Cara Menghapus Latar Belakang di GIMP

Menghapus latar belakang gambar dan membuatnya transparan atau mengubahnya ke warna lain adalah proses yang menantang bagi banyak orang. Untungnya, ada banyak aplikasi pengeditan foto yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini dengan cepat – salah satunya adalah GIMP.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara menggunakan GIMP untuk menghapus warna latar belakang dan mengedit latar belakang gambar.

Bagaimana untuk Menghapus Latar Belakang Color

GIMP memiliki beberapa alat kontrol warna fantastis yang dapat membantu Anda menghapus warna dari gambar dengan mudah. Begini caranya:
Buka gambar di GIMP dan buka menu “Layers”. Tambahkan “Alpha Channel” untuk transparansi. Dari Menu “Tool”, klik alat “Fuzzy Selection”. Pilih warna yang Anda inginkan hapus dan buat seleksi di sekitarnya.Klik “Hapus” untuk menghapus warna.
Warna latar belakang akan segera dihapus.

Cara Menghapus Latar Belakang dari Gambar

GIMP memungkinkan Anda menghapus latar belakang dari gambar. Untungnya, ada metode berbeda yang langsung dan mudah diikuti.

Alat Seleksi Fuzzy

Alat seleksi fuzzy adalah alat umum untuk menghapus latar belakang dari gambar di GIMP. Hal ini memungkinkan Anda untuk memilih bagian dari gambar dengan warna yang sama. Perhatikan bahwa Anda harus memilih titik awal yang baik untuk memilih latar belakang dengan benar. Jika tidak, Anda akan mendapatkan hasil yang berbeda dari yang diinginkan.
Pilih dan buka gambar yang ingin Anda hapus latar belakangnya.Tambahkan “Alpha Channel” dengan mengklik layer yang sedang Anda kerjakan atau buka “Dockable Dialogues” di “Lapisan.” Anda juga dapat menambahkan saluran alfa melalui menu “Tambah Saluran Alfa” di opsi transparansi. Pilih alat “Pilihan Fuzzy” atau klik “U.” Terapkan alat “Pilihan Fuzzy” pada latar belakang gambar dengan mengkliknya sampai Anda lihat perubahan yang diinginkan. Setelah pemilihan latar belakang, klik tombol “Hapus” untuk menghapus latar belakang gambar. Ulangi proses ini sampai Anda menghapus seluruh latar belakang gambar. Anda sekarang dapat menambahkan latar belakang pilihan Anda ke gambar, baik warna atau pola.Pilih “Simpan” untuk menerapkan perubahan.
Tindakan ini akan menghapus latar belakang gambar asli dan membuatnya transparan sehingga Anda dapat menyimpan gambar tanpa latar belakang atau mengisinya dengan latar belakang lain. Penting untuk memperbesar saat membuat pilihan untuk menghindari kesalahan. Jika ada bagian dari objek utama Anda yang terhapus, Anda dapat memperbaikinya menggunakan alat “Klon”.

Alat Pilih Gratis

Alat “Pilihan Bebas” mirip dengan alat “Lasso” di photoshop. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat pilihan secara bebas dengan memilih titik yang berbeda pada kanvas gambar atau menggambar garis poligonal di sekitar objek yang ingin Anda pertahankan.

Metode ini paling baik untuk objek sederhana dengan bentuk tertentu, karena memerlukan waktu dan kesabaran untuk membuat pilihan yang sempurna.
Pilih gambar yang ingin Anda hapus latar belakangnya. Tambahkan “Alpha Channel” dengan mengklik layer yang sedang Anda kerjakan. Buka menu “Tool” dan pilih alat “Fuzzy Select”. Pilih anchor point pertama pada gambar. Arahkan mouse Anda di sekitar objek yang ingin Anda ekstrak dari latar belakang. Pastikan Anda memilih jarak pendek untuk menghindari kesalahan. Klik pada titik pertama di mana Anda mulai menutup bentuk dan membuatnya menjadi pilihan. Balikkan seleksi dengan mengklik Menu “Pilih”. Pilih objek di luar latar belakang. Klik tombol ” Hapus” untuk menghapus latar belakang.
Sekarang Anda memiliki latar belakang transparan untuk diterapkan sesuai keinginan.

Alat Jalur

A “Alat Jalur” adalah alat penting untuk mengedit gambar di GIMP. Ini memungkinkan Anda untuk menentukan jalur dalam gambar dengan memilih wilayah. Perhatikan bahwa ini lebih merupakan cara manual untuk menghapus latar belakang gambar.

Metode ini memberi Anda hasil yang akurat, tetapi memakan waktu dan membutuhkan kesabaran. Paling baik digunakan pada gambar yang tidak memiliki kontras yang memadai antara latar belakang dan objek. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus latar belakang gambar dengan Path Tool di GIMP.
Buka gambar yang ingin Anda edit dan tambahkan “Alpha Channel.” Pilih “Path Tool” dari menu “Tools”. Sekarang klik berulang kali pada objek dalam gambar untuk memilih jalur atau menempatkan titik-titik individual yang digariskan pada objek. Perhatikan bahwa penting untuk memperbesar gambar saat membuat jalur. Buat garis lengkung dengan menyeret ke tengah garis dan gerakkan pegangan kanan atau kiri ke arah tengah garis. Klik pada titik terbaru. Tahan “Ctrl” pada titik pertama yang Anda buat secara bersamaan untuk menutup garis. Tekan “Enter” untuk membuat seleksi dengan garis. Buka “Menu.” Balikkan gambar untuk memilih latar belakangnya.Klik “Hapus” untuk menghapus latar belakang.
Alat Pilih berdasarkan Warna

Alat “Pilih BERDASARKAN Warna” memungkinkan Anda memilih warna serupa dalam gambar. Metode ini sedikit lebih mudah daripada metode lain yang diuraikan di atas. Setelah Anda memilih titik awal, maka secara otomatis akan memilih semua piksel dengan warna yang sama di seluruh kanvas gambar.
Aktifkan alat “Pilih berdasarkan Warna” pada Menu “Alat” atau gunakan “Shift + O” untuk mengaktifkannya lebih cepat. pastikan untuk mengaktifkan opsi draw mask dan anti-aliasing. Buka gambar yang ingin Anda hapus gambar latar belakangnya. Tambahkan “Alpha Channel” dan aktifkan opsi “Feather Edges”. Pilih titik awal pada gambar. Ini akan memilih warna yang mirip dengan yang ada di titik awal yang Anda pilih. Klik “Hapus,” dan ulangi prosesnya sampai Anda menghapus seluruh latar belakang. Sekarang Anda telah menghapus latar belakang asli gambar, Anda dapat menggantinya dengan apa pun yang Anda pilih.
Alat Pilih Latar Depan

Alat “Pilihan Latar Depan” memungkinkan Anda membedakan latar belakang dan latar depan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Begini cara melakukannya:
Buka gambar yang ingin Anda hapus latar belakangnya. Ketuk alat “Pilihan Latar Depan” dari Menu “Alat”. Klik kiri dan tahan tombol saat Anda menelusuri garis tepi latar depan. Klik ” Enter” untuk membuat latar depan pilihan, dan kemudian gambar akan berubah menjadi biru. Klik dan tahan tombol kiri pada mouse Anda lagi, dan terapkan melalui latar depan yang dipilih. Pastikan Anda hanya memilih warna yang ingin Anda pilih dan hindari warna latar belakang. Lepaskan tombol kiri mouse, dan area yang tidak dipilih akan berwarna biru. Ketuk tombol “Enter” untuk melihat pratinjau pilihan latar depan Anda .Jika Anda puas dengan itu, klik “Pilih” di jendela pemilihan latar depan. Untuk menghapus latar belakang, klik “Pilih” di menu atas dan balikkan pilihan. Klik “Hapus” untuk menghapusnya.
Tinywow

TinyWow adalah alat online tanpa kerumitan yang berfungsi untuk menghapus gambar latar belakang. Juga, ini berisi alat konversi file gratis serta banyak alat pdf.

Berikut adalah langkah-langkah tentang cara menghapus latar belakang menggunakan TinyWow: 
Buka browser favorit Anda dan kunjungi TinyWow.comArahkan mouse Anda ke tab “Gambar” dan klik “Gambar Latar Belakang” Remover”. Klik “Unggah dari PC atau Ponsel Anda” atau “Seret beberapa file”. Setelah foto diunggah, Anda sekarang dapat mengklik tombol “Hapus”. Sekarang Anda dapat “Unduh” gambar yang telah berhasil menghapus gambar latar belakang .
Hapus Warna Latar Belakang Dengan Mudah

Apakah Anda seorang editor gambar profesional atau ingin mengedit beberapa foto keluarga, metode yang diuraikan di atas akan membantu Anda menghapus latar belakang gambar apa pun. Selain itu, Anda dapat menggunakan beberapa alat lain untuk berhasil menghapus latar belakang dari suatu gambar, seperti “Alpha Channel Mask” dan “Layer Mask.”

Pernahkah Anda mencoba menghapus warna latar belakang menggunakan GIMP? Jika ya, apakah Anda menggunakan salah satu metode dari artikel ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.