Cara Menghemat Storage Aplikasi Mail di MacOS

Menggunakan aplikasi Mail Apple di Mac? Anda mungkin kehilangan gigabyte ruang dari lampiran yang dapat Anda manfaatkan dengan lebih baik. Inilah yang dapat Anda lakukan.

Pertama, Periksa Berapa Banyak Ruang yang Digunakan Mail

Secara default, aplikasi Mail ingin menyimpan semua email dan lampiran yang pernah Anda terima secara offline. Ini bisa memakan ruang puluhan gigabyte jika Anda memiliki banyak email. Di Mac dengan hard drive besar, ini bukan masalah besar. Namun di MacBook dengan SSD 128 GB, ini bisa menjadi pemborosan ruang yang signifikan.

Untuk melihat berapa banyak ruang yang mungkin Anda buang pada lampiran email, Anda harus memeriksa sumbernya. Setiap akun pengguna di Mac Anda memiliki direktori Mail di folder Library—yaitu ~/Library/Mail , atau /Users/[NAME]/Library/Mail . Di sinilah aplikasi Mail menyimpan datanya untuk setiap pengguna.

Untuk melihatnya, buka Finder, klik “Go” di bilah menu, dan pilih “Go to Folder.” Ketik ~/Library ke dalam kotak dan tekan Return. Temukan folder Mail, klik kanan atau Control-klik, dan pilih “Dapatkan Info.” Anda akan melihat berapa banyak ruang yang digunakan oleh aplikasi Mail untuk akun pengguna Anda, tercantum di bawah “Ukuran.”

Setelah selesai, tutup jendela Info Email dan jendela Perpustakaan di Finder. Jika Anda mendapati bahwa Mail menggunakan lebih banyak ruang daripada yang Anda harapkan, inilah saatnya untuk mengambil tindakan.

Opsi 1: Membersihkan Lampiran Mail Menggunakan CleanMyMac

Yang biasanya menghabiskan paling banyak ruang di kotak surat Anda adalah semua lampiran (seperti file ZIP, gambar, atau video), banyak di antaranya mungkin Anda simpan di tempat lain di Mac Anda saat pertama kali menerimanya jika itu penting. Jadi, kecuali Anda menyimpan arsip email historis untuk alasan pribadi atau hukum, biasanya aman untuk menghapusnya.

Tidak banyak opsi untuk menghapus lampiran email Anda dari salinan lokal sambil meninggalkannya di server, tetapi untungnya ada bagian dari perangkat lunak yang melakukan ini. CleanMyMac X memiliki alat yang akan melihat email Anda dan menemukan lampiran besar. Dengan asumsi Anda menggunakan IMAP (yang merupakan default), itu akan meninggalkan lampiran di server dan hanya menghapus salinan lokal.

Peringatan: Sebelum menghapus apa pun di Mac Anda, pastikan Anda memiliki cadangan jika Anda tidak sengaja menghapus sesuatu yang penting karena kesalahan .

CleanMyMac X memiliki banyak alat lain untuk membantu Anda membersihkan Mac Anda, jadi jika Anda mencoba mencari cara untuk mengosongkan beberapa ruang disk, itu pasti dapat membantu Anda.

Tidak ada gunanya Anda menggunakan “Rincian Tinjauan ” di aplikasi untuk memastikan Anda hanya menghapus hal-hal yang tidak Anda perlukan secara lokal. Dan pastikan Anda benar-benar memiliki cadangan barang-barang terpenting Anda sebelum menghapus apa pun.

Opsi 2: Kurangi Storage dari Mail.app

Mail folder perpustakaan sering tumbuh begitu besar karena unduhan aplikasi Mail setiap email dan lampiran untuk menyimpannya di Mac Anda. Ini membuatnya dapat diakses sepenuhnya secara offline dan memungkinkan Spotlight untuk mengindeksnya untuk pencarian yang mudah. Namun, jika Anda memiliki gigabyte email di akun Gmail atau di tempat lain, Anda mungkin tidak ingin semuanya ada di Mac.

Untungnya, Anda dapat menghemat ruang dengan memberi tahu Mail untuk tidak mengunduh lampiran secara otomatis. Untuk melakukannya, buka Aplikasi Mail dan pilih “Preferensi” di bawah menu “Mail” di bilah di bagian atas layar. Saat jendela preferensi terbuka, klik “Akun.” Selanjutnya, klik menu tarik-turun di samping “Unduh Lampiran” dan pilih “Tidak Ada”.

Setelah disetel, lampiran email tidak akan diunduh secara otomatis, tetapi akan disimpan secara online sampai Anda membutuhkannya.

Jika gagal, Anda hanya dapat berharap untuk mengontrol jumlah pesan yang diunduh Mail melalui pengaturan server di server email Anda. Misalnya, Gmail menawarkan setelan yang dapat “menyembunyikan” email dari aplikasi Mail dan klien email lain yang mengaksesnya melalui IMAP.

Untuk mengakses setelan ini, buka Gmail di antarmuka web Anda, klik menu perkakas, pilih “Lihat Semua Setelan, ” dan klik tab Penerusan dan POP/IMAP. Di bawah “Batas Ukuran Folder,” Anda dapat memilih opsi di sebelah kanan “Batasi folder IMAP agar tidak berisi lebih dari banyak pesan ini.” Ini akan mencegah aplikasi Mail melihat dan mengunduh semua email Anda.

Layanan email lain mungkin memiliki opsi serupa.

Anda juga secara teoritis dapat menghentikan Mail menggunakan IMAP dan memasangnya untuk menggunakan POP3 dan SMTP untuk menerima dan mengirim email. Anda kemudian dapat menghapus email dari aplikasi Mail Anda dan mereka akan dihapus di komputer Anda, tetapi tidak di server email Anda. POP3 benar-benar tidak ideal untuk sistem email modern, tetapi ini akan memberi Anda pemberitahuan email dengan Mail dan memungkinkan Anda mengirim pesan darinya sambil meninggalkan arsip hanya di server email Anda. Silakan Beralih ke IMAP Today

Option 3: Singkirkan Mail dan Gunakan Sesuatu yang Lain

Tidak ada cara untuk sepenuhnya menonaktifkan perilaku pemborosan ruang Mail, jadi Anda mungkin ingin berhenti menggunakan aplikasi Mail secara bersamaan. Kemudian Anda dapat menghapus gigabyte data yang di-cache secara lokal, dan Mail tidak akan mencoba mengunduh email lagi.

Alih-alih aplikasi Mail, Anda dapat menggunakan antarmuka berbasis web layanan email—misalnya, Gmail di web untuk pengguna Gmail . Anda juga dapat mencari klien email pihak ketiga di Mac App Store atau di tempat lain. Klien email lain harus menawarkan opsi untuk menyimpan lebih sedikit email secara offline dan membatasi ukuran cache ke ukuran yang dapat dikelola.

Untuk berhenti menggunakan aplikasi Mail, nonaktifkan atau hapus akun email Anda terlebih dahulu. Klik menu “Mail” di aplikasi Mail dan pilih “Akun.” Hapus centang pada opsi Mail untuk akun yang tidak lagi ingin Anda gunakan dengan Mail. Mail akan berhenti mengunduh email dari akun tersebut.

Tapi ini tidak cukup! Nonaktifkan akun email, dan email tidak akan muncul lagi di aplikasi Mail, tetapi masih disimpan di cache offline Anda. Anda dapat menghapus folder untuk mengosongkan ruang.

Peringatan: Sebelum menghapus email di Mac, pastikan Anda memiliki cadangan jika Anda tidak sengaja menghapus email penting secara tidak sengaja. Jika email belum ada di server, Anda tidak akan bisa mendapatkannya kembali!

Untuk melakukannya, buka Finder, klik menu “Go”, dan pilih “Go to Folder.” Colokkan  ~/Library/Mail/V2 ke dalam kotak dan tekan Return. Klik kanan atau Control-klik folder dengan nama akun email Anda dan pilih “Pindahkan ke Sampah.” Anda kemudian dapat mengosongkan sampah Anda untuk mengosongkan semua gigabytes tersebut.

Jika Anda memiliki beberapa akun email dengan email cache yang ingin Anda hapus, Anda harus menghapus setiap folder yang sesuai. Anda akan kehilangan semua salinan offline email Anda jika melakukan ini, tetapi itu akan tetap disimpan di server email Anda jika Anda menggunakan layanan email modern.

Setelah selesai, tutup folder Perpustakaan Email di Finder.

Other orang punya triknya masing-masing. Beberapa orang menyarankan untuk membuat akun email terpisah yang dapat Anda gunakan untuk mengarsipkan email. Teruskan semua email Anda di sana, lalu hapus dari akun email “berfungsi” yang Anda simpan di Mail untuk menghemat ruang saat Anda tidak lagi membutuhkannya. Tapi itu solusi hack yang kotor, dan jika Anda perlu melangkah sejauh itu, Anda mungkin hanya ingin menggunakan klien email yang berbeda. Semoga berhasil!

Itulah berita seputar Cara Menghentikan Aplikasi Mail Mac Anda Dari Membuang-buang Gigabytes Ruang, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.