Cara Menghapus Transparansi di Gimp

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Sebagai seniman grafis — profesional atau pemula — terkadang Anda perlu menghapus latar belakang dari sebuah gambar. Mungkin Anda perlu menempatkan logo di atas foto, tetapi itu akan membutuhkan latar belakang transparan agar terlihat pas. Tanpa itu, proyek Anda tidak akan memiliki tampilan profesional yang Anda inginkan.

Dengan GIMP, Anda dapat menghapus latar belakang dan membuatnya transparan. Apakah Anda tahu bagaimana melakukan ini? Jika tidak, maka artikel ini akan menunjukkan caranya. Kami akan membahas proses untuk proyek sederhana dan lebih detail.

Menghapus Transparansi

Anda mungkin percaya bahwa yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakan alat penghapus untuk menghapus latar belakang. Menggunakan alat hapus hanya melukis dengan warna latar belakang yang dipilih dan tidak membuat latar belakang transparan. Untuk menghapus transparansi, Anda harus membuat saluran alfa.

Gambar digital biasanya dibuat dari tiga saluran warna; merah, hijau, dan biru. Kombinasi ketiga saluran ini memberi kita gambar RGB, gambar yang terbuat dari tiga warna ini. Saluran alfa, bagaimanapun, memungkinkan GIMP untuk melacak area gambar yang transparan atau buram. Dengan menambahkan saluran alfa, Anda dapat menghapus ke transparansi.

Untuk mempelajari cara melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka file GIMP yang ingin Anda hapus latar belakangnya dan buat transparan.Klik menu “Layer” dari bagian atas layar. Pilih “Transparency,” dan kemudian dari submenunya, pilih “Add Alpha Channel.” Pilih alat “Fuzzy Select” dari kotak alat di sisi kanan layar. Selanjutnya, klik area yang Anda inginkan untuk menghapus. Untuk beberapa area, Anda dapat menahan tombol “Shift” pada keyboard dan mengetuk untuk menambahkan area lain. Pilih “Edit” dari menu tarik-turun, lalu pilih “Hapus”.
Gambar Anda sekarang akan memiliki latar belakang transparan. Apa yang sebelumnya ada akan berubah menjadi kotak-kotak hitam dan abu-abu yang menunjukkan bahwa itu transparan. Saat menyimpan gambar ini, Anda akan ingin menyimpannya sebagai file PNG untuk mempertahankan lapisan transparannya.

Cara Menghapus Transparansi untuk Objek yang Lebih Detail

Metode di atas bekerja dengan baik dengan gambar sederhana seperti logo yang merupakan desain dasar dan mudah- untuk menentukan latar belakang. Tetapi jika Anda memiliki gambar yang lebih detail dan Anda ingin latar belakang transparan, itu akan membutuhkan lebih banyak usaha. Untungnya, ini dapat dicapai dengan metode yang mirip dengan yang kami jelaskan di atas. Jika metode di atas tidak berhasil untuk gambar Anda, gunakan metode yang dijelaskan di bawah ini.
Buka file GIMP yang ingin Anda jadikan latar belakang transparan. Dari menu atas, pilih “Layer.” Selanjutnya, pilih “Transparency,” lalu pilih “Add Alpha Channel” dari submenu. Klik alat “Free Select” dari toolbox di sisi kanan layar. Ini menyerupai laso. Ketuk di tepi objek yang ingin Anda simpan. Gerakkan mouse Anda di sekitar objek dan ketuk saat Anda perlu mengubah sudutnya. Lanjutkan hingga Anda memilih seluruh objek yang ingin Anda simpan. Selanjutnya, pilih “Select” dari menu atas dan kemudian “Invert.” Ini akan mengubah pilihan ke area yang Anda inginkan menjadi transparan. Klik “Edit” dari menu atas dan kemudian pilih “Hapus” dari menu drop-down.
Latar belakang sekarang akan menampilkan pola kotak-kotak hitam dan abu-abu yang berarti sekarang transparan. Saat menggunakan alat Pilih Gratis, Anda mungkin ingin memperbesar dan menambahkan node sebanyak yang Anda butuhkan. Node adalah titik jangkar untuk memilih objek, dan Anda dapat mengatur titik jangkar ini di sekitar objek saat Anda perlu mengubah sudut garis.

Perhatikan bahwa untuk menyimpan transparansi gambar, Anda harus menyimpannya sebagai file PNG.

FAQs
Jika alat penghapus tidak membuat latar belakang transparan, untuk apa itu digunakan?

Pada tingkat yang paling dasar, alat Penghapus GIMP digunakan untuk menghapus bagian gambar yang tidak diinginkan. Ini juga dapat digunakan untuk mengaburkan objek atau memudarkan bagian, dan dapat digunakan sebagai kuas. Namun, itu tidak digunakan untuk menghapus transparansi.

Ini juga memiliki fungsi kebalikan yang disebut Anti-hapus. Ini digunakan untuk menghapus area gambar, tetapi hanya dapat digunakan pada lapisan yang memiliki saluran alfa.

Gunakan Saluran Alfa untuk Menghapus Transparansi

Tidak peduli seberapa rumit atau detail suatu objek, Anda selalu dapat menghapus latar belakang dan membuatnya transparan. Dengan menggunakan alat GIMP Fuzzy Select atau Free Select, Anda dapat memilih area dan membuatnya transparan. Tetapi kuncinya adalah pertama-tama tambahkan saluran alfa. Menggunakan alat Hapus tidak akan mencapai apa yang Anda butuhkan.

Apakah Anda pernah menggunakan GIMP untuk menghapus transparansi? Apakah Anda mengikuti metode yang sama yang diuraikan dalam artikel ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.