Cara Menghubungkan Laptop ke TV

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Sebuah koneksi sederhana berdiri di antara Anda dan menikmati film favorit Anda di layar lebar atau menggunakan TV cadangan sebagai monitor sekunder untuk bekerja. Berikut adalah beberapa tips untuk menghubungkan laptop Anda ke TV menggunakan kabel atau koneksi nirkabel.

Menghubungkan ke TV dengan Kabel

Jenis koneksi yang paling umum untuk TV modern adalah kabel HDMI, standar digital yang membawa video dan audio. Standar HDMI 2.0b yang lebih lama memiliki bandwidth yang cukup untuk resolusi 4K pada 60Hz (dengan sinyal HDR), sedangkan perangkat HDMI 2.1 yang lebih baru atau lebih baik dapat melakukan 4K pada 120Hz atau 8K pada 60Hz (dan lebih banyak lagi).

Banyak TV baru yang dibatasi ke input HDMI karena mereka menjatuhkan sirkuit analog yang dibutuhkan oleh media yang lebih tua. Untungnya, jenis output ini umum, dengan banyak laptop yang memiliki output HDMI berukuran penuh atau port Micro HDMI yang lebih kecil.

Untungnya, port ini dapat digunakan dengan adaptor atau kabel Micro HDMI ke HDMI yang memiliki kedua ukuran koneksi.

Jika laptop Anda tidak memiliki port HDMI, Anda mungkin perlu menggunakan adaptor seperti USB -C ke HDMI sebagai gantinya. Ini adalah kasus dengan banyak model MacBook karena Apple sepenuhnya menggunakan dongle untuk mendukung port sebelum mundur dengan MacBook Pro 2021-nya. Konektor pilihan “umum” lainnya yang secara tradisional digunakan di televisi adalah konektor VGA. Koneksi analog yang lebih tua ini pernah menjadi konektor pilihan untuk monitor komputer. TV yang lebih baru tidak akan memiliki jenis koneksi ini, dan begitu pula laptops.

yang lebih baru Pada TV yang lebih lama, port VGA sering diberi label sebagai input “PC”. Jika Anda memiliki laptop yang lebih baru dengan output HDMI, Anda dapat menggunakan adaptor HDMI ke VGA atau mendapatkan Adaptor Multiport USB-C dengan VGA sebagai gantinya.

Karena VGA hanya membawa video, tidak ada suara yang akan dibawa ke TV. Ada sangat sedikit alasan untuk menggunakan VGA daripada HDMI, jadi pilihlah HDMI bila memungkinkan.

Menghubungkan relatif mudah setelah Anda memilih jenis kabel. Cukup colokkan kabel Anda ke laptop dan tempelkan ujung lainnya ke port yang relevan di TV Anda.

Dengan laptop Anda menyala, hidupkan TV dan gunakan remote untuk beralih ke metode input yang benar (Anda akan melihat ini tercantum di sebelah port yang Anda gunakan di TV). Anda akan melihat desktop Anda muncul di TV, meskipun mungkin ada pengaturan lain yang harus diubah sebelum semuanya berjalan seperti yang Anda harapkan.

Konfigurasi Preferensi Tampilan Anda

Luangkan waktu sejenak untuk mengonfigurasi TV Anda sehingga resolusi, orientasi, dan pemosisiannya benar. Di Windows, Anda dapat membuka Mulai > Pengaturan > Sistem > Tampilan untuk melihat tampilan Anda terdaftar dan mengubah resolusi, orientasi, dan cara kerja tampilan di bawah menu tarik-turun “Beberapa tampilan”.

Jika Anda tidak melihat TV Anda terdaftar dan tidak ada yang muncul, klik Deteksi dan tunggu. Setelah Anda mendeteksi TV, Anda dapat mengatur pemosisiannya, sehingga tampilan muncul di posisi yang benar saat Anda menggerakkan mouse.

Di Mac, Anda dapat melakukan hal yang sama di Preferensi Sistem (Pengaturan Sistem) > Tampilan > Pengaturan tampilan. Klik TV Anda seperti yang muncul di bilah sisi, lalu pilih resolusi, kecepatan refresh, dan alihkan mode HDR jika tersedia.

Anda dapat memposisikan ulang layar dengan mengeklik dan menyeret di bawah panel preferensi “Tampilan” standar.

Menghubungkan ke TV Secara Nirkabel

Sambungan nirkabel lebih nyaman karena tidak memerlukan kabel. Namun, mereka terkadang memberikan pengalaman yang tidak stabil. Bandwidth terbatas melalui koneksi nirkabel, sehingga kualitas gambar dan kualitas pemutaran mungkin menurun. Interferensi dari perangkat di sekitar juga dapat memengaruhi koneksi ini.

Di Mac, Anda dapat menggunakan AirPlay untuk mencerminkan seluruh tampilan ke perangkat AirPlay seperti Apple TV (dekoder, bukan langganan streaming). Banyak TV baru sudah mendukung AirPlay tanpa memerlukan Apple TV.

Untuk membuat sambungan, klik ikon Pusat Kontrol di bilah menu di bagian atas layar Mac Anda dan pilih “Pencerminan Layar”, diikuti oleh perangkat yang Anda inginkan mirror to.

Menggunakan browser Chrome, Anda juga dapat menggunakan Chromecast dengan perangkat Windows atau macOS untuk “mentransmisikan” konten dari laptop Anda. Ini berfungsi dengan tab browser, situs berkemampuan Chromecast, dan aplikasi berkemampuan Chromecast.

Anda dapat mentransmisikan seluruh desktop Windows 11 dengan Chromecast atau tetap menggunakan konten seperti tab dan file sebagai gantinya.

Opsi lain adalah menggunakan Intel WiDi atau Miracast standar terbuka . Dukungan tergantung pada TV yang Anda miliki. Beberapa model terhubung dengan menambahkan TV sebagai perangkat Bluetooth (sesuai Samsung atau Sony).

Microsoft memiliki instruksi sendiri untuk menghubungkan ke perangkat Miracast dengan Windows 10 dan 11. Instruksi melibatkan penggunaan opsi “Cast” yang muncul di bawah ikon Jaringan di bilah tugas.

Gunakan DLNA/UPnP untuk Konten Video

Jika Anda mencoba menonton konten video di TV menggunakan laptop, mungkin ada cara yang lebih baik untuk melakukannya daripada menggunakan kabel atau teknologi nirkabel seperti AirPlay atau Miracast.

Streaming media melalui jaringan lokal menggunakan Digital Network Living Alliance (DLNA) atau Universal Plug and Play (UPnP) mudah dan akan berfungsi dengan baik selama jaringan Anda dapat menangani bandwidth.

Menyiapkan ini melibatkan menyalakan streaming media di bawah pengaturan Windows atau menginstal aplikasi seperti Plex atau Universal Media Server sebagai gantinya. Anda juga dapat menggunakan pemutar media seperti Elmedia Player untuk “melempar” ke penerima pilihan Anda.

Mengatur dan mengkonfigurasi “server” Anda untuk berbagi folder tertentu, lalu mengaksesnya di TV Anda melalui jaringan (sering muncul di daftar “Input” ). Sebagian besar TV dengan Wi-Fi dari 15 tahun terakhir atau lebih akan mendukung metode streaming ini.

Kelemahan Menggunakan TV dengan Laptop Anda

TV memiliki keunggulan ukuran jika dibandingkan dengan kebanyakan monitor. Mereka bagus untuk menonton film dan bermain game, dan mereka ideal jika Anda akan duduk cukup jauh. Jika Anda memiliki TV cadangan yang ingin Anda gunakan, mencolokkan laptop Anda dan menonton YouTube atau menjalankan beberapa emulator adalah ide yang bagus.

Namun, ada beberapa kekurangannya. Untuk memulai, TV jarang menjadi pengganti yang cocok untuk monitor. Kepadatan piksel jauh lebih rendah di TV karena panelnya lebih besar dan dirancang untuk dilihat dari jarak yang lebih jauh. Ini berarti Anda lebih mungkin untuk dapat melihat piksel individu saat duduk dekat. Rendering

Text juga umumnya sangat buruk di TV dibandingkan dengan monitor. Ini karena tata letak sub-piksel berbeda di TV. Monitor dirancang khusus untuk membuat teks terlihat tajam.

Ada juga masalah ukuran, dengan banyak TV yang membutuhkan dudukan lebih besar yang menghabiskan banyak ruang meja. Kecuali Anda dapat memasang di dinding, monitor besar (seperti ultrawide) mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Tentu saja, ada pengecualian untuk aturan tersebut (dengan LG sekarang memproduksi OLED C2 42 inci yang berfungsi dengan baik sebagai monitor). Tetapi jika Anda akan melakukan banyak “pekerjaan monitor”, seperti menjelajahi web atau melihat spreadsheet, gunakan monitor sebagai gantinya.

Anda mungkin harus membeli monitor jika perhatian utama Anda adalah perluasan laptop Anda melalui lebih dari satu layar untuk alasan produktivitas. Namun, jika Anda tertarik untuk mendapatkan TV baru untuk bermain game atau menginginkan sesuatu untuk menonton film dan konten lainnya sambil sesekali mencolokkan laptop Anda, lihat panduan kami untuk membeli TV.

Setelah melakukannya, lihat rekomendasi TV terbaik kami, rekomendasi TV game, dan rekomendasi TV anggaran untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Itulah berita seputar Cara Menghubungkan Laptop ke TV, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.