Cara Mengimpor Kunci GPG di Ubuntu & Debian (tanpa apt-key)

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Sistem berbasis Debian terbaru telah menghentikan penggunaan perintah apt-key. Perintah ini digunakan untuk mengimpor kunci penandatanganan GPG ke sistem. Perintah ini berfungsi dengan baik hingga Debian 10 dan turunannya. Setelah rilis Debian 11 (dan turunannya seperti Ubuntu 22.04), pengguna mulai mendapatkan pesan peringatan di layar selama impor kunci. Anda akan melihat pesan peringatan “Warning: apt-key is deprecated. Kelola file keyring di Trusted.gpg.d sebagai gantinya (lihat apt-key(8))“. Karena ini adalah pesan peringatan, Anda masih dapat menggunakan perintah apt-key tetapi versi Debian dan Ubuntu yang lebih baru akan menghapus dukungan dari perintah ini. Kunci GPG dan untuk repositori. Dalam artikel ini, kita akan membahas, cara aman mengimpor kunci penandatanganan repositori GPG ke Ubuntu, Debian, Linux Mint dan Pop!_OS, dll.
Mengonfigurasi Kunci GPG Tanpa apt-key

Anda dapat mengunduh kunci OpenPGP di sistem Anda menggunakan wget atau perintah ikal. Kemudian sayangi Kuncinya dan simpan ke sistem Anda. Misalnya, kita perlu mengkonfigurasi Webmin PPA di sistem kita. Kemudian, pertama saya harus menginstal kunci GPG menggunakan salah satu perintah di bawah ini:
Menggunakan perintah wget:

wget -O- https://download.webmin.com/jcameron-key.asc | sudo gpg --dearmor | sudo tee /usr/share/keyrings/jcameron-key.gpg > /dev/null 2>&1 

Using perintah curl:

curl https://download.webmin.com/jcameron-key.asc | gpg --dearmor | sudo tee /usr/share/keyrings/jcameron-key.gpg > /dev/null 2>&1

Perintah di atas akan membuat file di /usr/share/keyrings/jcameron-key.gpg pada sistem Anda. Jadi, Sekarang Anda telah berhasil mengonfigurasi kunci GPG di sistem Anda.
Menambahkan kunci GPG di Ubuntu 22.04Konfigurasikan kunci gpg dengan dearmor
Selanjutnya, edit file PPA Webmin dalam editor teks dan konfigurasikan dengan f yang dibuat di atas ile seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Referensi tecadmin.com