Cara Mengidentifikasi dan Mengukur Beban Phantom (Phantom Load) di Listrik Rumah Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Siapa yang ingin membayar lebih banyak untuk tagihan listrik mereka jika tidak perlu? Berikut cara mengidentifikasi dan mengukur beban hantu untuk menghemat uang.

Apa itu Beban Hantu (Phantom Load)?

“Muatan hantu” atau Phantom Load adalah frasa yang biasa digunakan untuk merujuk pada daya siaga yang dikonsumsi oleh peralatan dan perangkat saat tidak digunakan secara aktif.

Jika Anda’ kembali mendengarkan musik melalui pengaturan stereo rumah Anda dan konsumsinya adalah 80 watt, itu adalah beban aktif. Saat stereo mati, dan masih menggunakan daya 5 watt, itulah beban phantom.

Tidak semua beban hantu secara inheren buruk, meskipun reaksi awal Anda adalah menganggap bahwa daya apa pun digunakan saat Anda tidak aktif menggunakan perangkat atau alat adalah pemborosan daya. Ada kelebihan dan kekurangan beban hantu perangkat, dengan hampir semua keuntungan berpusat pada kenyamanan kita—seperti memastikan perangkat menyala dengan cepat atau mempertahankan pengaturannya.

Tetapi, menghilangkan beban hantu di sekitar rumah Anda saat beban hantu itu tidak bermanfaat Anda atau membuat hidup Anda lebih nyaman adalah upaya mulia yang baik untuk lingkungan dan akan menghemat uang Anda.

Berapa banyak uang yang akan Anda hemat? Meskipun hal itu sangat bergantung pada susunan rumah tangga Anda dan berapa banyak perangkat yang Anda miliki, rata-rata rumah tangga dapat dengan mudah menghemat ratusan dolar setahun dalam biaya listrik per tahun dengan secara agresif menghilangkan beban hantu.

Tapi jangan khawatir; kami tidak akan membiarkan Anda menggantung dengan perkiraan yang tidak jelas. Sebentar lagi, kami akan menunjukkan cara mengukur beban sendiri dan menghitung berapa biayanya.

Cara Mengidentifikasi Beban Phantom

Jadi, bagaimana Anda mengidentifikasi perangkat mana yang memiliki beban hantu dan mana yang tidak? Meskipun satu-satunya cara untuk memastikan adalah dengan benar-benar mengukur konsumsi listrik perangkat, ada beberapa tanda-tandanya.

Berikut adalah beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan tentang perangkat tertentu. Jika jawaban untuk pertanyaan apa pun adalah ya, perangkat memiliki beban daya hantu.

Apakah perangkat atau “kutil dinding” perangkat yang mengisi bata hangat saat disentuh saat perangkat dimatikan? Apakah perangkat ini memiliki remote control, atau dapatkah dihidupkan dari jarak jauh melalui jaringan lokal atau cara lain? Apakah ada lampu, layar, atau indikator lain yang tetap menyala saat perangkat dimatikan? Apakah perangkat dapat diprogram dan/atau mempertahankan pengaturan, tanpa bantuan baterai, antara menggunakan?Apakah perangkat memiliki fungsi pengatur waktu untuk mengotomatiskan beberapa proses (membuat kopi, menyalakan lampu, dll.)?

Singkatnya, jika perangkat menyala secara instan (terutama dengan remote control) atau tampaknya siap untuk pergi seolah-olah itu sebagian dinyalakan dan menunggu, ini adalah indikator yang bagus, memang, sebagian dinyalakan.

Cara Mengukur Beban Phantom

Mari kita lihat bagaimana mengukur beban hantu pada tingkat perangkat individual dan kemudian bagaimana, untuk orang-orang yang penasaran di luar sana, periksa phantom d mentah dari seluruh rumah Anda.

Cara Mengukur Beban Hantu Perangkat Individu

Saat meletakkan tangan Anda di atas batu bata listrik dan merasakan kehangatan akan memberi tahu Anda bahwa perangkat menggunakan beberapa daya, itu tidak akan memberi tahu Anda berapa banyak. Untuk mengetahui berapa banyak, Anda memerlukan alat pengukur.

Perangkat pilihan kami, dan yang kami rekomendasikan selama bertahun-tahun sekarang, adalah monitor listrik P3 International P4460 Kill a Watt. Anda tidak hanya dapat menyambungkan perangkat ke dalamnya dan melihat dengan tepat berapa watt daya yang ditarik perangkat, tetapi Anda dapat memprogram Kill a Watt dengan harga listrik per kWh lokal Anda dan mendapatkan perkiraan di perangkat untuk berapa banyak perangkat tertentu dikenakan biaya untuk menjalankannya per hari, minggu, bulan, dan tahun.

The Kill a Watt akurat hingga 0,2% watt dan dapat mengukur hingga 0,1W. Meskipun perlu dicatat bahwa di bawah 1W, terutama di bawah 0,5W, watt meter komersial dasar, termasuk Kill a Watt, kurang akurat.

Pada tingkat daya siaga yang sangat rendah, Anda memerlukan peralatan laboratorium yang lebih canggih untuk mengukur daya dengan akurasi yang ekstrem. Namun, untuk tujuan kita, Kill a Watt berguna dan bernilai tinggi. Lebih penting untuk mengetahui apakah perangkat memiliki beban hantu 20W daripada mengetahui apakah beban hantu benar-benar 0,6W atau 0,4W.

Kami memiliki panduan terperinci untuk menggunakan pengukur Kill A Watt untuk mengukur energi rumah Anda gunakan jika Anda ingin membaca lebih lanjut tentangnya, tetapi menggunakannya untuk mengukur daya siaga satu perangkat cukup mudah. Cukup colokkan dan baca output di layar.

Anda mungkin akan terkejut dengan hasilnya. Sementara banyak perangkat, seperti pengisi daya ponsel, akan memiliki beban hantu yang sangat kecil sehingga tidak dapat diukur oleh Kill a Watt, hal-hal lain menggunakan lebih banyak daya daripada yang Anda harapkan.

Saya menguji beberapa TV pintar Samsung di sekitar rumah saya, misalnya , dan beban hantu yang menganggur berkisar antara 14-18W tergantung pada ukuran TV. Dengan biaya daya 12 sen per kWh, membiarkan TV terpasang dan tidak digunakan selama satu tahun akan dikenakan biaya sekitar $17 per TV.

Cara Mengukur Beban Phantom Bersih di Rumah Anda

Mengukur beban individual perangkat untuk menentukan apakah, berdasarkan kasus -dasar kasus, ada baiknya menjaga perangkat tetap terhubung sepanjang waktu adalah satu hal. Tetapi bagaimana jika Anda ingin tahu tentang keseluruhan beban hantu di rumah Anda? Rumah Anda memiliki mode “siaga” ketika Anda tidak menikmati semua kenyamanan makhluk, jadi apa itu? Berikut adalah bagaimana Anda bisa mendapatkan gambaran kasar tentang berapa banyak energi yang dikonsumsi rumah Anda di negara bagian yang berbeda.

Untuk melakukannya, Anda memerlukan akses ke meteran listrik untuk rumah Anda sehingga Anda dapat membaca data yang disajikan di dalamnya. Anda juga memerlukan stopwatch dan kalkulator. Kami menguraikan metode dan persamaan yang diperlukan di bagian artikel ini yang berjudul “Menggunakan Meteran Listrik Anda untuk Mengukur Penggunaan Listrik,” jadi tinjau bagian itu sebelum melanjutkan karena kami tidak akan mengulangi seluruh proses di sini. Alih-alih, kami akan fokus pada kiat untuk membantu Anda memahami secara nyata apa beban phantom bersih rumah Anda.

Pertama, mari buat garis dasar untuk memiliki titik referensi dan dasar untuk menilai perubahan apa pun. Jangan ubah apa pun di rumah Anda, seperti mencabut perangkat. Pergi ke luar ke meteran dan ukur penggunaan energi dengan teknik yang diuraikan dalam artikel di atas. Katakanlah, sebagai contoh, Anda menghitung konsumsi daya per jam Anda adalah 1.400W—yang cukup dekat dengan rata-rata nasional.

Setelah menetapkan garis dasar, masuk ke dalam rumah Anda dan matikan atau cabut peralatan atau perangkat apa pun yang diperlukan ke fungsi rumah Anda dan/atau tidak dapat dicabut.

Misalnya, Anda tidak akan pernah mematikan tungku untuk menghemat daya siaga, atau mencabut steker lemari es Anda. Efisien atau tidak, hal-hal tersebut harus tetap ada demi keselamatan dan kesejahteraan Anda. Namun, dengan mematikannya sebentar, kami dapat menghapus daya siaga apa pun yang mungkin mereka konsumsi dari evaluasi rumah kami dan fokus pada semua hal lain yang tetap tersambung, seperti TV, komputer, speaker pintar, dll.

Dengan item tersebut dicabut dan perangkat lainnya di rumah dicolokkan tetapi dimatikan, kembali ke luar dan periksa meteran Anda lagi. Sebagai contoh, katakanlah pembacaan dan perhitungan Anda menunjukkan rumah Anda menggunakan daya 900W. Itulah penarikan daya idle kolektif dari semuanya (kecuali kulkas dan yang baru saja Anda cabut) di rumah Anda. Setiap TV, setiap soket ekstensi, setiap pengisi daya telepon, bahkan phantom load terkecil, jika ada, dari setiap papan sirkuit di setiap bohlam LED.

Jika Anda lebih penasaran, Anda dapat kembali dan mencabut lebih banyak hal. Cabut TV di ruang tamu. Cabut konsol game lama Anda yang hampir tidak pernah Anda mainkan. Cabut apa pun yang Anda tidak ingin akses instan tanpa kerumitan—jika Anda ingin sedikit direpotkan sesekali untuk mencolokkannya guna menghemat uang, cabut sekarang.

Lakukan pembacaan terakhir meteran listrik. Katakanlah bacaannya sekarang 600W. Perbedaan antara pembacaan idle-tapi-dicolokkan, 900W, dan pembacaan idle-tapi-dicabut, 600W, adalah 300W.

Pada 12 sen per kWh, beban siaga 300W, selama satu tahun penuh, dikenakan biaya $315,36. Itu bukan jumlah uang yang tidak signifikan dan uang yang mungkin membuat Anda serius mempertimbangkan untuk mencabut semuanya saat Anda tidak menggunakannya.

Itulah berita seputar Cara Mengidentifikasi dan Mengukur Beban Phantom di Rumah Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.