Cara Menghitung Kotak Centang di Google Spreadsheet

Ketika Anda menyisipkan kotak centang di spreadsheet, Anda mungkin ingin mendapatkan jumlah total yang dicentang atau tidak dicentang. Dengan fungsi dan rumus sederhana, Anda dapat menghitung kotak centang Anda di Google Sheets.

Anda mungkin memiliki daftar tugas dengan kotak centang untuk diselesaikan dan ingin tahu berapa banyak yang telah diselesaikan. Atau Anda dapat menggunakan kotak centang untuk formulir dan perlu melihat berapa banyak yang tidak dicentang. Either way, menggunakan fungsi COUNTIF di Google Sheets Anda bisa mendapatkan jumlah total dengan mudah.

Count Kotak Centang di Google Sheets

Ketika Anda menggunakan kotak centang di Google Sheets, mereka memiliki nilai default True jika dicentang dan False jika tidak dicentang. Ini adalah indikator yang Anda sertakan dalam rumus dengan fungsi COUNTIF.

 

Fungsi COUNTIF memungkinkan Anda menghitung nilai dalam sel berdasarkan kriteria. Sintaksnya adalah COUNTIF(cell_range, criteria) dengan kedua argumen yang diperlukan.

Pilih sel tempat Anda ingin menampilkan hitungan. Di sinilah Anda memasukkan rumus. Sebagai contoh, kami akan menghitung jumlah kotak yang dicentang di sel B1 hingga B12 dan menggunakan rumus ini:

=COUNTIF(B1:B12,TRUE)

 

Untuk menghitung jumlah kotak yang tidak dicentang dalam rentang sel yang sama, Anda akan menggunakan ini sebagai gantinya, ubah TRUE menjadi FALSE:

=COUNTIF(B1:B12,FALSE)

Rumus memperbarui hitungan secara otomatis saat Anda mencentang atau menghapus centang pada kotak. Jadi Anda akan selalu memiliki kotak centang penghitungan akhir.

Count Saat Menggunakan Validasi

Saat Anda memasukkan kotak centang di lembar Anda, Anda dapat menggunakan nilai khusus untuk dicentang dan tidak dicentang. Jika ini adalah sesuatu yang Anda atur, maka Anda akan menggunakan nilai tersebut alih-alih True atau False default. Di sini, kami menggunakan Ya untuk yang dicentang dan Tidak untuk kotak yang tidak dicentang. dengan Anda sendiri:

=COUNTIF(B1:B12,"YES")

Perhatikan bahwa indikator YA berada dalam tanda kutip karena ini adalah nilai khusus. Pastikan untuk menyertakan nilai kustom Anda dalam tanda kutip juga.

Untuk menemukan kotak yang tidak dicentang menggunakan nilai kustom kami, Anda akan menggunakan rumus berikut sebagai gantinya:

=COUNTIF(B1:B12,"NO")

 

Jika Anda memiliki lembar tempat Anda gunakan beberapa kotak centang dan ingin menghitungnya di Google Spreadsheet, ingatlah cara ini.

Untuk lebih lanjut, Anda mungkin juga tertarik dengan cara menghitung hari di antara dua tanggal di Google Sheets.

Itulah berita seputar Cara Menghitung Kotak Centang di Google Spreadsheet, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.