Cara Menghapus File Terkunci di Windows

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Menghapus file dari komputer Anda biasanya merupakan tugas yang sederhana, tetapi beberapa file dapat membuat proses ini lebih sulit dari yang diharapkan. Yaitu, beberapa file mungkin dikunci dan tidak dapat dihapus karena digunakan oleh program, OS Windows, atau alasan lainnya.

Folder yang terkunci tidak dapat dibuka, dihapus, atau dipindahkan di Windows hingga kata sandi digunakan, dan menemukan kata sandi untuk file yang tidak Anda kunci mungkin tidak dapat dilakukan. Meskipun opsi “Hapus” akan terlihat, Anda tidak akan dapat mengkliknya dan menghapus file.

Namun, jika Anda ingin menghapus file yang terkunci, Anda dapat mencoba beberapa pendekatan. Pada artikel ini, kami akan memandu Anda melalui berbagai metode yang tersedia.

Safe Mode

Pendekatan yang paling umum adalah me-reboot PC Windows Anda dalam Safe Mode untuk menghapus file yang terkunci. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya:
Buka menu Mulai dengan mengeklik logo Windows di sudut kiri bawah.Pilih ikon “Pengaturan Windows” berbentuk roda gigi.Pilih opsi “Perbarui & Keamanan” Windows.Pilih opsi “Pemulihan ” pilihan. Tombol ini berada di pojok kiri layar. Klik tombol “Mulai Ulang Sekarang”. Ini akan memulai ulang komputer Anda dan membawa Anda ke panel “Opsi Lanjutan”. Pilih “Pemecahan Masalah”. Navigasikan ke tab “Lanjutan” di tengah layar. Pilih opsi “Pengaturan Startup” di sisi kanan. Klik “Mulai ulang” tombol di bagian bawah jendela. Pilih “Aktifkan Mode Aman” dari menu tarik-turun. Pada jendela “Startup Settings”, tekan “4” atau “F4.”
Biarkan Windows menyelesaikan restartnya. Masukkan kata sandi Anda jika perlu. Setelah sistem operasi menyelesaikan boot:
Temukan file Anda dengan membuka menu Mulai, lalu “File Explorer”. Klik file yang dikunci sebelumnya, lalu tab “Beranda”, lalu “Hapus” di bilah alat berikut. Atau, Anda dapat memilih file dengan mengkliknya dan menekan tombol “Hapus”. Hapus semuanya dari Recycle Bin. File Anda harus dihapus dari sistem.
Anda dapat keluar dari Safe Mode dengan memulai ulang komputer Anda setelah menghapus file Anda.

Process Explorer

Anda juga dapat menggunakan Windows Process Explorer untuk menghapus file yang terkunci. Untuk beberapa pengguna, pendekatan ini mungkin lebih nyaman. Ikuti langkah-langkah berikut:
Access file yang terkunci. Cukup klik dua kali file tersebut untuk memindahkannya ke bagian “Berjalan” pada Pengelola Tugas PC. Buka halaman web Process Explorer. Klik tombol “Unduh Process Explorer”. Ini akan memungkinkan arsip ZIP Process Explorer diunduh ke PC Anda. Klik dua kali di folder lokasi untuk membuka folder “ProcessExplorer.zip”. Pilih opsi “Ekstrak ke” di bagian atas layar. Bilah alat akan ditampilkan. Pilih “Ekstrak semua”. Saat Anda mengkliknya, sebuah jendela baru akan muncul. Klik “Extract.”
Dari sini, program Process Explorer akan diinstal, dan folder instalasi akan terbuka. Sekarang, saatnya menggunakan Process Explorer:
Launch “Process Explorer.” Jika PC Anda memiliki CPU 64-bit, klik dua kali item “procexp64” di folder. Jika sistem Anda dilengkapi dengan CPU 32-bit, klik dua kali “procexp” sebagai gantinya. Saat ditanya, pilih “Agree”. Ini akan meluncurkan jendela Process Explorer utama. Pilih “File” dan pilih “Show Details for All Processes.” Saat ditanya, pilih “Yes” untuk meminimalkan Process Explorer. Pilih “Find.” Pilih “Find Handle or DLL…” Penelusuran akan muncul.Isi kotak teks dengan nama file yang dikunci, lalu klik tombol “Telusuri” di sebelah kanan bidang teks.Pilih file yang dikunci. Di Process Explorer, cari nama file yang disorot di bagian bawah layar. Klik kanan nama file dan pilih “Properties.” Klik tombol “Tutup Handle”. Dengan melakukan itu, file akan dibuka kuncinya, dan Anda dapat menghapusnya.
Akhirnya, saatnya untuk menghapus file yang terkunci:
Locate your file. Buka menu Start, lalu File Explorer dan temukan file yang sebelumnya terkunci. Hapus file tersebut. Klik file yang sebelumnya dikunci, lalu tab “Beranda”, dan “Hapus” di bilah alat. Atau, Anda dapat memilih file dengan mengkliknya lalu menekan tombol “Hapus”. Hapus semuanya dari Recycle Bin.
Command Prompt

Cara lain untuk menghapus file yang terkunci adalah dengan menggunakan Command Prompt. Ikuti langkah-langkah ini untuk melakukannya:
Luncurkan Command Prompt dengan mengetikkan “Command Prompt” di kotak pencarian Windows. Pilih “Run as administrator.” Ketik “del /f file name” di kotak popup dan tekan “Enter.” Harap diingat bahwa Anda harus mengubah nama file dengan nama file Anda sendiri.
Perhatikan bahwa file yang dihapus menggunakan Command Prompt tidak dapat diambil jika Anda berubah pikiran.

Run Chkdsk

Pertama dan terpenting, buka jendela Command Prompt dan jalankan sebagai administrator. Langkah-langkah untuk melakukannya dapat ditemukan di atas. Untuk melanjutkan, ikuti langkah-langkah berikut:
Ketik “chkdsk c: /f /r /x” ke dalam jendela baris perintah dan tekan Enter. Anda dapat mengubah huruf drive jika bukan C.Cari file Anda.Hapus file.Kosongkan Recycle Bin.
Ubah Ekstensi File

Terkadang, ini adalah cara paling sederhana untuk menghapus file yang tidak akan dihapus ketika Anda menekan tombol “ Hapus” kunci. Jika Anda memiliki file bernama filename.mp3, klik di File Explorer, tekan F2, dan ganti ekstensi (.mp3) dengan yang lain, seperti.txt.

Namun, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan ekstensi file karena Windows menyembunyikan ekstensi untuk dikenali jenis file secara default. Buka “tab Lihat” dan centang kotak ‘Ekstensi nama file’ untuk mengizinkan ekstensi di Windows.

Memiliki Kontrol Atas File Anda

Meskipun metode ini tidak semudah menghapus file, terkadang metode ini adalah satu-satunya cara. Ingatlah bahwa versi Windows berbeda, dan langkah-langkahnya mungkin berbeda, tetapi ide utamanya tetap sama. Perbedaan yang paling signifikan adalah bahwa File Explorer adalah Windows Explorer di versi yang lebih lama.

Beberapa aplikasi dan program pihak ketiga dapat membantu Anda menghapus file yang terkunci. Namun, berhati-hatilah dengan mereka. Silakan lakukan penelitian Anda sebelum mengunduhnya. Beberapa mungkin membawa malware dan merusak file Anda.

Pernahkah Anda mengalami masalah saat menghapus file? Bagaimana Anda menyelesaikannya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!