Cara Menghitung Karakter dalam Sel di Google Sheets

Tidak seperti Google Dokumen, Google Spreadsheet tidak otomatis melacak jumlah karakter untuk Anda. Jika Anda perlu menghitung semua atau karakter tertentu dalam sel, ada beberapa cara untuk melakukannya, dan kami akan menunjukkan caranya.

Anda dapat menggunakan Google Spreadsheet untuk melacak judul artikel atau esai yang penghitungannya sangat penting. Atau mungkin Anda ingin membatasi panjang data yang dimasukkan orang lain di lembar Anda dan membutuhkan jumlah saat ini. Apa pun masalahnya, Anda dapat menggunakan fungsi LEN bersama dengan opsi untuk menghapus spasi tambahan dari hitungan atau hanya menghitung karakter tertentu.

Menghitung Karakter dalam Sel

Fungsi LEN di Google Spreadsheet berfungsi seperti halnya di Microsoft Excel. Ini memberi Anda jumlah karakter dalam sel menggunakan rumus sederhana.

TERKAIT:Cara Menghitung Karakter di Microsoft Excel

Sintaks untuk fungsinya adalah LEN(teks) di mana Anda dapat menggunakan referensi sel atau teks aktual untuk argumen.

Untuk menemukan jumlah karakter dalam sel A1, Anda akan menggunakan rumus ini:

=LEN(A1)

Advertisement

Untuk menemukan jumlah karakter dalam teks tertentu, gunakan rumus berikut dengan menempatkan teks dalam tanda kutip:

=LEN(“Besok adalah hari lain”)

Yang penting untuk diketahui tentang fungsi LEN adalah ia menghitung setiap karakter termasuk angka, huruf, spasi tunggal, karakter noncetak, dan tanda baca.

Menghitung Karakter dalam Rentang Sel

Sementara banyak fungsi Google Spreadsheet memungkinkan Anda menggunakan rentang sel sebagai argumen , LEN bukan salah satunya. Namun, dengan menambahkan fungsi SUMPRODUCT ke rumus LEN, Anda bisa menghitung karakter dalam rentang sel.

TERKAIT:Cara Menghitung Rata-Rata Tertimbang di Excel

Fungsi SUMPRODUCT menghitung jumlah larik, atau rentang sel. Sintaksnya adalah SUMPRODUCT(array1, array2, …) di mana hanya argumen pertama yang diperlukan.

Untuk menemukan jumlah rentang sel A1 hingga A5, Anda akan menggunakan rumus berikut:

=SUMPRODUCT(LEN(A1:A5) )

Count Karakter Tanpa Spasi Ekstra

Seperti yang disebutkan, fungsi LEN menghitung setiap karakter. Artinya, jika Anda ingin menghitung karakter dalam sel yang berisi spasi ekstra, karakter tersebut juga akan dihitung.

RELATED:Cara Menghapus Spasi Ekstra di Google Spreadsheet Data

Misalnya, kami memiliki ”   How-To Geek   ” di sel A10. Menggunakan fungsi LEN untuk menghitung karakter, hasilnya adalah 17 karena kami memiliki tiga spasi tambahan di awal dan tiga spasi tambahan di akhir.

Advertisement

Jika Anda memiliki data di lembar Anda yang berisi spasi yang tidak diinginkan, Anda dapat menghapusnya dengan TRIM fungsi. Dan dengan menggabungkan LEN dengan TRIM, Anda bisa mendapatkan jumlah karakter yang benar tanpa spasi tambahan.

Perlu diingat bahwa fungsi TRIM hanya menghilangkan spasi tambahan, dan fungsi LEN menghitung spasi tunggal seperti di antara kata-kata. Jadi dengan menggunakan rumus di bawah ini, hasilnya adalah 11.

=LEN(TRIM(A10))

Count Instances of Spesific Characters in a Cell

Satu penyesuaian lagi yang mungkin ingin Anda lakukan saat menghitung karakter adalah menghitung karakter tertentu. Mungkin Anda ingin tahu berapa kali huruf C muncul dalam string teks sel. Untuk melakukan ini, Anda akan menggunakan fungsi Google Sheets lain yaitu SUBSTITUTE.

Fungsi SUBSTITUTE biasanya digunakan untuk mengganti teks dalam sel dan sintaksnya adalah SUBSTITUTE(current_text, find, new_text, Occurrency) di mana tiga argumen pertama diperlukan.

Let’s melihat contoh dan kemudian memecah potongan-potongan rumus. Di sini, kita akan melihat berapa kali huruf C muncul di sel A1.

=LEN(A1)-LEN(SUBSTITUTE(A1,”C”,””))Advertisement

Rumusnya terurai sebagai berikut dari kanan ke kiri:

SUBSTITUTE(A1,”C”,””) mengganti setiap C dengan apa yang ada dalam tanda kutip yang bukan apa-apa.LEN(SUBSTITUTE(A1,”C”,””) menghitung jumlah karakter yang bukan huruf (pengganti) C .LEN(A1) menghitung karakter di sel A1.

Akhirnya, tanda minus membagi rumus untuk mengurangi rumus LEN kedua dari yang pertama memberi kita hasil yaitu 3.

Satu kelemahan dalam menghitung karakter tertentu dengan fungsi SUBSTITUTE adalah bahwa peka huruf besar/kecil Jadi jika Anda memeriksa teks kami dan bertanya-tanya mengapa hasilnya 3 bukannya 4, inilah alasannya.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menambahkan satu fungsi lagi ke rumus dan itu adalah pilihan Anda. Anda dapat menggunakan UPPER atau LOWER Fungsi UPPER mengubah huruf menjadi huruf besar dan LOWER mengubah huruf menjadi huruf kecil.

Jadi, untuk menghitung semua kemunculan o f huruf C di sel kami, terlepas dari kasusnya, Anda akan menggunakan salah satu rumus berikut:

=LEN(A1)-LEN(SUBSTITUTE(UPPER(A1),”C”,””))=LEN(A1) -LEN(SUBSTITUTE(LOWER(A1),”c”,””))Advertisement

Jika teks dalam sel Anda mengandung banyak huruf besar, Anda dapat menggunakan rumus pertama, tetapi jika sebagian besar berisi huruf kecil, Anda dapat menggunakan yang kedua . Kuncinya adalah menggunakan UPPER dengan huruf besar dalam tanda kutip dan LOWER dengan huruf kecil dalam tanda kutip.

Anda mungkin tidak perlu sering menghitung karakter di Google Spreadsheet, tetapi saat melakukannya, Anda akan memiliki cara praktis ini. Pastikan untuk mem-bookmark-nya!

TERKAIT:Cara Mengganti Teks di Google Sheets

Itulah berita seputar Cara Menghitung Karakter dalam Sel di Google Sheets, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.