Cara Menghentikan Chrome Membuka File PDF di Browser

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Penampil PDF bawaan Google Chrome memungkinkan akses instan ke file PDF apa pun yang Anda temukan secara online. Sayangnya, penampil ini terkadang merusak tautan PDF dan tidak memiliki fitur aplikasi mandiri yang digunakan untuk tujuan yang sama. Selain itu, Anda mungkin ingin melewatkan melihat file dan langsung mengunduh. Terlepas dari masalah Anda dengan penampil PDF Google Chrome, Anda dapat dengan mudah mencegahnya membuka file Anda. Teruslah membaca untuk mempelajari caranya.

Menghentikan Chrome Secara Otomatis Membuka PDF

Saat penampil PDF Google Chrome diaktifkan, PDF apa pun yang Anda klik secara online akan terbuka secara otomatis. Akibatnya, Anda harus menyelesaikan langkah lain untuk mengunduh PDF Anda. Selain itu, fitur ini bisa rumit karena mudah untuk lupa mengunduh file jika Anda sudah melihatnya secara online, memaksa Anda untuk mencari file lagi nanti ketika Anda menutup tab.

Jika Anda ingin menghindari membuang-buang waktu dan unduh file PDF secara langsung alih-alih membukanya di Google Chrome, berikut yang harus dilakukan:
Klik ikon menu tiga titik di sudut kanan atas jendela Google Chrome.Pilih “Pengaturan” dari menu tarik-turun.Navigasi ke tab “Privasi dan keamanan” di panel kiri. Gulir ke bawah ke tab “Pengaturan situs” di bawah bagian “Privasi dan keamanan”. Buka bagian bawah halaman dan klik opsi “Pengaturan konten tambahan”. Ketuk tab “Dokumen PDF”. Di bawah bagian “Perilaku default”, centang kotak “Unduh PDF”.
Dengan opsi ini diaktifkan, Google Chrome akan berhenti membuka file PDF secara otomatis di jendela browser. Sebagai gantinya, itu akan mengunduh file ke PC Anda, di mana Anda dapat memilih aplikasi mana yang akan Anda gunakan untuk melihat dan mengeditnya.

Stop Chrome Membuka PDF Setelah Mengunduh

Bahkan ketika Google Chrome disetel untuk mengunduh file PDF secara langsung, terkadang Google Chrome akan membuka file secara otomatis setelah menyimpannya ke PC Anda. Jika Anda ingin menghilangkan otonomi Google Chrome terkait file PDF sama sekali, ikuti langkah-langkah berikut:
Unduh file PDF yang diinginkan.Klik kanan file yang diunduh di bagian “Unduhan Terbaru”. Hapus centang pada opsi “Selalu buka dengan [Penampil Sistem]” .
Tindakan ini akan berlaku untuk semua unduhan PDF di masa mendatang. Jadi, lain kali Anda mengunduh file PDF, Google Chrome tidak akan secara otomatis meluncurkan penampil PDF default.

Menghentikan Chrome Dari Membuka PDF di Tab Baru

Jika penampil PDF Google Chrome adalah satu-satunya aplikasi semacam ini di PC Anda, itu akan secara otomatis buka file PDF di tab baru. Hal yang sama berlaku jika penampil ini disetel sebagai program default untuk melihat PDFs.

Sayangnya, penampil ini hanya menawarkan opsi terbatas saat bekerja dengan file PDF. Yaitu, Anda tidak akan dapat melakukan lebih banyak lagi selain melihat file dan memperbesar dan memperkecil. Jika Anda ingin mengedit file PDF Anda atau memiliki akses ke daftar fitur yang lebih luas, Anda harus mengunduh aplikasi penampil PDF mandiri. Beberapa opsi yang paling populer termasuk:
Adobe Acrobat ReaderNitro PDF ProFoxit PDF Editor
Setelah mengunduh program yang Anda suka, Anda harus mengaturnya sebagai program default untuk membuka file PDF, menggantikan penampil Google Chrome secara efektif. Begini caranya:
Klik kanan file PDF apa pun di PC Anda. Arahkan ke opsi “Buka dengan” di menu tarik-turun. Pilih opsi “Pilih aplikasi lain …”. Di jendela sembul, centang opsi “Selalu gunakan aplikasi ini untuk membuka kotak.File PDF”, jika perlu.Klik pada penampil PDF pilihan.
Mulai sekarang, semua file PDF akan diluncurkan di penampil PDF yang dipilih. Anda selalu dapat kembali membukanya oleh Google Chrome dengan memilihnya di Langkah 5 atau memilih aplikasi alternatif yang memenuhi semua kebutuhan PDF Anda.

Tidak Ada Program yang Lebih Tidak Efisien

Kerugian menggunakan penampil PDF bawaan Google Chrome jauh melampaui beberapa keuntungan ini penawaran program. Dengan mengingat hal ini, kebanyakan orang akan mendapat manfaat dari menonaktifkannya untuk unduhan PDF di masa mendatang.

Jika Anda ingin sepenuhnya menghilangkan penampil yang terkadang tidak praktis ini, Anda harus menggantinya sebagai program default dan menghentikannya dari membuka file PDF secara otomatis sebelum dan setelah diunduh. Untungnya, semua tindakan ini cukup mudah, memungkinkan Anda untuk mengucapkan selamat tinggal pada penampil PDF Chrome dalam beberapa klik sederhana.

Apakah Anda memiliki masalah dengan penampil PDF Google Chrome? Penampil PDF mana yang menjadi pilihan Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.