Cara Menginstal LibreOffice di Ubuntu 22.04

LibreOffice adalah office suite gratis dan open-source dengan antarmuka yang bersih. Ini menyediakan sebagian besar alat yang diperlukan untuk suite Office seperti Writer (pengolah kata), Calc (spreadsheet), Impress (presentasi), Draw (grafik vektor dan diagram alur), Basis (basis data), dan Matematika (pengeditan rumus), dll.

Kita dapat langsung mengunduh paket LibreOffice Debian dari halaman unduh resminya atau menggunakan repositori Apt untuk instalasi.

Tutorial ini akan membantu Anda menginstal LibreOffice di Ubuntu 22.04 Sistem Desktop.
Prerequsities

Anda harus memiliki:
yang menjalankan sistem Ubuntu 22.04 dengan hak istimewa Desktop Sudo atau akses akun root kernel Linux versi 3.10 atau lebih tinggi glibc2 versi 2.17 atau versi lebih tinggi diperlukan Menginstal Libreoffice di Ubuntu

Gunakan langkah-langkah berikut untuk menginstal aplikasi LibreOffice pada sistem Ubuntu.

Pertama-tama, tambahkan PPA LibreOffice ke sistem Ubuntu:[kelas pra =terminal>sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/ppa

Next, perbarui cache Apt dan instal suite LibreOffice lengkap di Ubun tu system.

sudo apt update sudo apt install libreoffice

Saat diminta konfirmasi, tekan `y` dan tekan enter untuk melanjutkan.
Ini akan menginstal sejumlah besar paket dependen. Setelah penginstalan selesai, Anda dapat mulai menggunakan fitur suite LibreOffice.

Menggunakan LibreOffice

Sebelum menggunakan suite LibreOffice, Anda harus login ke Ubuntu melalui Desktop. Setelah masuk, klik “Tampilkan aplikasi” di sudut kiri bawah. Sekarang ketik “LibreOffice” di bilah pencarian:

Anda akan melihat ikon peluncuran dari 2 alat LibreOffice yang berbeda di bawah ini:

Klik ikon peluncur untuk memulai aplikasi LibreOffice tertentu
Memasang LibreOffice di Ubuntu 22.04

Untuk menghapus Libreoffice sepenuhnya dari sistem Anda, gunakan perintah berikut. itu akan menghapus semua data terkait dengan application

sudo apt remove --purge libreoffice Sudo apt auto-remove

Anda mungkin juga ingin menonaktifkan PPA di sistem Anda.

sudo add-apt -repository --remove ppa:libreoffice/ppa

Tutorial ini membantu Anda menginstal aplikasi LibreOffice pada sistem desktop Ubuntu 22.04. Anda dapat membuat dan membuka dokumen di sistem Anda.

Referensi tecadmin.com