Cara Menginstal Komposer di Ubuntu 22.04

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda menggunakan PHP pada sistem Ubuntu 22.04 Anda, Anda mungkin perlu menginstal Komposer di beberapa titik. Composer adalah manajer ketergantungan PHP yang dapat membantu Anda mengelola dependensi proyek Anda dengan cara yang mudah dan efisien. Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menginstal Komposer di sistem Ubuntu Anda.

Prasyarat

Akses Shell ke sistem Ubuntu yang sedang berjalan. Instal PHP 5.3 atau versi yang lebih tinggi. Menginstal Komposer PHP di Ubuntu

Tim resmi Komposer menyediakan skrip untuk menginstal komposer PHP di sistem Linux. Anda dapat mengunduh skrip ini menggunakan utilitas baris perintah curl atau wget. Selain itu, Anda dapat mengunduhnya secara langsung menggunakan baris perintah skrip PHP.
Untuk mengunduh skrip composer-setup, jalankan perintah berikut di terminal:

php -r "copy(`https://getcomposer.org /installer`, `composer-setup.php`);" ]praKemudian jalankan skrip PHP yang diunduh untuk menginstal komposer pada sistem Ubuntu Anda di lokasi yang diinginkan. Gunakan --install-dir untuk mengatur lokasi biner dan --filename untuk mengatur nama biner. Anda dapat memilih salah satu opsi di bawah ini: Menginstal PHP composer di seluruh sistem: Ini akan menginstal composer di direktori /uer/local/bin, yang dapat diakses oleh semua pengguna:
sudo php composer-setup.php - -install-dir=/usr/local/bin --filename=composersudo chmod +x /usr/local/bin/composer

Installing PHP composer untuk aplikasi tertentu: Terkadang Anda tidak memiliki izin untuk menginstalnya secara global, seperti akun shared hosting . Kemudian Anda dapat mengonfigurasi ini di bawah aplikasi Anda juga. Untuk menginstal composer secara lokal ketik:

cd /path/to/php-application && mkdir -p bin php composer-setup.php --install-dir=bin --filename=composchmod +x bin/composer] pre
Pastikan untuk mengganti /path/to/php-application dengan direktori aplikasi Anda. Untuk melihat versi komposer yang terinstal, jalankan biner dengan parameter perintah -v.
composer --version
Output: Composer version 2.3.7 2022-06-06 16:43:28 ] preUpgrade PHP Composer

 Komposer PHP memiliki kemampuan untuk memutakhirkan sendiri ke versi terbaru. Jika komposer sudah terinstal di sistem Anda, cukup ketik perintah di bawah ini untuk mengupgrade komposer PHP ke versi terbaru.
composer self-update

Dalam kasus saya, saya sudah memiliki komposer versi terbaru. Jadi terima pesan berikut di terminal:

Output: Anda sudah menggunakan Composer versi 2.3.7 terbaru yang tersedia (saluran stabil). ]praBekerja dengan PHP Composer

Anda telah menginstal dan mengonfigurasi komposer di sistem Anda. Komposer akan membantu Anda mengelola modul untuk aplikasi Anda. Misalnya, untuk menginstal modul baru untuk application.

 Anda Beralih ke aplikasi PHP.
cd /path/to/php-application

Jalankan perintah berikut untuk menginstal modul psr/log di application.

composer memerlukan psr/log
Output: Menggunakan versi ^3.0 untuk psr/log ./composer.json telah dibuat Menjalankan composer update psr/log Memuat repositori composer dengan informasi paket Memperbarui dependensi Operasi file kunci: 1 instal, 0 pembaruan, 0 penghapusan - Mengunci psr/log (3.0.0) Menulis file kunci Menginstal dependensi dari file kunci (termasuk memerlukan-dev) Operasi paket: 1 instal, 0 pembaruan, 0 penghapusan - Mengunduh psr/log (3.0.0) - Menginstal psr/log (3.0.0): Mengekstrak arsip Menghasilkan file autoload

Composer akan secara otomatis membuat atau memperbarui file composer.json di direktori root aplikasi. Sekarang, aplikasi dapat menggunakan fungsionalitas yang disediakan oleh modul.

Perintah di atas akan menginstal versi modul terbaru. Anda juga dapat menentukan versi modul yang ingin Anda instal untuk aplikasi Anda. Jika modul sudah terinstal, maka secara otomatis akan menurunkan/memperbarui paket ke versi yang ditentukan.

composer require psr/log=1.0

Modul yang tidak lagi diperlukan dapat dihapus dengan perintah berikut.
[ pre class=terminal>composer remove psr/log

Semua perintah di atas juga memperbarui file composer.json sesuai dengan itu.

Dalam tutorial ini, Anda telah menemukan instruksi untuk menginstal composer di sistem Ubuntu 22.04 (Jammy Jellyfish). Anda dapat menginstal composer secara global untuk mengizinkan akses ke semua pengguna dan aplikasi. Anda juga dapat menginstal composer untuk direktori tertentu.

Referensi tecadmin.com