Cara Menghubungkan Ponsel Android ke PC Windows 11 Dengan Microsoft Phone Link

Microsoft Phone Link—sebelumnya dikenal sebagai “Telepon Anda”—adalah aplikasi penting untuk pengguna Windows 11 dengan ponsel Android. Ini memberi Anda akses ke notifikasi, pesan, dan foto ponsel Anda langsung di PC Anda. Kami akan membantu Anda menyiapkannya.

Kami akan memulai proses di sisi Android. Aplikasi pendamping disebut “Link to Windows” dan tersedia dari Google Play Store di ponsel atau tablet Android Anda. Pilih perangkat Samsung Galaxy yang sudah menginstal aplikasi ini.

Setelah diinstal, buka aplikasi dan ketuk “Tautkan Ponsel dan PC Anda” untuk memulai.

Selanjutnya, kita akan pindah ke PC Windows 11 Anda. Buka aplikasi Tautan Telepon dan klik “Memulai.” Aplikasi Phone Link sudah diinstal sebelumnya di PC Windows 11.

Tip: Aplikasi ini juga disertakan di Windows 10. Anda dapat menggunakan Tautan Telepon di Windows 10 serta Windows 11 PCs.

Centang kotak “Saya sudah memiliki Tautan ke aplikasi Windows” dan klik “Pasangkan Dengan Kode QR”. Tautan ke aplikasi Windows. Arahkan kamera ke kode QR di PC Anda.

Setelah terhubung, Anda harus memberikan beberapa izin kepada aplikasi Android agar dapat berfungsi dengan baik. Ketuk “Lanjutkan” untuk melanjutkan.

Izin yang diperlukan mencakup kontak, membuat dan mengelola panggilan telepon, mengakses media, serta mengirim dan menerima pesan teks. Ketuk “Izinkan” untuk melanjutkan dengan semuanya.

Sekarang aplikasi memiliki izin, Anda mungkin diminta untuk mengizinkannya berjalan di latar belakang agar tetap terhubung ke PC Anda. Ketuk “Lanjutkan” untuk melanjutkan.

Sebuah pop-up akan menanyakan apakah Anda ingin mengizinkan aplikasi untuk selalu berjalan di latar belakang. Pilih “Izinkan.”

Kami sudah selesai dengan ponsel Android Anda sekarang. Di PC Windows 11 Anda, aplikasi Phone Link akan memiliki tombol “Lanjutkan” untuk mengklik.

Aplikasi Phone Link sekarang akan memandu Anda dalam menyiapkan beberapa fitur. Kami akan mulai dengan “Lihat Notifikasi Saya.”

Untuk mengirim notifikasi ke PC Anda, aplikasi Tautan ke Windows memerlukan izin untuk melihat notifikasi Android. Klik “Buka Pengaturan di Ponsel” di bilah sisi untuk memulai.

Periksa perangkat Android Anda untuk pemberitahuan yang meminta Anda untuk membuka pengaturan pemberitahuan. Ketuk “Buka” untuk membukanya.

Anda akan dibawa ke pengaturan “Pemberitahuan Perangkat & Aplikasi”. Cari “Link to Windows” dalam daftar dan pastikan “Allow Notification Access” diaktifkan.

Itu dia! Pemberitahuan muncul di bilah samping “Pemberitahuan” di aplikasi Windows. Saat pemberitahuan muncul, Anda dapat menghapusnya dari perangkat Android dengan mengeklik ikon “X”.

Tab “Pesan” tidak memerlukan penyiapan tambahan. Ini berfungsi seperti aplikasi perpesanan lainnya. Anda dapat membaca dan membalas pesan dari PC Anda.

Tab “Foto” juga tidak memerlukan pengaturan apa pun. Ini menunjukkan foto terbaru dari perangkat Android Anda.

Terakhir, bilah sisi menampilkan tingkat baterai perangkat Anda yang terhubung dan memungkinkan Anda menyesuaikan beberapa pengaturan perangkat dan mengontrol media yang sedang diputar.

Sekarang Anda siap menggunakan ponsel Android dari PC Windows 11 Anda ! Phone Link adalah aplikasi yang sangat berharga untuk menyelamatkan Anda dari terus-menerus bertukar bolak-balik antara ponsel dan PC.

Itulah berita seputar Cara Menghubungkan Ponsel Android ke PC Windows 11 Dengan Microsoft Phone Link, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.