaian untuk mendapatkan yang benar, tetapi bekerja dengan sangat baik.

Perbaiki blur hanya menggunakan Photoshop:
Buka gambar Anda di Photoshop.Duplikat layer latar belakang dan pilih itu.Pilih Filter, Other, dan High Pass dan atur ke 10%.Atur blend mode untuk layer ke hard light dan sesuaikan opacity hingga gambar terlihat jelas.
Jika Anda menggunakan versi Photoshop yang lebih baru, Anda juga dapat menggunakan pengurangan guncangan kamera untuk mengurangi blur pada gambar:
Buka gambar Anda di Photoshop .Pilih Filter, Sharpen, and Shake Reduction. Biarkan Photoshop bekerja dengan ajaib dan melihat pratinjau perbedaannya.
Opsi terakhir ini memungkinkan Photoshop melakukan semua pekerjaan. Tidak ada masukan pengguna yang diperlukan. Selama Anda mengaktifkan pratinjau, Anda akan melihat gambar sebelum dan sesudah berdampingan.

GIMP Image Editor

Jika Anda tidak memiliki Photoshop, atau Anda tidak ingin membayar untuk sebuah program, Anda dapat menggunakan editor gambar gratis GIMP . Ini adalah program luar biasa yang dapat melakukan banyak hal yang sama seperti layanan berbayar seperti Photoshop.

Ada sedikit kurva pembelajaran, tetapi GIMP adalah editor gambar yang sangat kuat, sehingga layak untuk dipelajari.

Berikut ini cara menghapus blur gambar menggunakan GIMP:
Buka gambar di GIMP.Pilih Blur/Sharpen dari Toolbox.Pilih Pertajam dan seret mouse Anda ke atas gambar untuk mempertajam semuanya, atau pilih bagian untuk mempertajam hanya sebagian.
Saat Anda memilih bagian gambar untuk mempertajam, GIMP secara otomatis melakukan tugasnya. Anda akan melihat gambar menajam secara dinamis saat Anda menggerakkan mouse.

Paint.net

Paint.net adalah alat pengeditan gambar gratis lainnya yang dapat menghasilkan banyak hal tanpa biaya. Mengasah bukanlah salah satu yang cocok, jadi jika Anda mencari alat gratis, Gimp mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Tetap saja, Paint.net melakukan pekerjaan yang kredibel untuk mengurangi blur di images.

Berikut ini cara menghapus blur gambar menggunakan Paint.net:
Buka gambar di Paint.net. Pilih Efek, Gambar, dan Pertajam. Pindahkan penggeser di popup Sharpen ke tingkat yang Anda sukai.Pilih OK dan simpan.
Alat Sharpen mungkin menimbulkan noise pada gambar, yang mungkin dapat Anda kurangi dengan menggunakan Effects and Noise Reduction.

Snapseed

Snapseed adalah aplikasi dari Google yang berfungsi di Android dan iPhone . Ini adalah editor gambar lengkap yang berfungsi pada sebagian besar perangkat yang lebih baru dan memiliki set fitur yang sangat lengkap. Satu hal yang dilakukan Snapseed dengan sangat baik adalah mempertajam gambar.

Inilah cara Anda menyelesaikannya di Snapseed:
Buka gambar Anda di Snapseed.Pilih opsi menu Details.Pilih Sharpen atau Structure, lalu hapus blur atau tampilkan lebih detail.
Kombinasi Sharpen dan Structure untuk membuat banyak perbedaan pada gambar buram. Saya cenderung menggunakan Sharpen terlebih dahulu untuk menghilangkan blur sebanyak mungkin dan kemudian menggunakan Structure untuk mengembalikan detailnya.

Ini akan membutuhkan sedikit percobaan dan kesalahan sampai Anda mendapatkan level yang sesuai dengan keinginan Anda, tetapi setelah Anda melakukannya, gambar Anda harus kristal jelas dan siap digunakan.

Alat Daring Lainnya

Ada dua alat daring terkenal lainnya yang bagus untuk meningkatkan kualitas gambar.

Salah satunya adalah Fotor, yang merupakan rangkaian alat daring canggih yang dapat melakukan banyak hal. Yang lainnya adalah Photo Sharpen, yang melakukan persis seperti namanya.

Fotor adalah suite pengeditan foto hebat yang menawarkan berbagai alat pengeditan foto gratis dari dalam situs web. Ada alat Pro juga dengan biaya, tetapi bagi kebanyakan dari kita, yang gratis sudah cukup. Alat itu sendiri diberi label sebagai menambahkan keburaman artistik pada gambar tetapi dengan menggunakannya dan kemudian memperkecil keburaman Anda dapat menggunakannya sebagai rautan.

Gunakan alat Dasar di menu kiri, lalu Dasar di menu kiri kedua. Ada penggeser Sharpen di sana untuk menghilangkan blur gambar Anda.

Photo Sharpen berteknologi lebih rendah dan bekerja untuk Anda. Ini menggunakan algoritma untuk mempertajam gambar. Anda mengunggah gambar Anda dan memilih tombol Pertajam, lalu situs web akan melakukan sisanya. Ini kemudian akan menampilkan gambar yang lebih tajam sebagai hasilnya. Anda tidak dapat menyetel hasilnya tetapi situs melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk mengurangi blur.

Final Thoughts

Ini hanya beberapa cara untuk menghilangkan blur gambar. Dengan munculnya teknologi baru dan banyak kamera dan perangkat canggih, pasti ada lebih banyak cara untuk memperbaiki foto di ujung jari Anda.

Apakah Anda tahu cara lain untuk menghapus blur gambar? Beri tahu kami tentang mereka di bawah di komentar jika Anda melakukannya!