Cara Menghapus CMOS Komputer Anda untuk Mengatur Ulang Pengaturan BIOS

Sam72/Shutterstock.com

Komputer Anda menyimpan pengaturan tingkat rendah seperti waktu sistem dan pengaturan perangkat keras dalam CMOS-nya. Pengaturan ini dikonfigurasi di menu pengaturan BIOS atau UEFI. Jika Anda mengalami masalah kompatibilitas perangkat keras atau masalah lain, Anda mungkin ingin mencoba menghapus CMOS.

Menghapus CMOS akan mengatur ulang pengaturan BIOS atau UEFI Anda kembali ke status default pabrik. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat menghapus CMOS dari dalam menu BIOS atau dengan menekan tombol CMOS di bagian belakang. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin harus membuka casing komputer.

Menggunakan Menu BIOS atau UEFI

Cara termudah untuk menghapus CMOS adalah dari menu pengaturan BIOS atau UEFI komputer Anda. Untuk mengakses menu setup, restart komputer Anda dan tekan tombol yang muncul di layar Anda — sering Delete atau F2 — untuk mengakses menu setup.

TERKAIT:Apa Itu UEFI, dan Apa Bedanya dengan BIOS?

Jika Anda tidak melihat kunci yang ditampilkan di layar Anda, lihat manual komputer Anda. Komputer yang berbeda menggunakan kunci yang berbeda. (Jika Anda membuat komputer sendiri, bacalah manual motherboard Anda.)

Jika Anda menjalankan Windows 8, Windows 10, atau Windows 11, Anda mungkin dapat mengakses BIOS atau UEFI dari dalam Windows itu sendiri.

Advertisement

Di dalam BIOS, cari Setel ulang opsi. Ini mungkin bernama “Reset to default,” “Load factory defaults,” “Clear BIOS settings,” “Load setup defaults,” atau yang serupa.

Pilih dengan tombol panah Anda, tekan Enter, dan konfirmasikan operasinya. Jika Anda menggunakan komputer dengan UEFI alih-alih BIOS, Anda mungkin dapat menggunakan mouse.

BIOS atau UEFI Anda sekarang akan menggunakan pengaturan default — jika Anda telah mengubah pengaturan apa pun di masa lalu, Anda akan harus mengubahnya lagi.

Menekan Tombol Clear CMOS

Motherboard baru, terutama yang lebih mahal yang dirancang untuk para antusias, sering kali memiliki tombol khusus yang akan menghapus CMOS.

Tombol tersebut dapat ditemukan di bagian belakang motherboard, di dekat semua port, atau bisa di motherboard itu sendiri, di dalam casing. Manual yang disertakan dengan komputer atau motherboard Anda akan memberi tahu Anda secara spesifik di mana menemukannya.

Catatan: Jangan bingung antara tombol clear CMOS dengan tombol BIOS. Tombol BIOS memungkinkan Anda untuk mem-flash BIOS tanpa CPU yang terpasang pada motherboard, kembali ke versi BIOS sebelumnya jika pembaruan BIOS salah, atau keduanya.

Setelah Anda menemukan tombol clear CMOS, tekan tombol tersebut selama sekitar 10 detik. Anda mungkin memerlukan penjepit kertas untuk ini — tombol CMOS clear di dekat port di bagian belakang biasanya tersembunyi sehingga tidak terdorong secara tidak sengaja. Tombol

Advertisement

CMOS yang terletak di motherboard biasanya ditandai dengan cukup jelas, dan biasanya tidak tersembunyi. Anda masih perlu menahannya selama beberapa detik untuk memicu reset.

myphotobank.com.au/Shutterstock.comGunakan CLEAR CMOS Motherboard Jumper

Banyak motherboard berisi jumper yang dapat digunakan untuk menghapus pengaturan CMOS jika BIOS Anda tidak dapat diakses . Ini sangat berguna jika BIOS dilindungi kata sandi dan Anda tidak mengetahui kata sandinya, atau jika Anda telah membuat perubahan yang mencegah Anda mengakses BIOS secara normal.

Lokasi yang tepat dari jumper dapat ditemukan di motherboard (atau komputer) manual. Anda harus berkonsultasi dengan manual untuk instruksi lebih rinci jika Anda ingin menggunakan jumper motherboard.

Namun, proses dasarnya hampir sama di semua komputer. Balikkan sakelar daya komputer ke posisi mati untuk memastikan komputer tidak menerima daya apa pun. Buka casing komputer dan temukan jumper bernama sesuatu seperti CLEAR CMOS, CLEAR, CLR CMOS, PASSWORD, atau CLR PWD — sering kali akan berada di dekat baterai CMOS yang disebutkan di bawah.

Tip: Jumper bening CMOS hampir selalu memiliki tiga pin.

Pastikan Anda diarde sehingga Anda tidak merusak motherboard Anda dengan listrik statis sebelum menyentuhnya. Atur jumper ke posisi “clear”, hidupkan komputer Anda, matikan kembali, atur jumper ke posisi semula — dan selesai. Jumper atau tombol CMOS, Anda sering dapat menghapus pengaturan CMOS-nya dengan melepas baterai CMOS dan menggantinya. Baterai CMOS menyediakan daya yang digunakan untuk menyimpan pengaturan BIOS — ini adalah cara komputer Anda mengetahui berapa lama waktu telah berlalu bahkan ketika dimatikan untuk sementara waktu — jadi melepas baterai akan menghapus sumber daya dan menghapus pengaturan.

Catatan: Tidak semua motherboard memiliki baterai CMOS yang dapat dilepas. Jika baterai tidak mau lepas, jangan dipaksakan. Pertama, pastikan komputer dalam keadaan mati dan Anda terhubung ke ground agar tidak merusak motherboard dengan listrik statis. Temukan baterai bulat, datar, perak pada motherboard dan lepaskan dengan hati-hati. Tunggu lima menit sebelum memasang kembali baterai.

Maryia_K/Shutterstock.com

Mengosongkan CMOS harus selalu dilakukan karena suatu alasan — seperti memecahkan masalah komputer atau menghapus kata sandi BIOS yang terlupakan. Tidak ada alasan untuk menghapus CMOS Anda jika semuanya berfungsi dengan baik.

Itulah berita seputar Cara Menghapus CMOS Komputer Anda untuk Mengatur Ulang Pengaturan BIOS, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.