Cara Mengidentifikasi Warna pada Layar Komputer

Dunia digital menerjemahkan warna di sekitar kita menjadi kombinasi sederhana dari huruf dan angka. Untuk mendapatkan warna apa pun yang Anda suka, Anda hanya perlu mendapatkan kodenya, dan Anda akan dapat mereplikasinya.

Apakah warna tertentu menarik perhatian Anda saat menjelajahi web? Atau apakah Anda perlu menggunakan warna tertentu dalam desain Anda agar semuanya tetap konsisten? Berikut cara mengambil kode RGB atau HEX dari setiap piksel di layar Anda.

Identifikasi Nilai Warna RGB atau HEX di Layar

Mengidentifikasi nilai RGB atau HEX warna di layar Anda tidak memerlukan mata ahli atau alat yang mahal. Di PC, ada beberapa cara mudah untuk mendapatkan kode warna Anda.

Gunakan Aplikasi PC

Cara pertama untuk mengambil warna apa pun dari layar Anda adalah dengan menggunakan aplikasi komputer. Anda mungkin sudah memiliki aplikasi ini di PC Anda.
Tetes Mata Instan untuk Windows
Jika Anda perlu sering mengambil kode warna, memiliki alat sederhana di tangan akan membuat hidup Anda lebih mudah. Instan Eyedropper adalah aplikasi gratis khusus untuk Windows mulai sekarang.

Setelah Anda menginstalnya, Anda akan dapat mengaksesnya dari baki sistem Anda. Cukup tekan dan tahan tombol kiri mouse pada warna pilihan Anda, lalu lepaskan. Aplikasi akan langsung menyalin kode warna ke clipboard Anda, dan Anda dapat menempelkannya ke program mana pun yang Anda inginkan. Eyedropper Instan bekerja pada Windows XP-10.
Pengukur Warna Digital untuk Mac
Pengukur Warna Digital adalah alat serupa yang telah diinstal sebelumnya pada perangkat Mac. Buka folder Aplikasi Anda dan temukan Utilitas. Alat Pengukur Warna Digital seharusnya ada di sana.

Menjalankan aplikasi ini akan mengubah kursor Anda menjadi alat tetes mata yang dapat Anda gunakan untuk mengambil warna apa pun dari layar Anda. Aplikasi akan menampilkan nilai RGB secara default. Anda dapat menyalinnya dan mengubahnya menjadi HEX nanti atau mengubah opsi untuk mendapatkan warna yang Anda inginkan.
SIP untuk Mac
Jika Anda memerlukan alat yang lebih canggih, Anda dapat melihat ke SIP, tersedia untuk Mac. SIP lebih dari sekadar pemilih warna. Ini juga menawarkan banyak fitur canggih yang akan dihargai oleh perancang web mana pun. Anda dapat mengedit warna dengan mudah, mengaturnya ke dalam palet, dan mengubah formatnya agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sayangnya, SIP bukanlah alat gratis, tetapi mereka menawarkan uji coba gratis. Anda dapat mencobanya untuk melihat apakah fitur tambahan tersebut sepadan dengan uang Anda.

Keuntungan dari aplikasi desktop ini adalah mereka dapat mengambil warna dari hampir semua bagian layar Anda. Alat browser di bawah ini hanya dapat melakukannya di dalam halaman web. Tentu saja, Anda dapat melewati batasan ini dengan mengunggah foto atau tangkapan layar untuk melihatnya di browser Anda.

Gunakan Browser Anda

Cara langsung berikut untuk mendapatkan warna kode RGB atau HEX cukup menggunakan alat bawaan browser Anda. Anda hanya dapat memilih warna dari halaman web yang ada, tetapi Anda dapat menggunakan Firefox dan Chrome untuk ini.

Inilah tempat untuk menemukan alat pemilih warna Firefox:
Luncurkan Firefox dan buka situs web tempat Anda ingin mengekstrak kode warna. Klik menu browser Anda (tiga garis horizontal) di sudut kanan atas. Temukan Alat Pengembang Web di antara opsi. Mungkin di bawah “Alat lainnya.” Sebuah jendela akan terbuka di bagian bawah halaman. Temukan ikon pipet, dan Anda akan dapat menyalin kode warna dengan satu klik.
Langkahnya serupa di Chrome:
Luncurkan Chrome dan buka situs web yang Anda inginkan.Klik menu (tiga titik vertikal) di sudut kanan atas dan temukan “Alat Pengembang” di bawah “Alat Lainnya”. Sebuah jendela akan terbuka di sisi kanan halaman. Temukan dan klik “Gaya” di bagian kedua. Di bawah “tubuh”, Anda akan melihat banyak kotak berwarna. Klik salah satu dari mereka untuk mengaktifkan pemilih warna.
Tip: Anda juga dapat membuka alat pengembang di kedua browser dengan mengklik kanan pada halaman mana pun dan memilih “Periksa.”

Gunakan Ekstensi Peramban

Selain alat pengembang, Anda juga dapat menggunakan ekstensi peramban yang praktis untuk memilih warna apa pun dari halaman web. Lihat ekstensi berikut yang semuanya berfungsi:
ColorZillaColorPick EyedropperEye Dropper
Gunakan Situs Web

Anda tidak perlu aplikasi atau ekstensi untuk mengidentifikasi kode RGB atau HEX untuk sebuah warna. Jika Anda memiliki gambar tertentu yang ingin Anda ambil warnanya, Anda juga dapat menggunakan situs web. Situs web yang tak terhitung jumlahnya memungkinkan Anda mengunggah foto, mengekstrak kode warna, atau bahkan menghasilkan palet yang harmonis.
PineTools Pemilih Warna Gambar Temukan alat Pemilih Warna Gambar di situs web PineTools dan unggah gambar Anda. Perbesar jika perlu untuk menemukan piksel yang ingin Anda ambil. Anda akan mendapatkan nilai RGB dan kode HEX dengan satu klik sederhana.
Image Color Picker
Situs web Image Color Picker menawarkan beberapa opsi selain hanya mengunggah gambar. Klik “Gunakan Gambar Anda” dan pilih di mana Anda ingin mengimpor gambar. Anda dapat mengklik bagian mana pun dari gambar untuk warna tertentu, tetapi situs web juga menyarankan palet warna berdasarkan gambar.
Image Color Finder
Selain pemilih warna sederhana, Image Color Finder juga dapat berfungsi sebagai alat kreatif. Anda dapat membuat piksel gambar yang diunggah untuk gambaran warna yang lebih baik dan memperbesar sebanyak yang Anda inginkan. Situs ini juga secara otomatis menyarankan beberapa warna.

Ambil Tangkapan Layar

Akhirnya, Anda dapat mengidentifikasi kode warna tanpa semua alat yang disebutkan di atas. Sebagai gantinya, Anda akan mengambil tangkapan layar dan memilih warna dari sana.
Pastikan warna yang ingin Anda pilih terlihat di layar Anda.Ambil tangkapan layar dengan menekan tombol Print Screen keyboard Anda (PrntScr, PrtScn, dll.) di Windows atau dengan menekan dan menahan “Shift + Command + 3” secara bersamaan di Mac. Tangkapan layar Anda akan secara otomatis disalin ke papan klip Anda. Tip: Anda juga dapat menangkap hanya sebagian dari layar Anda. Di Windows, buka Snipping Tool dari Start Menu. Di Mac, gunakan pintasan “Shift + Command + 4”. Buka MS Paint (atau aplikasi pengolah gambar lainnya) dan tempel tangkapan layar. Temukan alat pipet dan pilih warna. Klik “Edit warna” di sebelah palet warna di MS Cat. Di bawah penggeser, Anda akan melihat nilai RGB dari warna Anda saat ini. Untuk mengubah angka-angka ini menjadi kode HEX, Anda memerlukan bantuan situs web. Buka RGB ke HEX dan masukkan nilai di bidang yang sesuai. Klik “Konversi to Hex”, dan Anda akan mendapatkan kode Anda.
Tanya Jawab Umum Tambahan
Apa perbedaan antara RGB dan HEX? Yang mana yang saya butuhkan?

RGB dan kode HEX mengekspresikan warna yang sama. Namun demikian, kode yang Anda perlukan bergantung pada tujuan penggunaannya. Kode RGB menginstruksikan layar Anda tentang berapa banyak cahaya merah, hijau, dan biru yang dipancarkan untuk menghasilkan warna yang diinginkan. Kode HEX mengirimkan informasi yang sama tetapi dalam bahasa pengkodean.

Perancang atau pengembang kemungkinan besar memerlukan kode warna HEX.
Bagaimana cara mengidentifikasi warna pada perangkat seluler?

Untuk memilih warna dari layar perangkat seluler, Anda dapat mengunduh aplikasi atau menggunakan salah satu situs web yang disebutkan di atas. Ada juga alat Color Picker untuk iOS di dalam alat Markup. Ini juga dapat memberi Anda kode warna HEX.

Dapatkan Warna Apa Saja yang Anda Lihat Hanya dengan Satu Klik

Menggunakan kode warna RGB atau HEX memastikan bahwa tidak ada kemungkinan kesalahan. Berkat bahasa warna universal ini, Anda dapat menjaga desain Anda tetap konsisten dengan nuansa yang sama. Karena ada banyak cara untuk mengekstrak kode warna di layar, Anda hanya perlu menemukan metode termudah untuk Anda.

Alat pemetik warna apa yang Anda sukai? Atau apakah Anda memiliki metode tepercaya lain untuk ditambahkan? Beri tahu kami di bawah.