Cara Mengimpor Data Dengan Fungsi Google Spreadsheet

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Anda mungkin ingin bekerja dengan data di spreadsheet Anda yang berada di tempat lain. Dengan menggunakan serangkaian fungsi Google Spreadsheet, Anda dapat mengimpor data dari file CSV, umpan RSS, halaman web, atau spreadsheet lain.

Dengan fungsi yang akan kami jelaskan di sini, Anda dapat menarik data ke dalam sheet dari sumber eksternal. Kemudian, analisis, manipulasi, format, dan lakukan sesuka Anda dengan data baru Anda.

IMPORTDATA untuk File CSV atau TSV

Jika Anda melihat file CSV atau TSV di situs web yang ingin Anda impor, Anda dapat menggunakan fungsi IMPORTDATA.

Sintaks untuk fungsi ini adalah IMPORTDATA(reference, delimiter, locale) di mana hanya argumen pertama yang diperlukan sebagai URL atau referensi sel. Jika Anda ingin menggunakan pembatas yang berbeda dari tipe file default, gunakan argumen pembatas. Dan jika Anda perlu mengubah bahasa, gunakan argumen lokal dengan kode wilayah.

Di sini, kami akan mengimpor file CSV menggunakan URL dengan rumus ini:

=IMPORTDATA("https://www.bls.gov/cew /classifications/aggregation/agg-level-titles-csv.csv")

Dalam contoh ini, kami menambahkan argumen pembatas daripada menggunakan default (koma) untuk file CSV:

=IMPORTDATA("https://www.bls .gov/cew/classifications/aggregation/agg-level-titles-csv.csv",".")

IMPORTFEED untuk RSS atau ATOM Feed

Mungkin ada RSS atau ATOM feed yang ingin Anda ambil datanya untuk memanipulasinya di sheet Anda . Anda akan menggunakan fungsi IMPORTFEED.

Sintaks untuk fungsi tersebut adalah IMPORTDATFEED(reference, query, headers, number_items) di mana hanya argumen pertama yang diperlukan, dan Anda dapat gunakan URL atau referensi sel.

Query: Masukkan “item” default atau gunakan “feed” untuk satu baris data, “feed [type]” untuk elemen feed tertentu, atau “item [type]” untuk elemen feed tertentu elemen item.Headers: Defaultnya adalah FALSE, tetapi Anda dapat menggunakan TRUE untuk menyertakan baris header.Number_items: Defaultnya adalah semua item dalam feed, tetapi Anda dapat memasukkan jumlah item tertentu.

Untuk mengimpor feed How-To Geek kami dengan lima item, Anda dapat menggunakan rumus ini:

=IMPORTFEED("https://www.emka.com/feed","items",5)

Menggunakan rumus berikutnya, Anda dapat mengimpor lima item dari feed yang sama dan sertakan baris header:

=IMPORTFEED("https://www.emka.com/feed","items",TRUE,5)

Untuk satu contoh lagi, menggunakan feed yang sama, kita akan mengimpor judul untuk lima item menggunakan rumus ini:

=IMPORTFEED("https://www.emka.com/feed","judul item",5)

IMPORTHTML untuk Tabel atau Daftar di Halaman Web

Tabel dan daftar dari web halaman (HTML) mudah diimpor ke Google Spreadsheet dengan fungsi IMPORTHTML.

Sintaks untuk fungsi ini adalah IMPORTHTML(referensi, kueri, indeks) di mana Anda mungkin ingin menggunakan ketiga argumen tergantung pada halaman. Masukkan URL atau sel untuk referensi, “tabel” atau “daftar” untuk kueri, dan nomor untuk indeks. Indeks adalah pengidentifikasi dalam HTML halaman untuk tabel atau daftar jika ada lebih dari satu.

Sebagai contoh, kami akan mengimpor tabel pertama di halaman Wikipedia untuk film Star Wars menggunakan rumus ini:

=IMPORTHTML("https: //en.wikipedia.org/wiki/List_of_Star_Wars_films","table",1)

Ketika Anda melihat halaman web, Anda dapat melihat tabel pertama ini adalah tabel di kanan atas.

Karena ini adalah tabel berikutnya di halaman itu, kami benar-benar inginkan, kami akan memasukkan nomor indeks berikutnya sebagai gantinya dengan rumus ini:

=IMPORTHTML("https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Star_Wars_films","table",2)

Sekarang kami memiliki tabel yang ditunjukkan di bawah ini di Google Sheet sebagai gantinya.

Untuk satu contoh lagi, kami akan mengimpor daftar dari halaman yang sama. Ini adalah daftar ketiga yang diidentifikasi pada halaman yang merupakan isi artikel. Berikut rumusnya:

=IMPORTHTML("https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Star_Wars_films","list",3)

IMPORTRANGE untuk Rentang Sel dalam Spreadsheet

Satu fungsi impor yang lebih praktis adalah untuk memasukkan data dari spreadsheet lain . Meskipun cukup mudah untuk menarik data dari lembar di buku kerja yang sama, Anda mungkin menginginkan data dari buku kerja yang berbeda. Untuk ini, Anda dapat menggunakan fungsi IMPORTRANGE.

lain Sintaks untuk fungsi tersebut adalah IMPORTRANGE(referensi, sheet_range) di mana Anda memerlukan kedua argumen. Masukkan URL untuk lembar dalam tanda kutip atau gunakan referensi sel. Kemudian, sertakan nama sheet dan rentang sel sebagai string atau referensi sel, keduanya harus dalam tanda kutip.

Saat pertama kali memasukkan rumus untuk fungsi IMPORTRANGE, Anda mungkin akan melihat kesalahan seperti di bawah ini. Ini hanya untuk mengingatkan Anda bahwa Anda perlu mengizinkan akses ke lembar yang ingin Anda impor. Pilih “Izinkan Akses” untuk melanjutkan.

Dalam contoh ini, kami akan mengimpor rentang A1 hingga E7 dari buku kerja lain. Buku kerja ini hanya memiliki satu lembar, sehingga impor berhasil tanpa nama lembar. Berikut rumusnya:

=IMPORTRANGE("https://docs.google.com/spreadsheets/d/mysheet/edit","A1:E7")

Untuk contoh berikutnya, kami mengimpor dari buku kerja lain yang memiliki banyak lembar . Jadi, Anda akan menyertakan nama sheet dan rentang sel sebagai string tunggal: Sales!D1:F13

=IMPORTRANGE("https://docs.google.com/spreadsheets/d/mysheet/edit#gid=111525310"," Penjualan!D1:F13")

Fungsi impor Google Spreadsheet ini bisa sangat berguna saat Anda membutuhkan data eksternal seperti jenis yang disebutkan di sini. Perlu diingat bahwa jika Anda ingin mengimpor jenis file tertentu dari komputer Anda, seperti buku kerja Microsoft Excel, Anda dapat melakukannya dengan menu Google Sheets.

Itulah berita seputar Cara Mengimpor Data Dengan Fungsi Google Spreadsheet, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.