Cara Menghidupkan Kembali Saat Penemuan Jaringan Dimatikan

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda perlu terhubung ke perangkat lain di jaringan Anda, Anda harus mengaktifkan fitur penemuan jaringan Microsoft Window. Sebagian besar perangkat Microsoft menawarkan opsi untuk terhubung ke perangkat lain (seperti printer) saat pertama kali Anda terhubung ke jaringan. Itu dapat mengarah pada asumsi bahwa pencarian jaringan selalu aktif. Dimatikan di Windows 11

Ada beberapa alasan mengapa penemuan jaringan dapat dimatikan di Windows 11. Beberapa di antaranya terkait dengan perangkat Anda sedangkan alasan lain mungkin ada hubungannya dengan firewall Anda. Berikut adalah tiga teknik pemecahan masalah untuk mencoba menghidupkan kembali penemuan jaringan.

Konfigurasikan Pengaturan Lanjutan Anda

Mengubah pengaturan lanjutan Anda mungkin menjadi kunci jika penemuan jaringan Anda tetap mati meskipun Anda berupaya untuk mengaktifkannya kembali. Pertama, Anda perlu menavigasi ke bagian Layanan Manajemen Komputer.
Klik kanan pada ikon menu Mulai Windows dan pilih “Manajemen Komputer” dari kotak pop-up. Temukan “Layanan dan Aplikasi”, lalu klik drop-down ikon yang melekat padanya. Pilih “Layanan” untuk membuka menu dalam tampilan yang diperluas. Anda dapat mengklik tombol “Standar” di bagian bawah pop-up untuk mengembalikan tampilan ini ke mode standar.
Selanjutnya, Anda akan memeriksa beberapa pengaturan lanjutan, dimulai dengan Server Nama Domain (DNS):
Navigasikan ke “Klien DNS ” pada halaman Layanan dan konfirmasikan bahwa itu mengatakan “Berjalan” di kolom Status. Periksa kolom Jenis Startup untuk mengonfirmasi bahwa itu diatur ke “Otomatis.”
Dengan status DNS Anda dikonfirmasi, Anda beralih ke layanan “Publikasi Sumber Daya Penemuan Fungsi” :
Sementara masih dalam kotak pop-up Layanan, cari “Function Discovery Resource Publication.” Itu harus beberapa baris di bawah “Klien DNS.” Periksa untuk melihat apakah kolom Jenis Startupnya bertuliskan “Manual”, “Otomatis”, atau “Dinonaktifkan”. Idealnya, itu harus membaca “Otomatis.” Jika kolom tidak mengatakan “Otomatis,” klik dua kali kata tersebut untuk membuka kotak pop-up properti. Tetap di tab “Umum” dan pilih “Otomatis” dari jenis Startup kotak tarik-turun.Klik “Terapkan”. Pilih “Mulai” untuk mengaktifkan fungsi ini. Anda akan melihat status Layanan berubah menjadi “Berjalan.”
Sekarang “Publikasi Sumber Daya Penemuan Fungsi” aktif, Anda akan melanjutkan untuk memeriksa status dan pengaturan startup untuk layanan “Penemuan SSDP”.
Tetap di “Layanan” area, gulir ke bawah ke “Penemuan SSDP”. Pastikan Statusnya “Berjalan” dan Jenis Startup adalah “Otomatis”. Jika Jenis Startup bukan “Otomatis”, klik dua kali “Penemuan SSDP” dan arahkan ke “Umum” tab.Pilih “Otomatis” dari kotak drop-down jenis Startup.Klik “Terapkan.”
Pengaturan lanjutan terakhir yang harus diperiksa adalah layanan “Host Perangkat UPnP”:
Cari “Host Perangkat UPnP” di bagian “Layanan” Manajemen Komputer .Periksa apakah Jenis Startup-nya adalah “Otomatis”. Jika tidak, klik dua kali “Host Perangkat UPnP.” Buka tab “Umum” dan pilih “Otomatis” dari drop-down jenis Startup. Pilih “Terapkan.”
Dengan semua fungsi lanjutan ini berjalan dan setel ke secara otomatis dimulai ketika Anda mem-boot komputer Anda, satu-satunya tugas yang tersisa adalah memulai penemuan jaringan di Windows 11.
Pilih ikon pencarian Windows 11, yang terlihat seperti kaca pembesar. Ketik “panel kontrol” ke dalam bilah pencarian dan klik tombol “Kontrol Panel” ketika muncul. Pilih “Jaringan dan Internet.” Klik “Jaringan dan Pusat Berbagi.” Pilih “Ubah Pengaturan Berbagi Lanjutan” dari sisi kiri halaman. Klik “Aktifkan Penemuan Jaringan” dan tekan “Simpan Perubahan .”
Anda harus menemukan bahwa penemuan jaringan dimulai pada perangkat Anda. Selain itu, itu akan dimulai secara otomatis setiap kali Anda mem-boot perangkat. Berikut cara mengizinkan penemuan jaringan melalui Windows Defender Firewall default Windows 11:
Klik ikon kaca pembesar di bagian bawah layar dan ketik “Window Defender Firewall” ke dalam bilah pencarian. Pilih ikon “Windows Defender Firewall” dari yang cocok. Pilih “Izinkan aplikasi atau Fitur Melalui Firewall Pertahanan Windows” di sisi kiri layar. Navigasikan ke “Penemuan Jaringan” dan centang kotak “Pribadi” dan “Publik”. Klik “OK.”
Penemuan Jaringan Dimatikan di a Windows 10 PC

Perbaikan untuk Windows 11 juga berfungsi untuk Windows 10, dengan langkah-langkah yang sebagian besar sama. Berikut adalah dua metode lagi yang dapat Anda coba jika mengubah pengaturan firewall dan pengaturan lanjutan tidak berfungsi di Windows 10.

Ubah Pengaturan Berbagi Lanjutan Anda

Penemuan jaringan mungkin dimatikan di pengaturan berbagi lanjutan komputer Anda. Berikut cara memperbaiki masalah tersebut.
Klik tombol Windows dan cari “Control Panel” di bilah pencarian. Buka Control Panel dan pilih “Network and Internet”. Arahkan ke “Network and Sharing Center”. Pilih “Change Advanced Sharing Settings” dari panel di sisi kiri. Navigasikan ke “Pribadi” dan centang kotak di samping “Aktifkan Penemuan Jaringan”. Centang kotak di samping “Aktifkan Penyiapan Otomatis Perangkat yang Terhubung ke Jaringan”.
Anda mungkin juga ingin pastikan bahwa printer Anda dapat terhubung ke jaringan Anda dari bagian ini:
Gulir ke bawah ke “Berbagi File dan Printer”. Centang kotak di samping “Aktifkan Berbagi File dan Printer”. -Jaringan Fi, tetap di setelan berbagi lanjutan dan lakukan hal berikut:
Gulir ke bawah ke “Tamu atau Publik” dan gunakan ikon panah ke bawah untuk meluaskan bagian ini. Centang kotak di samping “Aktifkan Penemuan Jaringan” dan “Aktifkan File dan Berbagi Printer.”
Dengan selesainya semua langkah ini, restart komputer Anda untuk melihat apakah Anda telah menyelesaikan masalah Anda dengan penemuan jaringan.

Reset Jaringan Anda

Jika semuanya gagal, Anda dapat mencoba reset jaringan untuk menyelesaikan masalah dengan penemuan jaringan:
Navigasikan ke “Start Menu” dan pilih “Settings.” Klik “Jaringan dan Internet.” Pilih “Status” dari bilah navigasi. Klik tautan “Reset jaringan”. Baca informasi yang diberikan dan pilih tombol “Reset sekarang”. Klik tombol “Ya” di kotak pop-up .
Perangkat Anda akan memperingatkan Anda bahwa Anda akan keluar dan komputer Anda akan reboot. Pastikan Anda menyimpan pekerjaan Anda dan menutup semua aplikasi yang terbuka.

Setelah komputer dimulai ulang, Anda akan melihat bahwa Anda tidak memiliki koneksi jaringan yang aktif. Anda perlu mengaktifkan koneksi Anda untuk menghidupkan kembali penemuan jaringan:
Klik ikon “Jaringan”. Pilih jaringan yang ingin Anda sambungkan dan klik “Hubungkan”. Discovery

Menemukan bahwa fitur penemuan jaringan perangkat Anda telah dinonaktifkan dapat menjadi pengalaman yang membuat frustrasi saat Anda mencoba menyambung ke jaringan. Selain itu, ada beberapa kemungkinan penyebab masalah tersebut. Perbaikan dalam artikel ini dapat membantu Anda memeriksa penyebab paling umum. Jika semuanya gagal, mengatur ulang jaringan Anda memungkinkan Anda untuk memulai dari awal dan semoga menyelesaikan masalah koneksi Anda.

Sekarang, kami ingin mendengar pendapat Anda. Apakah Anda memiliki teknik lain untuk mengaktifkan kembali penemuan jaringan? Apa pengalaman paling membuat frustrasi yang pernah Anda alami dengan perangkat yang menolak terhubung ke jaringan Anda? Ceritakan semuanya di bagian komentar di bawah.