Cara Menghitung Sel Dengan Teks di Google Spreadsheet

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Menggunakan fungsi COUNTA dan COUNTIF Google Spreadsheet, Anda dapat menghitung sel yang berisi teks apa pun, teks tertentu, atau teks yang sebagian cocok. Ini adalah cara yang bagus untuk menemukan sel yang tidak kosong di spreadsheet Anda, dan kami akan menunjukkan cara menggunakan fungsi ini.

Metode Penghitungan Sel Mana yang Digunakan?

Jika Anda mencari untuk menemukan jumlah sel yang berisi teks atau angka apa pun, gunakan metode pertama di bawah ini. Ini menghitung jumlah semua sel yang tidak kosong dalam rentang data yang Anda tentukan.

Jika Anda ingin menemukan jumlah sel yang berisi string teks atau angka tertentu, gunakan metode kedua di bawah. Ini memungkinkan Anda menentukan string teks Anda, dan kemudian hanya menghitung sel-sel yang memiliki string teks Anda.

Terakhir, jika Anda ingin menghitung sel yang berisi teks yang Anda tentukan ditambah konten lainnya, gunakan metode ketiga di bawah ini. Metode ini akan menghitung sel Anda selama mereka memiliki teks Anda di dalamnya.

Menghitung Sel yang Mengandung Teks

Untuk mendapatkan jumlah sel yang berisi teks atau angka, gunakan fungsi COUNTA di spreadsheet Anda sebagai berikut.

Pertama, buka spreadsheet Anda dan klik sel tempat Anda ingin melihat hasilnya.

Di sel yang Anda pilih, ketikkan fungsi berikut. Pada fungsi tersebut, ganti C2:C11 dengan rentang data Anda. Kemudian tekan Enter.

=COUNTA(C2:C11)

Di sel yang dipilih, Anda akan melihat jumlah sel yang berisi teks atau angka apa pun.

Dan selesai.

Hitung Sel yang Cocok dengan Teks Tertentu

Untuk melihat jumlah sel yang berisi hanya teks yang Anda tentukan, gunakan fungsi COUNTIF Spreadsheet sebagai berikut.

Pertama, di spreadsheet Anda, klik sel tempat Anda ingin melihat hasilnya.

Di sel yang Anda pilih, masukkan fungsi berikut. Ganti C2:C11 dengan rentang data Anda dan Mahesh dengan teks yang Anda ingin sel miliki untuk dihitung.

=COUNTIF(C2:C11,”Mahesh")

Kemudian tekan Enter.

Di sel yang dipilih, Anda akan melihat jumlah sel yang memiliki teks yang Anda tentukan.

Nikmati!

Hitung Sel yang Berisi Teks Tertentu Di Mana Saja

Untuk menghitung sel yang berisi teks atau angka yang Anda tentukan di mana saja, gunakan fungsi COUNTIF dengan karakter wildcard sebagai berikut.

Dalam spreadsheet Anda, klik sel di mana Anda ingin mendapatkan hasilnya.

Di sel yang Anda pilih, ketikkan fungsi berikut. Dalam fungsi ini, ganti C2:C11 dengan rentang data Anda dan Mahesh dengan teks yang Anda inginkan untuk dimiliki sel agar dapat dihitung. Kemudian tekan Enter.

Kami telah menambahkan tanda bintang (*) sebelum dan sesudah string teks sehingga fungsi menghitung sel Anda di mana pun string Anda berada di cell.

=COUNTIF(C2:C11,"*Mahesh*" )

Dalam sel yang dihasilkan, Anda akan menemukan bahwa fungsi tersebut telah menghitung semua sel Anda yang berisi teks yang Anda tentukan di mana saja di dalamnya.

Dan Anda sudah siap.

Jika Anda tertarik untuk melakukan kebalikan dari hal di atas, yaitu dengan menghitung semua sel kosong, ada cara mudah untuk melakukannya di Google Sheets.

Itulah berita seputar Cara Menghitung Sel Dengan Teks di Google Spreadsheet, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.