Cara Menghitung Persentase di Google Spreadsheet

Menghitung persentase adalah salah satu hal yang membuat banyak orang merasa ngeri. Namun jika menunjukkan persentase di spreadsheet Anda bermanfaat, kami akan menunjukkan beberapa cara mudah untuk menghitung persentase dan memformatnya di Google Spreadsheet.

Metode Satu: Bagi Bagian dari Total

Anda dapat menghitung persentase untuk bagian dari total dengan rumus sederhana di Google Sheets.

Sintaks rumusnya adalah =(bagian/total) atau bagian dibagi total. Anda dapat menggunakan referensi sel atau nilai yang disisipkan untuk bagian dan total atau kombinasi keduanya.

Untuk menemukan persentase bagian di sel A1 dari total di sel B1, Anda akan menggunakan rumus berikut:

=A1/B1

Berikut hasilnya adalah 0,25 atau 25 persen.

Untuk menemukan persentase bagian di sel A1 untuk total 100, gunakan rumus ini:

=A1/100

Advertisement

Untuk menemukan persentase bagian 25 dari total 100, Anda akan menggunakan berikut:

=25/100

Anda akan melihat bahwa ketika Google Spreadsheet memberi Anda persentase, itu diformat sebagai angka desimal secara default. Tetapi Anda dapat mengubahnya secara otomatis atau manual ke persen jika diinginkan.

Otomatis Format sebagai Persentase

Untuk memformat hasil sebagai persentase secara otomatis saat Anda menghitungnya, Anda dapat menambahkan fungsi. Manfaatnya adalah Anda tidak hanya dapat menghitung dan memformat hasilnya pada saat yang sama, tetapi juga menyesuaikan tempat desimal. Untuk melakukannya, gunakan fungsi TO_PERCENT.

RELATED:Cara Mengubah dan Membuat Format Angka Kustom di Google Spreadsheets

Sintaks untuk fungsinya adalah TO_PERCENT(nilai) di mana Anda dapat menggunakan referensi sel atau nomor untuk argumen yang diperlukan.

Menggunakan rumus persentase pertama kami di atas, Anda dapat menggunakan rumus ini untuk mengonversi hasil:

=TO_PERCENT(A1/B1)

Advertisement

Hal yang sama berlaku untuk dua rumus lain yang kami gunakan untuk menghitung persentase sebelumnya:

=TO_PERCENT(A1/100)=TO_PERCENT(25/100)

Format Secara Manual sebagai Persentase

Untuk memformat hasil rumus Anda sebagai persentase secara manual, pilih sel yang berisi desimal dan lakukan salah satu hal berikut:

Klik tombol Format sebagai Persen di bilah alat.Pilih Format > Angka > Persen dari menu.Klik Format Lainnya di bilah alat dan pilih “Persen.”

Tip: Anda juga dapat menggunakan tombol Tambah Tempat Desimal atau Kurangi Tempat Desimal di bilah alat untuk mendapatkan bilangan bulat untuk persentase Anda ntage.Metode Dua: Bagi Bagian dari Total dan Multiply

Sebagai alternatif untuk metode pertama, Anda dapat menghilangkan hasil desimal saat menghitung persentase dengan mengalikan pembagian dengan 100.

TERKAIT:Cara Mengalikan Angka di Google Sheets

Sintaks ini adalah =(bagian /total)*100 atau bagian dibagi dengan total kali 100. Anda dapat menyertakan atau menghapus tanda kurung dalam rumus di bawah ini dan menerima hasil yang sama.

Menggunakan contoh pertama di atas, Anda akan menggunakan rumus ini.

=(A1/B1)* 100

Sekarang Anda menerima hasil 25 bukannya 0.25.

Hal yang sama berlaku untuk rumus lainnya:

=(A1/100)*100=(25/100)*100

Metode Tiga: Hitung Persentase Berdasarkan Kriteria

Sementara opsi di atas ideal untuk persentase sederhana di Google Spreadsheet, Anda mungkin memerlukan sesuatu yang lebih kuat seperti menghitung persentase berdasarkan kondisi tertentu. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan fungsi PERCENTIF.

RELATED:Cara Menghitung Persen Kenaikan di Excel

Sintaks untuk fungsi tersebut adalah PERCENTIF(rentang, kriteria) di mana kriteria dapat berupa angka, teks, atau referensi sel. Fungsi ini juga memformat hasil sebagai persentase secara otomatis.

Advertisement

Untuk menemukan persentase tagihan yang lebih besar dari $50 dalam rentang sel B2 hingga B7, Anda akan menggunakan rumus ini:

=PERCENTIF(B2:B7,”>50″)

For contoh kriteria teks, Anda dapat menggunakan rumus ini untuk menghitung persentase pengeluaran kita di sel A2 sampai A7 yang untuk bahan bakar.

=PERCENTIF(A2:A7,”Bahan Bakar”)

Karena fungsi ini juga mengizinkan wildcard, mari kita lihat satu lebih banyak contoh. Dengan menggunakan rumus ini, Anda dapat menghitung persentase siswa yang namanya dimulai dengan huruf J dalam rentang D2 hingga D7.

=PERCENTIF(D2:D7,”J*”)

Menghitung persentase di Google Spreadsheet mungkin merupakan sesuatu yang Anda rencanakan untuk dilakukan dengan lembar berikutnya. Jadi, ingatlah cara ini untuk mendapatkan sedikit bantuan dalam perhitungan tersebut!

Itulah berita seputar Cara Menghitung Persentase di Google Spreadsheet, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.