Cara Menghapus Garis Putus-putus di Microsoft Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pernahkah Anda mengerjakan spreadsheet Excel ketika garis putus-putus tiba-tiba muncul? Meskipun baik untuk beberapa orang, garis putus-putus itu mungkin mengganggu orang lain. Kami akan menunjukkan kepada Anda kapan dan mengapa garis putus-putus ini muncul dan cara menghapusnya.

Ada beberapa contoh di mana Anda mungkin melihat garis putus-putus di Excel. Jika Anda mengatur lembar Anda untuk mencetak atau menggunakan Pratinjau Hentian Halaman, Anda akan melihat garis putus-putus untuk hentian halaman saat Anda kembali ke tampilan Normal. Selain itu, jika Anda berbagi spreadsheet dengan hak pengeditan, kolaborator dapat menambahkan batas dengan gaya garis putus-putus.

Berikut cara menghapus garis putus-putus di Excel untuk situasi ini.

Hapus Garis Bertitik Setelah Pratinjau Printer

Jika Anda mencetak lembar atau hanya melihat pratinjau cetaknya, Anda akan melihat garis putus-putus itu muncul saat Anda kembali ke lembar. Ini adalah indikator page break untuk spreadsheet Anda.

Untuk menghapus garis putus-putus, buka File > Options.

Ketika jendela Excel Options terbuka, pilih “Advanced” di sebelah kiri. Di sebelah kanan, gulir ke bawah ke bagian Opsi Tampilan untuk Lembar Kerja Ini. Hapus centang pada kotak Show Page Breaks dan klik “OK.”

Ketika jendela Opsi ditutup, Anda akan melihat garis putus-putus dihapus dari spreadsheet Anda.

Ikuti langkah yang sama untuk lembar tambahan di buku kerja Anda.

Hapus Garis Putus-putus Setelah Pratinjau Page Break

Lain kali ketika garis putus-putus muncul di lembar Excel adalah saat menggunakan Pratinjau Hentian Halaman dan kembali ke tampilan Normal darinya. Seperti pratinjau printer, Anda akan melihat baris untuk jeda halaman.

Saat Anda memasukkan Pratinjau Hentian Halaman pada tab Tampilan, Anda akan melihat garis biru solid dan putus-putus yang menunjukkan halaman terputus.

Untuk kembali ke tampilan Normal, pilih “Normal” pada tab Tampilan. Anda kemudian akan melihat bahwa garis putus-putus biru sekarang menjadi garis putus-putus hitam dan garis biru solid adalah garis hitam pekat.

Untuk menghapus garis-garis ini, ikuti langkah-langkah yang sama seperti di atas setelah penyiapan printer. Masuk ke File > Options, pilih “Advanced,” dan hapus centang pada kotak Show Page Breaks di bagian Display Options for This Worksheet.

Ketika jendela Options ditutup, indikator page break bertitik dan solid Anda akan hilang.

Mengubah Garis Putus-putus menjadi Solid Garis untuk Batas

Saat Anda berbagi buku kerja Excel dengan orang lain dan semua orang memiliki hak mengedit, Anda mungkin melihat perubahan saat membuka kembali buku kerja Anda. Salah satu perubahan ini mungkin termasuk batas di mana tidak ada sebelumnya atau batas sel putus-putus.

Excel menawarkan gaya garis yang berbeda untuk batas termasuk putus-putus dan padat. Anda dapat menghapus batas sepenuhnya atau memilih gaya garis padat daripada bertitik.

Pilih sel yang berisi batas. Kemudian, buka tab Beranda dan bagian Font pada pita. Klik kotak tarik-turun Perbatasan.

Untuk menghapus semua batas, pilih “Tanpa Batas”. Tindakan ini akan menghapus batas dari semua sel yang dipilih.

Untuk mengubah gaya garis, pindah ke Gaya Garis di bagian Gambar Batas pada menu tarik-turun. Di menu pop-out, pilih salah satu opsi garis padat.

Anda kemudian dapat memilih batas yang ingin Anda ubah menggunakan kursor yang sekarang ditampilkan sebagai pensil atau pilih gaya batas yang Anda inginkan dari menu tarik-turun Perbatasan.

Anda akan melihat batas dengan garis putus-putus yang diperbarui menjadi garis padat.

Terkadang hal-hal kecil yang muncul itulah yang paling mengganggu, terutama jika Anda tidak tahu dari mana asalnya. Sekarang setelah Anda mengetahui cara menghilangkan garis putus-putus di Excel, lihat juga cara menghapus garis kisi.

Itulah berita seputar Cara Menghapus Garis Putus-putus di Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.