Cara Menghentikan Email Dari Pergi ke Spam di Gmail

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Kotak masuk Gmail Anda dapat terisi dengan cepat, dan paling sering, email yang Anda terima adalah promosi dan iklan. Gmail menggunakan berbagai filter prasetel untuk menentukan apakah email yang Anda terima di kotak masuk utama Anda asli atau spam. Meskipun sistem ini sebagian besar berfungsi, masalah terjadi saat email yang berpotensi penting langsung masuk ke folder spam Anda. Untungnya, ada beberapa metode berbeda yang dapat Anda gunakan untuk mencegah email masuk ke spam.

Dalam artikel ini, kita akan berbicara tentang cara menghentikan email masuk ke spam di Gmail. Kami juga akan menunjukkan cara mengatasi masalah ini di aplikasi seluler Gmail.

Cara Mencegah Email Menjadi Spam di Gmail di PC

Ada banyak alasan mengapa email ditandai sebagai spam di Gmail. Sebagian besar email masuk ke spam karena filter spam yang telah ditentukan sebelumnya dari Gmail. Dalam kebanyakan kasus, itu adalah sesuatu yang lebih jelas, seperti email yang berisi tautan promosi atau kata-kata “berisi spam”. Jika orang tersebut mengirim email yang sama ke sejumlah besar penerima, semua email mungkin akan langsung masuk ke spam. Alamat email palsu dan pesan dari pengirim yang tidak terkonfirmasi juga dapat memiliki label peringatan spam.

Jika email tidak lulus uji spam, email tersebut akan secara otomatis dikirim ke folder spam yang ditentukan di akun Gmail Anda. Anda bahkan tidak akan menerima pemberitahuan saat ini terjadi. Bahkan email yang Anda kirim bisa berakhir di spam orang lain. Ini dapat terjadi jika alamat IP Anda telah ditandai sebagai spam oleh Google atau penerima. Ini juga dapat terjadi jika ada kesalahan ketik pada email atau jika ada masalah dengan header.

Jika Anda menerima email penting yang masuk ke spam 30 hari yang lalu, email tersebut akan dihapus secara otomatis. Itu sebabnya jika Anda mengharapkan email penting dan tidak dapat menemukannya, selalu disarankan Anda memeriksa folder spam Anda kalau-kalau email itu berakhir di sana. Meskipun ini saran yang bagus, ada beberapa cara yang lebih mudah untuk mencegah email masuk ke spam di Gmail.

Yang pertama adalah dengan membuat filter ubahsuaian. Namun, Anda harus melakukan ini untuk satu alamat email sekaligus. Lebih khusus lagi, jika Gmail terus mengirimkan email dari satu pengguna ke spam, Anda dapat memastikan hal ini tidak terjadi lagi. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui caranya:
Buka Gmail dan masuk ke akun Anda. Ketik “dari:” dan alamat email yang tidak ingin Anda masuki spam di bilah pencarian di bagian atas layar. Anda juga dapat menambahkan nama domain pengguna.Klik ikon filter di sisi kanan bilah pencarian.Arahkan ke tombol “Buat filter”.Centang kotak “Jangan pernah kirim ke Spam”.Lakukan hal yang sama untuk ” Juga terapkan filter ke kotak percakapan yang cocok. Klik tombol “Buat Filter” lagi.
Itu saja. Jika Anda hanya mencentang kotak pertama, email apa pun yang dikirim dari alamat yang Anda ketikkan tidak akan masuk ke spam lagi. Namun, jika Anda ingin menghapus email sebelumnya dari orang ini dari folder spam, Anda juga perlu mencentang kotak kedua.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda harus mengulangi proses ini untuk setiap alamat email yang tidak ingin Anda tuju ke spam. Fitur filter cukup nyaman karena memungkinkan Anda mengelola kotak masuk dengan berbagai cara lain. Misalnya, Anda dapat menggunakannya untuk mengarsipkan email secara otomatis, menghapusnya, meneruskannya ke alamat lain, atau menambahkannya ke kategori.

Ada cara lain untuk membuat filter spam, dan melalui pengaturan Gmail. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Buka Gmail. Buka ikon “Pengaturan” di sudut kanan atas layar. Klik tombol “Lihat semua pengaturan” pada menu drop-down. Pilih “Filter dan Diblokir Alamat” di bagian atas layar. Navigasikan ke “Buat filter baru”. Masukkan alamat email tempat filter akan diterapkan. Anda juga dapat menambahkan kata-kata spesifik yang mungkin terdapat dalam email dan detail lainnya. Buka “Buat filter”. Klik kotak “Jangan pernah kirim ke spam” dan “Terapkan juga filter ke percakapan yang cocok”. Pilih tombol “Buat filter” lagi.
Metode kedua untuk mencegah email masuk ke spam di Gmail mengharuskan Anda untuk menghapus email sebelumnya dari folder spam secara manual. Begini caranya:
Buka Gmail dan masuk ke akun Anda.Klik opsi “Lainnya” di sidebar kiri.Lanjutkan ke folder “Spam”.Cari email yang ingin Anda hapus dari folder spam.Centang kotak di sebelah alamat email. Pilih opsi “Bukan spam” di atas email.
Anda juga dapat mengeklik email tersebut dan mengeklik opsi “Laporkan bukan spam”. Setelah Anda melakukan ini, email apa pun di masa mendatang dari alamat email ini tidak akan menjadi spam lagi.

Gmail menyarankan Anda untuk menambahkan pengguna ke daftar kontak Anda untuk mencegah email mereka masuk ke spam. Gmail tidak pernah mengirimkan email dari kontak Anda ke spam. Membuat kontak Gmail baru itu sederhana, dan Anda hanya perlu beberapa saat. Begini caranya:
Buka Google Kontak.Masuk ke akun Google Anda jika Anda belum melakukannya.Klik tombol tambah di pojok kanan bawah.Pilih “Buat kontak”.Masukkan informasi kontak, seperti milik pengguna nama depan, nama belakang, email, dan lainnya. Klik tombol “Simpan” di pojok kanan atas layar.
Anda juga dapat menambahkan lebih dari satu kontak sekaligus dengan memilih “Buat beberapa kontak”. Cara lain untuk menambahkan seseorang ke Google Kontak Anda adalah langsung dari email. Saat Anda membuka email yang Anda terima dari mereka, klik alamat email mereka. Ikon kontak akan muncul di jendela pop-up, dari mana Anda dapat mengisi informasi dasar tentang orang itu dan menyimpannya ke kontak Anda.

Semua metode ini sangat mudah, dan mereka akan menghemat waktu Anda dari keharusan memeriksa spam Anda map. Belum lagi Anda tidak akan mengambil risiko kehilangan email penting lagi.

Cara Mencegah Email Masuk ke Spam di Gmail di Perangkat Seluler

Anda juga dapat mencegah email masuk ke folder spam di Gmail di ponsel Anda. Perlu diingat bahwa aplikasi seluler Gmail tidak menawarkan banyak solusi untuk mencegah email masuk ke spam. Misalnya, Anda tidak dapat membuat filter khusus di aplikasi seluler. Itulah mengapa lebih baik mengikuti langkah-langkah dari bagian sebelumnya di komputer Anda.

Karena itu, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk meminimalkan kemungkinan email masuk ke spam. Pertama, kami akan menunjukkan cara menetapkan email sebagai non-spam, sehingga email dari alamat yang sama tidak akan masuk ke spam di masa mendatang. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:
Buka aplikasi Gmail di ponsel Anda. Ketuk tiga garis horizontal di pojok kanan atas. Buka folder “Spam”. Temukan email yang seharusnya tidak diberi label sebagai spam. Ketuk pada opsi “Laporkan bukan spam”.
Hanya itu saja. Lain kali Anda menerima email dari alamat email ini, itu tidak akan masuk ke spam lagi. Di beberapa ponsel, Anda mungkin harus mengetuk email lalu pergi ke tiga titik di pojok kanan atas. Opsi “Laporkan bukan spam” akan ada di sana.

Meskipun Anda tidak dapat membuat filter untuk kontak di aplikasi seluler Gmail, Anda dapat menandai email sebagai penting. Untuk melakukan ini, cukup tahan dan tekan email hingga bidang menjadi biru. Ketuk tiga titik di pojok kanan atas dan pilih “Tandai sebagai penting”. Meskipun Anda hanya menandai satu email sebagai penting, Gmail akan mengenali alamat email ini pada saat mereka mengirimkan sesuatu kepada Anda dan menandai semuanya sebagai email penting di masa mendatang. terkadang salah dan mengirim email penting ke spam. Ada beberapa cara untuk mencegahnya, tetapi yang paling efisien adalah membuat filter untuk alamat email tertentu. Anda juga dapat menambahkan alamat email tersebut ke kontak Anda, dan Gmail tidak akan pernah mengirim email tersebut ke spam lagi.

Pernahkah Anda mencoba mencegah email masuk ke spam di Gmail sebelumnya? Metode apa yang Anda gunakan untuk mencapai ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.