Cara Menghapus Direkomendasikan di

Bagian yang Direkomendasikan di Windows 11 dibuat dengan mempertimbangkan kenyamanan pengguna, menampilkan file, aplikasi, dan folder yang baru saja digunakan atau dibuka. Sayangnya, fitur tersebut sering menimbulkan masalah privasi karena siapa pun yang membuka menu Mulai dapat melihat item terbaru yang digunakan pengguna. Selain itu, ini membutuhkan ruang yang dapat digunakan untuk aplikasi yang disematkan.

Jika Anda tidak menyukai fitur baru yang Direkomendasikan Windows 11 dan ingin menyingkirkannya, kami di sini untuk membantu. Baca panduan ini untuk mengetahui tiga metode menghapus item yang Direkomendasikan dari menu Start Anda dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan umum terkait fitur tersebut.

Cara Menghapus Recommended di Windows 11

Cara termudah untuk menghilangkan bagian Recommended di menu Start Windows 11 Anda adalah melalui Pengaturan. Berikut cara melakukannya:
Gunakan pintasan keyboard “Win + I” untuk membuka Pengaturan. Atau, cari “Pengaturan” di menu “Mulai”. Pilih “Personalisasi” dari bilah sisi kiri. Klik “Mulai.” Geser sakelar di sebelah “Tampilkan item yang baru dibuka di Mulai, Daftar Langsung, dan File Explorer.” Anda juga dapat menonaktifkan “Tampilkan aplikasi yang paling sering digunakan” dan “Tampilkan aplikasi yang baru ditambahkan.”
Catatan: Menonaktifkan “Item yang baru dibuka” juga akan menghapus halaman web favorit Anda dari Taskbar.

Cara Menghapus yang Direkomendasikan di Windows 11 Dev Build

Jika Anda menggunakan Versi Windows 11 Dev Build dirilis setelah 1 Desember 2021, Anda dapat mengecilkan bagian Direkomendasikan menjadi satu baris dengan mengubah tata letak. Dengan cara ini, Anda tidak akan sepenuhnya menghilangkan bagian yang Direkomendasikan tetapi akan mendapatkan lebih banyak ruang untuk aplikasi yang disematkan. Ikuti petunjuk di bawah ini:
Buka menu Pengaturan menggunakan pintasan “Menang + I”. Arahkan ke “Personalisasi” dari bilah sisi kiri. Pilih “Mulai.” Anda akan melihat tiga tata letak desktop yang tersedia. Pilih opsi “More Pins”. Buka menu Start dan tambahkan lebih banyak pin jika Anda mau. Anda akan melihat bahwa bagian Direkomendasikan telah diperkecil menjadi satu baris.
Jika Anda tidak menyukai tata letak baru dan ingin kembali ke tata letak default, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Akses Pengaturan menggunakan keyboard “Win ​​+ I” shortcut.Klik “Personalisasi” di bilah sisi kiri, lalu pada “Mulai.” Pilih “Default” di bawah “Tata Letak.” Atau, Anda dapat memilih “Rekomendasi Lainnya” jika Anda berubah pikiran tentang fitur tersebut.
Cara Menghapus Rekomendasi di Windows 11 melalui Menu Mulai

Metode lain untuk menyingkirkan aplikasi dan file yang Direkomendasikan adalah dengan menghapusnya satu per satu secara langsung melalui menu Mulai . Metode ini adalah yang terbaik untuk pengguna yang tidak ingin menghapus bagian sepenuhnya tetapi ingin mendapatkan kontrol atas item yang ditampilkan di dalamnya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Klik tombol “Start”. di pojok kiri bawah untuk mengakses menu Start. Atau, tekan tombol “Menang” di keyboard Anda. Anda akan melihat ikon item yang Disematkan dan Direkomendasikan. Klik kanan item Rekomendasi yang ingin Anda hapus. Pilih “Hapus dari daftar” dari menu tarik-turun.
Catatan: Meskipun item yang dihapus tidak akan terlihat lagi di menu Mulai, item lain mungkin menggantikannya. Jika Anda memiliki banyak item, Anda dapat melihat semuanya dengan mengklik “Lainnya” di sudut kanan atas daftar.

FAQs

Baca bagian ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang fitur yang Direkomendasikan Windows 11.
Apa fitur yang direkomendasikan di Windows 11 , tepatnya, dan apa tujuannya?

Beberapa pengguna Windows 11 bingung tentang bagaimana item masuk ke bagian Recommended di menu Start. Jawabannya mudah – aplikasi, file, atau folder apa pun yang Anda buka secara otomatis dan langsung masuk ke menu Rekomendasi. Beberapa file dan aplikasi juga dapat masuk ke bagian tersebut karena Anda menggunakannya lebih sering daripada yang lain. Tujuan dari fitur ini adalah untuk memfasilitasi akses cepat ke item terbaru dan populer, meningkatkan pengalaman pengguna. Dalam dunia yang sempurna, fitur ini akan sangat nyaman, tetapi pada kenyataannya, sering menyebabkan masalah privasi, terutama di kalangan pekerja kantoran.
Dapatkah Anda mengubah tata letak menu Mulai di Windows 11 versi reguler?

Jika Anda khawatir tentang bagian Direkomendasikan mengambil terlalu banyak ruang daripada tentang privasi, Anda mungkin ingin mengubah tata letak menu Mulai. Sayangnya, opsi tersebut saat ini hanya tersedia di versi Windows 11 Dev Build. Mari berharap pengembang Microsoft akan menambahkan pengaturan ke versi reguler Windows 11 dalam waktu dekat. Sementara itu, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk menyesuaikan tata letak menu Mulai Windows 11 tetapi berhati-hatilah untuk tidak menginstal malware.

Sesuaikan Menu Mulai

Semoga panduan kami telah membantu Anda menyingkirkan bagian yang Disarankan di Windows 11 dan membuat tata letak menu Mulai Anda lebih nyaman dan menarik. Sayangnya, tidak ada metode yang sempurna. Menghapus bagian yang Direkomendasikan melalui Pengaturan memengaruhi situs web favorit di Taskbar, menghapus item satu per satu tidak praktis, dan perubahan tata letak hanya tersedia di Dev Build. Kabar baiknya adalah bahwa Microsoft masih menyempurnakan Windows 11, jadi mari berharap kami akan mendapatkan kontrol lebih besar atas menu Mulai di masa mendatang.

Mengapa Anda tidak menyukai fitur yang Direkomendasikan, dan apa yang ingin Anda ubah? Bagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.