Cara Menghitung Persen Perubahan Google Sheets

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Di dunia bisnis, penting untuk menyadari perubahan persentase. Baik melacak pertumbuhan perusahaan Anda atau menentukan berapa banyak yang akan Anda peroleh dari investasi baru, perubahan persentase dapat menjadi faktor penting dalam membuat keputusan yang tepat.

Untungnya, Google Spreadsheet memudahkan penghitungan persentase perubahan dengan cepat dan mudah. Panduan ini akan menunjukkan cara melakukannya dalam beberapa langkah sederhana. Mari kita mulai.

Menghitung Persen Perubahan

Untuk menghitung persentase perubahan antara dua angka, kurangi angka pertama dari angka kedua, lalu bagi hasilnya dengan angka pertama. Desimal yang dihasilkan dikalikan dengan 100 untuk memberikan persentase perubahan kenaikan atau penurunan sebagai bilangan bulat.

Misalnya, jika variabel meningkat dari 10 menjadi 15, persentase perubahan dapat dihitung dengan mengurangkan 10 dari 15 (15-10=5) dan kemudian membagi 5 dengan 10 (5/10 = 0,5). Ini menghasilkan 0,5, yang bila dikalikan dengan 100, menghasilkan 50 (0,5*100=50). Oleh karena itu, ada peningkatan 50 persen dari 10 menjadi 15.

Prinsip yang sama berlaku saat menghitung penurunan. Cukup membalik urutan angka saat mengurangkan untuk mendapatkan hasil negatif, bukan positif.

Misalnya, jika variabel berkurang dari 15 menjadi 10, persentase perubahan dapat dihitung dengan mengurangkan 15 dari 10 (10-15=minus 5 ) dan kemudian membagi minus 5 dengan 15 (minus 5/15=minus 0,3333). Ini menghasilkan minus 0,3333, yang bila dikalikan 100, menghasilkan 33,33 (0,3333*100=33,33). Oleh karena itu, ada penurunan 33,33 persen dari 15 menjadi 10.

Menghitung Persen Perubahan di Google Spreadsheet Menggunakan Pendekatan Sederhana

Metode paling sederhana untuk menghitung persentase perubahan di Google Sheets adalah sebagai berikut.
Buka Google Sheets dan buat sheet baru.Masukkan data Anda ke dalam lembaran. Untuk contoh ini, kita akan menggunakan angka penjualan selama sepuluh tahun, dengan penjualan tahun terakhir di sebelah kiri. Di kolom baru, hitung persentase perubahan dari tahun pertama. Untuk melakukannya, gunakan rumus “=(B2-B1)/B1”, di mana B1 adalah penjualan tahun kedua dan B2 adalah penjualan tahun pertama. Tekan “Enter” untuk menghasilkan persentase perubahan untuk tahun kedua. Gunakan tarik fill handle untuk secara otomatis mengisi persentase perubahan untuk periode yang tersisa.
Sekarang Anda dapat melihat sekilas berapa banyak penjualan Anda meningkat atau menurun setiap tahun.

Masalah dengan metode ini adalah metode ini tidak menghitung persentase perubahan persentase sebenarnya, melainkan dalam desimal.

Jadi, misalnya, jika B2 (penjualan tahun pertama) adalah 10 dan B1 (penjualan tahun kedua) adalah 15, perubahan persentase akan diberikan sebagai 0,5. Anda harus mengonversinya menjadi 50% secara manual.

Menghitung Perubahan Persen di Google Spreadsheet Menggunakan Fungsi TO_PERCENT

Fungsi TO_Percent adalah alat yang berguna untuk menghitung persentase perubahan dalam data Anda. Salah satu hal terbaik tentang pendekatan ini adalah mengatasi kelemahan pendekatan sederhana yang telah kita bahas di atas dengan secara otomatis mengubah perubahan dari satu sel ke sel berikutnya ke persentase aktual. Ini nyaman, dan memudahkan untuk memahami dan menafsirkan data.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung persentase perubahan menggunakan fungsi TO_PERCENT. Sekali lagi, kami berasumsi bahwa kami memiliki angka penjualan selama sepuluh tahun.
Buka Google Sheet baru dan masukkan data Anda. Di kolom baru, gunakan rumus “=TO_PERCENT((B2-B1)/B1)“, di mana B2 adalah penjualan untuk tahun pertama dan B1 penjualan untuk tahun kedua.Tekan “Enter.” Ini akan memberi Anda persentase perubahan untuk tahun kedua. Seret gagang isian melintasi sel yang tersisa di kolom persentase untuk secara otomatis menghitung persentase perubahan yang tersisa.
Jadi, misalnya, jika B2 adalah 15 dan B1 adalah 10, perubahan persentase akan diberikan sebagai 50%.

Perubahan Persen Dibandingkan dengan Satu Sel di Google Spreadsheet

Dalam kebanyakan kasus, kami tertarik pada persentase perubahan dari satu periode, katakanlah satu tahun, ke periode lainnya, dengan referensi selalu menjadi periode sebelum periode saat ini. Misalnya saat menghitung persen perubahan tahun kedua, acuannya adalah tahun pertama, sedangkan acuan perubahan persen pada tahun ketiga adalah tahun kedua.

Tetapi bagaimana jika ingin menggunakan acuan yang sama untuk menghitung persen berubah sepanjang tahun? Anda mungkin ingin menghitung persentase perubahan berdasarkan tahun pertama saja. Untuk melakukannya, Anda perlu mengubah sel yang berisi entri (penjualan) untuk tahun pertama menjadi sel referensi dengan menambahkan tanda “$” sebelum huruf kolom dan nomor baris.

Menggunakan fungsi TO_PERCENT untuk melakukan perhitungan, berikut ini seperti apa rumus persentase perubahan di tahun pertama.

=TO_PERCENT((B2-$B$1)/$B$1)

Anda masih dapat mengisi persentase perubahan secara otomatis di sisa tahun menggunakan tuas isian seret, tetapi sel referensi akan menjadi B1 di seluruh.

Melacak Kemajuan Menggunakan Perubahan Persen

Percent change adalah konsep yang relatif sederhana yang dapat berguna ketika Anda ingin melacak kemajuan. Misalnya, Anda mungkin ingin melacak bagaimana penjualan Anda dibandingkan dari satu bulan ke bulan berikutnya, atau Anda mungkin ingin membandingkan persentase keuntungan dalam dua harga saham yang berbeda dari waktu ke waktu.

Untuk menghitung perubahan persentase, Anda dapat menggunakan rumus sederhana. Dan berkat pegangan isian seret, Anda tidak perlu menghitung persentase perubahan untuk semua periode. Cukup gunakan hasil pertama untuk otomatis mengisi semua sel yang tersisa.

Sudahkah Anda mencoba menghitung persentase perubahan di Google Spreadsheet menggunakan metode yang dibahas dalam artikel ini? Jika tidak, cobalah dan beri tahu kami bagaimana kelanjutannya di bagian komentar di bawah.