Cara Menghitung Hari Antara Dua Tanggal di Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Banyak pengguna Excel perlu menambahkan kolom tanggal mulai dan tanggal akhir ke spreadsheet. Dengan demikian, Excel menyertakan beberapa fungsi yang memberi tahu Anda berapa hari di antara dua tanggal terpisah. DATEDIF, DAYS360, DATE, dan NETWORKDAYS adalah empat fungsi yang dapat Anda tambahkan ke sel yang akan memberi tahu Anda jumlah hari di antara dua tanggal.

Inilah cara Anda menemukan jumlah hari antara tanggal dengan dan tanpa fungsi tersebut di Excel.

Cara Menemukan Perbedaan Antara Tanggal tanpa Fungsi

Pertama, Anda dapat menemukan perbedaan antara tanggal dengan mengurangkannya. Excel tidak menyertakan fungsi pengurangan, tetapi Anda masih dapat menambahkan rumus pengurangan ke sel.
So, buka spreadsheet Excel kosong, dan masukkan tanggal mulai dan berakhir di sel B4 dan C4 seperti pada snapshot di bawah ini. Perhatikan bahwa tanggal harus dalam format A.S. dengan bulan pertama, hari kedua, dan tahun ketiga. Sekarang, pilih sel D4, klik di dalam bilah fungsi di bagian atas, dan masukkan ‘= C4-B4’ di bilah dan tekan Enter. Sel D4 akan mengembalikan nilai 34. Menemukan Perbedaan Antara Dua Tanggal menggunakan Fungsi TANGGAL

Atau, Anda dapat menemukan perbedaan antara dua tanggal dengan fungsi TANGGAL. Kemudian Anda dapat menemukan jumlah hari dengan memasukkan tanggal di bilah fungsi alih-alih sel spreadsheet. Sintaks dasar untuk fungsi tersebut adalah: =DATE(yyyy, m, d)-DATE(yyyy, m, d); jadi Anda memasukkan tanggal mundur.

Mari kita tambahkan fungsi itu dengan tanggal 4/1/2017 dan 5/5/2017 yang sama.
Pilih sel pada spreadsheet untuk menambahkan fungsi. Kemudian klik di dalam bilah fungsi, masukkan ‘=DATE(2017, 5, 5)-DATE(2017, 4, 1)’ dan tekan Enter. Anda mungkin juga perlu memilih format angka umum untuk sel jika nilai yang dikembalikan dalam format tanggal. Dengan format angka umum, sel akan mengembalikan nilai 34 hari seperti yang ditunjukkan pada snapshot di bawah ini. Menemukan Perbedaan Antara Dua Tanggal menggunakan Fungsi DATEDIF

DATEDIF adalah fungsi fleksibel yang dapat Anda hitung total hari antara tanggal dengan memasukkan tanggal pada spreadsheet atau di bilah fungsi. Namun, DATEDIF tidak terdaftar di jendela Sisipkan Fungsi Excel.

Dengan demikian, Anda harus memasukkannya langsung di bilah fungsi. Sintaks fungsi DATEDIF adalah: DATEDIF(tanggal_mulai, tanggal_akhir, unit). Anda dapat memasukkan tanggal mulai dan tanggal akhir atau referensi sel ke tanggal tertentu dalam fungsi, lalu menambahkan unit hari ke akhir.
Untuk menemukan perbedaan antara dua tanggal yang Anda masukkan di sel C4 dan B4, masukkan berikut ini di bilah fungsi: ‘=DATEDIF(B4, C4, “d”).’ Sel DATEDIF akan menyertakan jumlah hari di antara tanggal seperti yang ditunjukkan langsung di bawah.
Namun, ini jauh lebih fleksibel daripada fungsi DATE yang Anda bisa memodifikasi unit. Misalnya, Anda perlu menghitung jumlah hari di antara dua tanggal, tetapi juga mengabaikan tahun.
Anda dapat melakukannya dengan menambahkan ‘yd’ ke fungsi. Misalnya, masukkan ‘4/1/2017’ dan ‘5/5/2018’ dalam dua sel, lalu sertakan ‘yd’ dalam fungsi seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
Itu mengembalikan nilai 34 hari antara 1/4/2017 dan 5/5/2018, yang benar jika Anda mengabaikan tahun. Jika fungsi tersebut tidak mengabaikan tahun, nilainya akan menjadi 399.
Menemukan Perbedaan Antara Dua Tanggal menggunakan Fungsi DAYS360

Fungsi DAYS360 adalah fungsi yang menemukan total hari di antara tanggal berdasarkan kalender 360 hari, yang lebih banyak diadopsi untuk tahun-tahun keuangan. Karena itu, itu mungkin fungsi yang lebih baik untuk spreadsheet akun. Itu tidak akan membuat banyak perbedaan untuk tanggal yang hanya berjarak beberapa bulan, tetapi untuk periode yang lebih lama DAYS360 akan mengembalikan nilai yang sedikit berbeda dari fungsi lainnya.
Enter ‘1/1/2016’ dan ‘1/1/2017’ di sel B6 dan C6 pada spreadsheet Anda. Kemudian klik sel untuk menyertakan fungsi DAYS360, tekan Rumus > Tanggal & Waktu. Dari menu tarik-turun Tanggal & Waktu, pilih DAYS360. Tekan tombol Start_date dan ketik “B6,” klik tombol End_date dan ketik “C6,” lalu tekan OK. Fungsi DAYS360 akan mengembalikan nilai 360. Menemukan Perbedaan Antara Dua Tanggal menggunakan Fungsi NETWORKDAYS

Bagaimana jika Anda perlu menemukan perbedaan antara dua tanggal, tetapi mengecualikan akhir pekan dari persamaan? DATEDIF, DATE, dan DAYS360 tidak akan terlalu bagus untuk skenario seperti itu. NETWORKDAYS adalah fungsi yang menemukan jumlah hari di antara tanggal tanpa menyertakan akhir pekan, dan juga dapat memperhitungkan hari libur tambahan, seperti hari libur bank.

Jadi itu seharusnya menjadi fungsi untuk perencanaan proyek. Sintaks dasar fungsinya adalah: =NETWORKDAYS(tanggal_mulai, tanggal_akhir, [hari libur]).
Klik sel yang ingin Anda tambahkan fungsinya dan tekan Rumus > Tanggal & Waktu. Ketik “B6” untuk Start_date dan “C6” untuk End_date dan klik OK. Menggunakan tanggal mulai dan akhir 4/1/2017 dan 5/5/2017, fungsi NETWORKDAYS mengembalikan nilai 25 hari antara tanggal tanpa akhir pekan. Dengan akhir pekan yang disertakan, total hari adalah 34 hari seperti contoh sebelumnya. Untuk memasukkan hari libur ekstra dalam fungsi, masukkan tanggal tersebut di sel spreadsheet tambahan. Kemudian tekan tombol referensi sel Hari Libur pada jendela fungsi NETWORKDAYS dan pilih sel, atau sel, yang menyertakan tanggal hari libur. Itu akan mengurangi hari libur dari angka akhir.
Jadi, ada banyak cara Anda dapat menghitung hari antara tanggal mulai dan tanggal akhir di spreadsheet Excel. Versi Excel yang lebih baru juga menyertakan fungsi DAYS yang dapat Anda temukan perbedaannya antara beberapa tanggal. Fungsi-fungsi itu pasti akan berguna untuk spreadsheet yang menyertakan banyak tanggal.

Pertanyaan Umum
Apa arti #NUM?

Ketika Anda melakukan rumus di atas dan menerima #NUM daripada angka, itu karena tanggal mulai lebih besar daripada tanggal akhir . Coba batalkan tanggalnya dan lakukan langkah-langkahnya lagi.