Cara Menginstal Driver di

Versi Windows yang lebih baru mendukung penginstalan driver secara otomatis. Driver ini diperlukan untuk kelancaran berbagai komponen PC seperti kartu grafis, adaptor jaringan, keyboard, dan sebagainya. Namun, sesekali, kesalahan mungkin memerlukan penginstalan driver secara manual. Mungkin juga Anda mencoba menggunakan perangkat yang tidak didukung oleh Windows, yang berarti driver perangkat keras tidak akan dimuat secara otomatis. Apapun masalahnya, tutorial ini memandu Anda dalam menginstal driver pada Windows 11.

Drivers adalah komponen perangkat lunak yang penting untuk operasi komputer. Mereka memungkinkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk bekerja sama dengan mulus. Anda dapat menggunakan berbagai metode untuk menginstal program ini di PC Windows 11 Anda. Lihat di sini.

Cara Menginstal Driver di Windows 11 Menggunakan Pembaruan Windows

Teknik Pembaruan Windows adalah metode yang paling umum digunakan untuk menginstal driver di komputer Anda. Ini akan secara otomatis menginstal driver terbaru untuk perangkat Anda. Windows akan menjalankan pemeriksaan untuk driver yang dicopot dan sumber program ini dari lokasi yang diunduh.

Jika Anda tidak yakin cara menginstal driver ini setelah diunduh, jangan khawatir lagi. Windows juga akan menangani proses ini secara otomatis. Untuk driver yang memerlukan restart untuk menjadi operasional, OS akan mengingatkan Anda bahwa Anda harus reboot perangkat Anda untuk mengkonfigurasi perangkat lunak. Berikut cara menggunakan Pembaruan Windows untuk menginstal driver.
Buka “Pengaturan” dan buka “Pembaruan Windows.” Ketuk “Periksa Pembaruan” dan unduh driver yang diperlukan. Beri Windows beberapa menit untuk menginstal program.
Anda sekarang telah menginstal driver di Windows 11. Untuk melihat apakah Anda telah berhasil menginstal driver, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Klik kanan untuk “Mulai” dan buka “Pengelola Perangkat.” Gulir ke perangkat yang Anda minati dan klik panah menghadap ke bawah untuk memperluas kategori perangkat.Klik kanan pada perangkat dan ketuk “Properti.” Tekan tab “Driver” dan periksa informasi yang diberikan tentang kapan perangkat terakhir diperbarui.
Jika detail yang diberikan cocok dengan apa yang ada di situs web produsen, driver Anda berhasil diinstal .

Cara Menginstal Driver di Windows 11 Menggunakan Device Manager

Device Manager, secara mengejutkan, adalah lokasi penyimpanan dan pengelolaan driver. Dari sini, Anda dapat dengan cepat memindai detail program seperti driver mana yang dinonaktifkan, dihapus, atau membutuhkan pembaruan. Klik kanan pada driver akan menampilkan menu pop-up yang dapat Anda gunakan untuk mengelola berbagai program. Ini adalah cara menginstal driver menggunakan device manager.
Buka “Pengaturan” dan cari “Pengelola Perangkat.” Ketuk panah yang menghadap ke bawah di sebelah perangkat yang ingin Anda instal. Klik kanan padanya dan klik “Perbarui Driver.” Pilih “Browse My Computer” dan kemudian “Browse.” Gulir ke folder dengan file instalasi dan tekan “OK.” Temukan subfolder yang benar dan tekan “Next” lalu “Close.”
Windows akan memulai proses instalasi driver Anda.

Jika pembaruan driver baru tidak berfungsi dengan benar, klik kanan pada program dan pilih opsi “Rollback Driver” untuk kembali ke versi driver sebelumnya. Ini akan memungkinkan perangkat keras yang sesuai untuk bekerja dengan lancar saat Anda mencari cara untuk memperbaiki versi baru dari program.

Cara Menginstal Driver di Windows 11 Menggunakan Situs Web Produsen

Produsen komputer memudahkan untuk mendapatkan driver untuk perangkat Anda. Dengan mengunjungi situs web mereka, Anda dapat menemukan dan mengunduh program yang sesuai untuk PC Anda. Setelah Anda mengklik “Unduh”, ikuti petunjuk yang ditampilkan untuk menyelesaikan proses instalasi.

Cara Menginstal Driver di Windows 11 Menggunakan Pengaturan

Anda juga dapat menggunakan menu Pengaturan untuk menginstal driver di Windows 11. Berikut caranya.
Buka “Pengaturan” dan tekan “Pembaruan Windows.” Ketuk tombol “Opsi Lanjutan” di sisi kanan halaman. Klik “Pembaruan Opsional” dan kemudian tombol “Pembaruan Driver”. Gulir untuk melihat driver mana yang perlu diinstal. Tekan “Unduh and Install” untuk menyelesaikan proses.
Driver yang relevan sekarang akan diinstal pada perangkat Windows 11 Anda.

Cara Memperbaiki Driver yang Rusak

Jika Anda mencoba menginstal driver Windows, tetapi Anda terus mendapatkan pesan kesalahan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah. Mari kita lihat beberapa di antaranya di sini.

Hapus Perangkat Keras Eksternal

Jika Anda memiliki masalah dalam menginstal driver yang diperlukan, Anda dapat mencoba mencabut perangkat eksternal. Misalnya, Anda dapat melepas aksesori, headphone, atau printer yang tersambung ke USB. Perangkat ini dapat mengganggu proses instalasi. Setelah selesai, Anda dapat mencoba prosesnya lagi.

Jalankan Pembaruan Windows

Menjalankan Pembaruan Windows dapat menyelesaikan masalah dengan driver. Metode yang dijelaskan di bawah ini menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukannya.
Buka menu Start dan ketik “update” di bilah pencarian. Ketuk “Check for Updates” untuk Windows untuk mulai mencari pembaruan yang tersedia. Jika pembaruan tersedia, Windows sekarang akan mengunduh dan menginstalnya secara otomatis.
Masalah penginstalan Anda sekarang harus diurutkan.

Instal Ulang Driver

Menginstal ulang driver yang terpengaruh dapat membantu memperbaiki masalah penginstalan. Lihatlah bagaimana melakukannya.
Ketuk tombol “Win + R” untuk membuka kotak dialog Run. Ketik perintah berikut ke dalam kotak dan kemudian tekan “OK.” devmgmt.msc Pada menu Device Manager yang terbuka, gulir ke temukan driver yang rusak. Seharusnya ada ikon peringatan di sebelahnya. Klik kanan padanya dan pilih “Properties” dari menu pop-up. Buka tab “Drivers” dan hapus informasi “Driver Version” untuk digunakan nanti. Tekan “Uninstall Device” untuk menghapusnya dari komputer. Buka situs web produsen dan cari driver yang diperlukan. Ini harus sesuai dengan detail yang Anda buat sebelumnya. Unduh dan instal driver.
Gangguan instalasi sekarang harus diselesaikan.

Gunakan Pemecah Masalah Windows

Jika driver yang rusak membuat Anda mencabuti rambut Anda, pemecah masalah Windows dapat membantu Anda memulihkan fungsionalitas komputer Anda. Lihat cara menggunakannya.
Buka kotak dialog Jalankan dengan menekan “Win + R.” Ketik “kontrol” ke dalam kotak lalu ketuk “OK.” Klik “Ikon Besar” untuk mengubah tampilan di Panel Kontrol yang terbuka. Pilih “Pemecahan Masalah” dari menu yang ditampilkan dan kemudian ketuk “Lihat.” Temukan driver yang rusak dan klik di atasnya. Tekan “Berikutnya” di menu pop-up untuk Windows untuk memulai proses pemecahan masalah.
Mudah-mudahan, driver sekarang akan berfungsi benar.

Scan for Viruses

Malware dapat merusak driver pada PC Anda. Untungnya, ini bisa menjadi perbaikan yang mudah karena Microsoft memiliki alat keamanan untuk mencari dan menghapus file yang rusak. Berikut cara menggunakan fitur ini untuk memperbaiki driver yang tidak berfungsi.
Ketuk “Win + S” untuk membuka fitur pencarian. Ketik “Windows Security” di kotak dan tekan “Enter.” Tekan “Virus & Threat Protection” dan klik “Quick Scan. ”Ketika pemindaian selesai, perbarui dan instal driver yang diperlukan.
Masalah driver Anda sekarang harus diselesaikan.

Instalasi Driver Manual

Drivers merupakan bagian integral dari komputer Anda. Mereka memungkinkan komponen perangkat keras dan perangkat lunak untuk bekerja sama dengan mulus. Biasanya, Windows menginstal driver ini secara otomatis, tetapi mungkin ada kesalahan dalam sistem sesekali. Pada akhirnya, berkat tutorial ini, Anda sekarang tahu cara menginstal program ini secara manual.

Sudahkah Anda menginstal driver pada Windows 11? Bagaimana Anda melakukannya? Beri tahu kami di komentar di bawah.