Cara Menghapus Perbatasan di Microsoft Word

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Banyak elemen dalam dokumen Word dapat memiliki batas, baik secara default atau ditambahkan oleh kolaborator. Dari halaman ke kotak teks ke tabel, kami akan menunjukkan cara menghapus jenis batas ini di Microsoft Word.

Menghapus Perbatasan Halaman

Perbatasan halaman harus ditambahkan secara manual di Word. Jadi, jika Anda sedang mengerjakan dokumen dengan orang lain yang telah menambahkan batas halaman yang ingin Anda hapus, itu hanya membutuhkan waktu satu menit.

Buka tab Desain dan klik “Perbatasan Halaman” di bagian Latar Belakang Halaman pada pita.

Saat kotak Borders and Shading terbuka, pilih tab Page Border. Di sebelah kiri di bawah Pengaturan, pilih “Tidak Ada.”

Di kanan bawah di bawah Terapkan Ke, gunakan kotak tarik-turun untuk memilih halaman mana yang akan dihapus batasnya, tergantung di mana mereka ditempatkan. Anda dapat memilih seluruh dokumen, bagian saat ini, atau bagian saat ini untuk halaman pertama atau semua halaman kecuali halaman pertama.

Klik “OK” dan batas halaman Anda akan hilang.

Hapus Batas Kotak Teks

Ketika Anda menambahkan kotak teks ke Dokumen Word, itu termasuk perbatasan secara default. Anda mungkin ingin menghilangkan batas sehingga teks menyatu dengan dokumen Anda dengan lebih baik.

Pilih kotak teks dan buka tab Format Bentuk. Di bagian Gaya Bentuk pada pita, klik kotak turun bawah Kerangka Bentuk. Pilih “Tidak Ada Garis Besar”.

Anda kemudian akan melihat batas kotak teks Anda menghilang. Untuk menemukan tepi kotak teks jika Anda ingin mengubah ukuran atau memindahkannya, cukup pilih tempat di teks. Anda kemudian akan melihat garis putus-putus di sekitar kotak teks.

Menghapus Batas Bentuk

Beberapa bentuk yang Anda gambar di Word mungkin menyertakan batas secara default juga. Anda dapat menghapus batas yang mirip dengan cara Anda menghapus batas dari kotak teks.

Pilih bentuk dan buka tab Format Bentuk. Klik kotak drop-down Shape Outline dan pilih “No Outline.”

Dan begitu saja, batas bentuk dihapus.

Menghapus Batas Tabel

Serupa dengan kotak teks dan bentuk, tabel di Word menyertakan batas secara default. Meskipun ini adalah cara yang bagus untuk menyusun data dalam dokumen, Anda mungkin tidak menginginkan batas sama sekali.

Perhatikan bahwa saat Anda menghapus batas tabel, Anda akan melihat batas garis putus-putus sebagai gantinya . Ini hanya untuk menunjukkan kerangka tabel tetapi tidak muncul jika Anda mencetak dokumen.

Anda memiliki dua cara untuk menghapus batas tabel di Word.

Gunakan tab Desain Tabel

Pilih tabel dan buka tab Desain Tabel. Di sisi kanan pita, pilih panah turun bawah Batas di bagian Batas pada pita. Pilih “Tanpa Batas” dalam daftar.

Gunakan Properti Tabel

Klik kanan tabel dan pilih “Properti Tabel” di menu pintasan.

Pada jendela Properti Tabel yang muncul, konfirmasikan bahwa Anda berada di tab Tabel dan klik “Perbatasan dan Shading” di kanan bawah.

Di bawah Pengaturan di sebelah kiri, pilih “None” lalu klik “OK.”

Klik “OK” untuk menutup jendela Table Properties dan border akan hilang.

Hapus Perbatasan Gambar

Seperti batas halaman, perbatasan gambar adalah sesuatu yang harus Anda tambahkan secara manual di Word. Mungkin orang lain menambahkan batas yang ingin Anda hapus.

Pilih gambar dan buka tab Format Gambar. Klik panah turun bawah Picture Border di bagian Picture Styles pada pita. Pilih “Tanpa Garis Besar.”

Anda kemudian akan melihat batas gambar menghilang.

Perhatikan bahwa jika batas merupakan bagian dari gambar dan tidak ditambahkan sekali dalam dokumen Word, Anda tidak akan dapat menghapusnya di Word. Gunakan editor gambar Anda untuk menghilangkan batas dan kemudian masukkan kembali gambar ke dalam dokumen Anda.

Menghapus Batas Bagan

Bila Anda menyertakan bagan di Word menggunakan tab Sisipkan, bagan memiliki batas secara default. Sekali lagi, ini mungkin bukan sesuatu yang ingin Anda tampilkan di dokumen Anda.

Klik kanan bagan dan pilih “Format Area Bagan” di menu pintasan.

Saat bilah sisi terbuka, pilih “Opsi Bagan ” di bagian atas lalu buka opsi Fill & Line. Luaskan bagian Perbatasan dan tandai opsi untuk Tanpa Garis di bagian atas.

Anda kemudian dapat menggunakan X di kanan atas bilah samping untuk menutupnya dan akan melihat bagan Anda menjadi tanpa bingkai.

Apakah Anda memiliki dokumen dengan batas atau dokumen elemen seperti gambar atau bagan, ingat bahwa Anda memiliki opsi untuk menghapus batas itu untuk mendapatkan tampilan yang Anda inginkan.

Itulah berita seputar Cara Menghapus Perbatasan di Microsoft Word, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.