Cara Menghubungkan ke WiFi tanpa Kata Sandi WiFi

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

“Apa kata sandi WiFi Anda?” Ini adalah salah satu pertanyaan umum dari pengunjung yang mencoba terhubung ke WiFi Anda di rumah, atau seseorang yang mengunjungi kafe atau restoran dan mencoba mengakses koneksi internet. Namun, pertanyaan ini tidak hanya terbatas pada tempat-tempat ini mengingat pentingnya besar orang menempatkan WiFi hari ini.

WiFi adalah istilah yang diberikan untuk jaringan nirkabel yang memanfaatkan sinyal frekuensi radio untuk menghubungkan internet antar perangkat. Sejak dikembangkan pada tahun 1997, ia telah memainkan peran integral dalam dunia modern dan teknologi yang kita jalani sekarang. Hampir semua orang menggunakan gadget, mulai dari smartphone hingga komputer. Orang lain mungkin tidak dapat membayangkan apa jadinya hidup tanpa WiFi! Rumah, kantor, dan tempat umum memiliki koneksi WiFi yang terpasang karena orang hanya menganggapnya penting. Hampir semua orang dengan layanan Internet menggunakan jaringan WiFi untuk membagikan layanan itu ke semua perangkat di rumah atau tempat kerja mereka.

Di dunia saat ini, sebagian besar jaringan WiFi dilindungi kata sandi, bahkan Wi-Fi publik pun mulai dikendalikan. Banyak tempat yang Anda kunjungi memiliki sandi yang dipasang di gedung untuk membantu mencegah pencuri bandwidth dari luar dan untuk mengenkripsi transmisi data di dalam. Demi kenyamanan, produsen telah menciptakan beberapa cara bagi pengguna tamu untuk masuk ke jaringan tanpa mengetahui kata sandi, dan itu mudah, tetapi tidak sesederhana yang Anda pikirkan. Dalam artikel ini, Anda akan melihat beberapa metode untuk terhubung ke Wi-Fi tanpa kata sandi.

Harap dicatat, bagaimanapun, bahwa itu adalah pelanggaran sopan santun (dan sangat mungkin hukum) untuk mendapatkan akses ke jaringan WiFi seseorang tanpa izin mereka . Pastikan Anda memiliki izin dari pemilik jaringan sebelum menggunakan salah satu metode ini.

Menggunakan WPS untuk Terhubung Tanpa Kata Sandi

WPS adalah singkatan dari WiFi Protected Setup. WPS adalah standar keamanan yang berfungsi pada jaringan yang menggunakan protokol keamanan WPA Personal atau WPA2 Personal. WPS telah diganti dengan DPP (Device Provisioning Protocol), yang akan dibahas di bagian selanjutnya.

Catatan: Android 10 dan di atasnya menggunakan koneksi Wi-Fi DPP yang lebih aman (Wi-Fi Easy Connect™) daripada WPS. Bagian ini dipertahankan untuk perangkat lama yang menggunakan WPS.

Dihapus dari technobabble, WPS berarti bahwa jika router WiFi terletak di tempat yang secara fisik dapat diakses oleh tamu. Para tamu dapat membuat koneksi jaringan ke router dengan menekan tombol pada router, bukan dengan memasukkan kata sandi. Dari situlah muncul pernyataan “tidak semudah” di atas. Anda biasanya tidak memiliki akses ke router di lokasi publik, tetapi Anda BISA menggunakan WPS di lingkungan perumahan, dengan asumsi penyewa atau pemilik rumah membiarkan Anda “menyentuh” ​​router mereka.

WPS adalah metode yang sangat umum untuk menghubungkan pengguna tamu di lingkungan rumah atau kantor kecil. Karena orang-orang di luar gedung atau di satu set kamar tidak memiliki akses fisik ke router, mereka tidak mungkin mencuri layanan WiFi secara diam-diam. Hanya orang yang Anda undang yang bisa masuk ke jaringan WiFi Anda tanpa kata sandi. Menekan tombol pada panel kontrol router jauh lebih mudah daripada memasukkan kode keamanan acak 16 digit pada keyboard kecil ponsel cerdas.

Menggunakan WPS sangat sederhana. Secara umum, yang perlu Anda lakukan adalah memastikan Anda memiliki pengaturan yang tepat di ponsel cerdas Anda (Android 9 atau lebih lama) atau perangkat tamu lainnya, dan memastikan Anda dapat mengakses router secara fisik. Berikut cara melakukannya.

Catatan: Langkah-langkah yang tepat mungkin sedikit berbeda tergantung pada sistem operasi dan versi Anda.
Luncurkan aplikasi “Pengaturan” dari layar Utama. Arahkan ke bagian “Pengaturan jaringan dan internet”. Ketuk “Wi-Fi .”Pilih “Pengaturan tambahan.” Ketuk opsi “Sambungkan dengan tombol WPS”. Selanjutnya, sebuah dialog akan terbuka yang memberi tahu Anda untuk menekan “tombol WPS” pada router. Anda memiliki waktu sekitar 30 detik untuk melakukan ini sebelum protokol jabat tangan WPS dimatikan, maka Anda harus mengulangi langkah ini. Tekan “tombol WPS” jika Anda belum melakukannya — biasanya diberi label dengan jelas dengan “WPS.” Ponsel Anda terhubung secara otomatis ke jaringan Wi-Fi, dan Anda tidak perlu mengulangi langkah-langkah ini kecuali Anda memberi tahu perangkat Anda untuk melupakan koneksi Wi-Fi.
Catatan: Untuk beberapa router, terdapat PIN WPS, bukan tombol. Anda harus mengetuk opsi itu di pengaturan Internet Anda dan kemudian memasukkan PIN, yang biasanya ditemukan pada stiker di bawah router.

WPS adalah metode yang sangat praktis dan praktis untuk menghubungkan ke jaringan WiFi tanpa kata sandi. Namun, itu rentan terhadap peretasan kata sandi dan SSID, sebagian besar dari perangkat Internet of Things (IOT) yang diretas dan menggunakan kekerasan pada PIN. Apple menolak untuk mendukung standar WPS dan Android menghapus opsi di pembaruan Android 9. Ini pada dasarnya berarti bahwa teknologi kami yang lebih baru tidak akan memiliki ini sebagai opsi. Tentu saja, Anda sudah membaca beberapa hal di atas.

Menggunakan DPP/Wi-Fi Easy Connect™ untuk Menghubungkan ke Router tanpa Kata Sandi

Android 10 dan yang lebih baru menggantikan WPS dengan koneksi keamanan DPP, yang menghasilkan segel yang lebih rapat pada transmisi data dan memungkinkan konektivitas perangkat yang lebih mudah ke jaringan dan router tanpa kata sandi. Saat ini, Anda mungkin mengenal jenis koneksi ini sebagai “Wi-Fi Easy Connect™”, yang menggunakan konektivitas DPP daripada WPS.

Catatan: Wi-Fi Easy Connect TIDAK sama dengan Wi-Fi Direct, yang menghubungkan perangkat satu sama lain sebagai jaringan.

Fitur DPP dan Wi-Fi Easy Connect™:
Koneksi menggunakan keamanan WPA3.Koneksi membantu perangkat Wi-Fi terhubung ke router tanpa menggunakan SSID dan kata sandi. Sambungan memungkinkan perangkat untuk bergabung dengan jaringan Wi-Fi dengan mudah (dengan router [atau tanpa router menggunakan perangkat untuk mengelola koneksi]) tanpa memerlukan SSID dan kata sandi. Protokol menggunakan NFC Tag, Kode QR, Bluetooth LE, dan string karakter yang dapat dibaca manusia (kombo SSID/kata sandi yang baik) untuk mendapatkan jaringan, perangkat, dan akses internet.
Untuk lebih memahami teknologi, Anda menghubungkan ponsel cerdas ke router, lalu gunakan telepon sebagai konfigurator yang menghubungkan perangkat lain ke jaringan. Kemudian, semua perangkat yang terhubung terhubung ke router dan mendapatkan koneksi internet, serta koneksi Wireless Local Area Network (WLAN). Ponsel Anda hanya berfungsi sebagai asisten untuk menautkan perangkat ke jaringan, dan lebih dari satu perangkat dapat menjadi konfigurator.

Berikut cara menggunakan DPP untuk terhubung ke router tanpa kata sandi.
Buka “Pengaturan Wi-Fi” di Android 10+. Gulir ke bagian bawah daftar “Titik Aksen”. Di baris “Tambah Jaringan”, ketuk “ikon pindai” di sisi kanan. Pemindai Kode QR muncul. Pindai Kode QR perangkat yang ditemukan di perangkat atau secara digital di dalamnya jika menggunakan telepon sebagai konfigurator. Anda dapat memindai perangkat apa pun yang memegang kode QR. Jika tidak ada kode QR yang tersedia, lewati ke “Langkah 4.” Jika tidak ada perangkat konfigurator yang memiliki kode QR, cari PIN pada perangkat dan masukkan PIN itu. Perangkat Anda menangani sisanya. Anda sekarang memiliki koneksi ke jaringan dan mungkin koneksi internet jika ada. Setiap perangkat baru memindai kode QR dan secara otomatis terhubung ke jaringan.

Router Mode Tamu Tanpa Kata Sandi

Opsi lain untuk berbagi konektivitas WiFi dengan tamu melibatkan pengaturan jaringan tamu tidak aman di router Anda. Ini jelas bukan pilihan terbaik (bahaya keamanan) karena kurangnya transmisi data terenkripsi dan proses konektivitas terbuka, tetapi berhasil. Untuk mengatur jaringan tamu di router Anda, Anda harus menjadi administrator jaringan. Hampir semua router modern mendukung fitur jaringan tamu, dan Anda dapat membiarkan kata sandi kosong di jaringan tamu (atau memiliki kata sandi yang sangat sederhana yang mudah dimasukkan dan dibagikan).

Kelemahan dari jaringan tamu tanpa kata sandi atau kata sandi sepele yang mudah ditebak adalah tidak terlalu aman jika Anda berada di dekat orang. Namun, mungkin baik untuk kabin puncak gunung Anda atau rumah kedua Anda di Mars. Jaringan tamu akan berfungsi untuk semua jenis perangkat.

Ikuti langkah-langkah ini untuk menyiapkan jaringan tamu di router Anda:
Buka browser komputer Anda dan tempel alamat IP router Anda ke bilah alamat. Biasanya, alamatnya adalah 192.168.0.1 atau 192.168.1.1. Alamat IP hampir selalu dicetak di suatu tempat di router Anda. Gunakan kredensial administrator Anda untuk masuk ke router. Setelah Anda masuk, Anda harus menemukan opsi Jaringan Tamu. Anda mungkin menemukannya di bagian Pengaturan Nirkabel. Temukan dan aktifkan Jaringan Tamu. Selanjutnya, beri nama jaringan tamu Anda (masukkan SSID – kami sarankan menggunakan nama jaringan biasa dan tambahkan “- Tamu”) dan atur kata sandinya. Anda dapat memilih sesuatu yang sederhana seperti “Rumah Kami” atau “kata sandi tamu”. Anda juga dapat mengosongkannya. Klik tombol Simpan untuk mengonfirmasi pengaturan dan membuat jaringan.
Salah satu fitur bagus lainnya dari jaringan tamu adalah Anda dapat (melalui perangkat lunak panel kontrol router) membatasi bandwidth untuk jaringan tamu, sehingga tamu rumah atau anak tetangga Anda tidak dapat melakukan torrent 50 gigabyte di akun Anda.

Menggunakan Kode QR untuk Mengakses WiFi Tanpa Kata Sandi

Jika Anda ingin mengakses jaringan WiFi seseorang atau membiarkan mereka menggunakan milik Anda tanpa menggunakan kata sandi, Anda selalu dapat gunakan kode QR sebagai gantinya. Ingatlah bahwa metode kode QR sedikit terlibat dan memerlukan beberapa ketajaman teknis. Sejujurnya, akan lebih mudah untuk menuliskan kata sandi dan memberikannya kepada tamu Anda, tetapi bagi sebagian orang, ini adalah solusi yang lebih baik. Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk membagikan Wi-Fi seseorang menggunakan pemindaian kode QR.
Luncurkan browser di komputer teman Anda dan buka pembuat kode QR Stuff QR. Anda akan melihat menu jenis data di sisi kiri layar. Klik tombol radio di sebelah opsi Login Wifi. Setelah itu, minta pemilik jaringan memasukkan nama jaringan (SSID) dan kata sandi. Mereka juga harus memilih jenis jaringan dari menu tarik-turun. Saat situs membuat kode QR, cetak di selembar kertas kosong. Luncurkan aplikasi pemindaian kode QR di ponsel Anda. Jika Anda tidak memiliki aplikasi semacam ini, unduh dan instal dari Google Play; yang satu ini sangat populer, ditinjau dengan baik, dan gratis. Jika Anda memiliki iPhone, aplikasi kamera internal akan melakukan triknya. Pindai kode dengan ponsel Anda. Ini akan secara otomatis menghubungkan Anda ke jaringan Wi-Fi.
Atau, Anda dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga dan mengonversi kode QR menjadi tag NFC. Berikut cara melakukannya dengan aplikasi WiFiKeyShare.
Unduh aplikasi dari Google Play di ponsel teman Anda.Setelah unduhan selesai, luncurkan aplikasi.Biarkan teman Anda memasukkan parameter jaringannya untuk menghasilkan kode QR.Saat kode muncul, ketuk ikon Tab NFC untuk melihat padanan NFC-nya.Kirim tag NFC ke ponsel Anda sendiri. Anda seharusnya dapat terhubung ke jaringan WiFi tanpa masalah, karena semua versi Android dari Lollipop 5.0 dan yang lebih baru mendukung tag NFC.
Perhatian: SELALU lindungi koneksi wi-fi Anda

Mengakses WiFi tanpa Kata Sandi

Jadi, sekarang Anda tahu metode dasar untuk menghubungkan ke Wi-Fi tanpa kata sandi. Ingat, Anda harus selalu menggunakan jaringan terbuka dengan hati-hati, lagipula, Anda tidak pernah tahu siapa yang mengintip jaringan itu.

Apakah Anda berhasil terhubung ke Wi-Fi tanpa kata sandi? Beri tahu kami di komentar di bawah.