Cara Menginstal Codec HEVC Gratis di Windows 11 (untuk Video H.265)

Pengodean Video Efisiensi Tinggi, biasanya disebut HEVC atau H.265, saat ini merupakan standar untuk mengompresi video. Sebagian besar konten baru dikodekan menggunakan HEVC — tetapi tidak disertakan dengan Windows 11, dan codec biasanya membutuhkan biaya. Berikut cara mendapatkan HEVC secara gratis.

Apa itu HEVC?

HEVC adalah algoritme kompresi — dibutuhkan file video besar, tidak terkompresi (atau terkompresi minimal) dan membuatnya jauh lebih kecil dengan hanya sedikit penurunan kualitas.

Mengompresi file video memungkinkan layanan streaming seperti Netflix atau Hulu untuk mengirimi Anda video tanpa benar-benar menghambat koneksi internet Anda atau merusak batas data Anda. Ini berguna untuk hal-hal lain selain layanan streaming. Sebagai contoh, HEVC digunakan untuk mengompresi file besar yang digunakan dalam proses pengeditan film menjadi sesuatu yang dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam satu disk Blu-Ray.

Lebih banyak produsen ponsel juga menambahkan dukungan untuk HEVC. Semua perangkat Apple yang lebih baru seperti iPhone dan iPad menggunakan HEVC untuk merekam video, dan beberapa perangkat Android, seperti ponsel Pixel dari Google, juga melakukannya. Mengompresi video yang direkam pada ponsel memungkinkan Anda merekam lusinan atau ratusan jam rekaman, sedangkan format yang tidak terkompresi atau terkompresi minimal — seperti AVI — hanya akan memungkinkan beberapa jam rekaman sebelum penyimpanan perangkat Anda benar-benar penuh.

Sayangnya, codec yang dibutuhkan tidak diinstal pada Windows 11 secara default — Anda harus menginstalnya secara manual, atau menggunakan pemutar media pihak ketiga yang disertakan dengannya.

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang disertakan dengan codec HEVC “ di luar kotak,” begitulah untuk berbicara. VLC adalah salah satu aplikasi tersebut, dan ini adalah pemutar video serba bisa yang fantastis. Demi keamanan, sebaiknya unduh VLC hanya dari situs resminya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Codec HEVC di Windows 11?

Jika Anda pernah mencoba membuka file video yang dikodekan dengan HVEC di Windows 11 menggunakan salah satu aplikasi bawaan, Anda mungkin menerima popup yang memberi tahu Anda bahwa Anda perlu membayar 99 sen untuk menginstal codec HEVC. Biaya tersebut berasal dari lisensi kompleks dan royalti seputar HEVC.

Anda bisa mendapatkan codec secara gratis melalui Microsoft Store, tetapi Anda tidak dapat menemukannya menggunakan fungsi pencarian. Untuk mendapatkan paket gratis, salin dan tempel kode berikut ke bilah alamat browser web Anda, lalu tekan Enter:

ms-windows-store://pdp/?ProductId=9n4wgh0z6vhq

Anda mungkin mendapatkan pesan yang memperingatkan Anda bahwa tautan sedang mencoba buka melalui aplikasi di komputer Anda — jangan khawatir, itulah yang Anda inginkan. Silakan dan izinkan, dan kemudian Anda akan melihat halaman Microsoft Store dibuka untuk aplikasi bernama “Ekstensi Video HEVC dari Produsen Perangkat.” Klik tombol “Instal” dan tunggu aplikasi untuk mengunduh dan menginstal.

Catatan: Tombol instal akan menjadi tempat tombol “Buka” jika Anda belum menginstal codec.

Catatan: Ini mungkin tidak berfungsi pada PC Windows 11 di luar Amerika Serikat, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

Coba lagi file video Anda. Jika semuanya bekerja dengan benar, itu akan bermain tanpa masalah pada salah satu aplikasi default yang disertakan dengan Windows 11. Coba mulai ulang PC Anda jika tidak segera berfungsi.

Ada kemungkinan Microsoft dapat menonaktifkan ini di masa mendatang. Kami mengujinya dan mengonfirmasi bahwa itu berfungsi pada Mei 2022, tetapi jika Anda mengikuti petunjuk ini di kemudian hari dan tautannya tidak berfungsi atau codec HEVC tidak berfungsi dengan benar, itu mungkin bukan sesuatu yang Anda lakukan. Ingat, Anda selalu dapat menggunakan program seperti VLC, yang datang dengan codec HEVC secara default.

VCC (H.266), penerus HEVC, juga telah diformalkan selama beberapa tahun sekarang — kemungkinan besar kami akan lihat lebih banyak konten yang dikodekan dengan standar itu segera, terutama karena konten 8K mulai masuk ke arus utama. Struktur lisensi dan royalti VCC dirancang agar tidak terlalu merepotkan daripada HEVC, jadi ada alasan untuk berharap kita tidak akan terjebak menggunakan solusi selamanya.

Menggunakan Windows 10? Proses yang sama ini berfungsi untuk menginstal codec HEVC secara gratis di Windows 10.

Itulah berita seputar Cara Menginstal Codec HEVC Gratis di Windows 11 (untuk Video H.265), semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.